Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah

Beranda » Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah
Advertisement

Cara membuat buku di word itu cukup mudah sebenarnya. Ada template pembuatan buku di word yang bisa digunakan tiap orang. Penggunaan yang sangat mudah ini menjadikan pembuatan buku lewat word bisa lebih cepat dan juga tertata. Itulah kenapa banyak yang senang bikin buku di word.

Word memang bisa menjadi medium utama untuk penyusunan buku. Dengan membuat buku secara tepat di word, seseorang akan dapatkan banyak kemudahan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat buku di word dengan baik dan benar.

Keuntungan Membuat Buku di Word

Membuat buku di word secara mandiri itu memang bisa dilakukan dengan mudah. Karenanya, banyak keuntungan yang bisa dirasakan dari menyusun dan membuat sendiri buku di word. Ini dia beberapa keuntungan dari membuat buku di word.

1. Mudah

Keuntungan dari membuat buku di word adalah mudah dilakukan. Proses membuat buku di word memang terbilang mudah. Hanya perlu lakukan beberapa tahap dan langkah sederhana saja untuk bisa hasilkan buku di word. Kemudahan inilah yang jadi nilai plus pembuatan buku di word.

2. Murah

Tentu saja akan lebih murah atau hemat biaya kalau membuat buku di word. Hal seperti ini pastinya bisa didapatkan oleh semua orang. Biaya pembuatan buku bisa ditekan hingga harga yang murah bisa didapatkan. Jika memakai jasa penerbit, uang yang dikeluarkan jadi lebih banyak.

3. Pengaturannya Lengkap

Pengaturan yang lengkap juga menjadi contoh dari keuntungan dalam buat buku di word. Dengan pengaturan ukuran kertas sampai font, seseorang akan lebih leluasa dalam membuat buku jenis apapun secara mandiri di word. Segala macam hal memang bisa diatur dengan mudah di word.

Persiapan Sebelum Membuat Buku di Word

Beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum membuat buku di word. Semua persiapan penting ini memang perlu mendapatkan perhatian dan atensi lebih. Karenanya, perhatikan apa saja persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa persiapan penting sebelum bikin buku di word.

1. Mengatur Format Buku

Persiapan penting yang pertama adalah mengatur format buku. Dengan mengatur format buku secara tepat dari awal, pembuatan buku tersebut di word bisa dilakukan. Format yang diatur meliputi jenis ofnt, margin, hingga spasi. Semua hal ini wajib diperhatikan.

2. Mengatur Tata Letak

Mengatur tata letak dengan sesuai juga jadi persiapan penting sebelum bikin buku di word. Saat mengatur hal tersebut dengan baik dari awal, pembuatan buku di word jadi lebih cepat. Tata letak tiap teks dan paragraf itu memang harus diperhatikan secara baik.

3. Siapkan File yang Sudah Jadi

Buku akan lebih cepat dibuat ketika seseorang sudah menyiapkan file yang sudah jadi. Persiapan file yang sudah jadi akan mempercepat dan memudahkan semuanya. Persiapan file yang sudah jadi akan mempercepat proses pembuatan buku di word.

4. Persiapkan Gambar Jika Ada

Persiapkan gambar yang akan ditambahkan pada buku yang mau dicetak. Ini juga merupakan persiapan yang tak kalah pentingnya ketika ingin membuat dan menyusun buku di word. Dukungan gambar itu juga harus diatur sedemikan rupa biar semuanya lebih cepat dibuat.

Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah

Sekarang saat memabahas bagaimana cara membuku di word. Proses membuat buku di word dapat dilakukan dengan sederahana. Sudah ada pola dan langkah yang tepat dalam membuat buku di word. Berikut ini panduan dalam bikin buku di word.

Advertisement

1. Buka Dokumen Baru dan Pilih Booklet

Langkah awal adalah membuka word di laptop atau PC. Setelahnya open new file dan langsung lanjutkan dengan memilih opsi booklet.

2. Atur Layout di Word

Ketika sudah membuka opsi booklet, lanjutkan dengan mengatur layout di word. Proses untuk mengatur bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

3. Atur Multiple Pages

Hal yang perlu diatur adalah jumlah halamannya lewat menu multiple pages. Langsung atur saja berapa jumlah halaman yang akan dibuat.

4. Atur Ukuran dan Marjin

Hal berikutnya yang harus diatur adalah ukuran font atau marjin. Penagturan pada ukuran serta marjin ini memang harus benar – benar diperhatikan oleh semua orang.

5. Mulai Tambahkan Konten

Jika pengaturan sudah dilakukan dengan baik, maka mulai tambahkan konten ke dalamnya. Langsung saja tambahkan semua isi dan konten dari buku yang mau dicetak.

6. Simpan Booklet

Ketika semuanya sudah selesai, maka langsung simpanlah file booklet tersebut. Hal ini untuk memastikan juga bahwa pengaturan tersimpan.

7. Cetak Kalau Sudah Selesai

Saat sudah menyelesaikan semua pengaturan, maka sudah saatnya untuk melakukan pencetakan. Langsung lakukan pencetakan sesuai dengan pengaturan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Faktor Penting dalam Pembuatan Buku di Word

Perhatikanlah juga sejumlah faktor penting dalam pembuatan buku di word. Memang ada sejumlah faktor penting yang wajib diperhatikan kalau mau membuat buku di word secara mudah. Berikut ini beberapa faktor penting dalam pembuatan buku di word.

1. Mengatur Ukuran

Mengatur ukuran kertas yang dipakai itu adalah faktor penting dan utama. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan secara baik agar ukuran buku yang mau dihasilkan itu secara tepat. Memang harus diputuskan dari awal mengenai ukuran buku yang mau dicetak secara fisik.

2. Pemilihan Space dan Margin

Pemilihan space dan margin dalam buku itu juga menjadi faktor yang utama dan penting saat mau bikin buku di word. Ketika mengatur space dan margin dengan tepat, buku akan lebih enak dibaca. Di Microsoft Word sudah tersedia pengaturan terhadap space dan margin tersebut.

3. Pengaturan Jumlah Halaman

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan jumlah halaman. Dengan mengatur jumlah halaman yang tepat, buku akan jadi lebih bagus sehingga enak dipandang juga. Ini juga berkaitan erat dengan penomoran halaman yang harus dilakukan di dalam buku yang dicetak.

4. Selalu Review Sebelum Cetak

Selalu review dulu sebelum melakukan pencetakan buku di word. Ketika review sudah selesai dilakukan, pencetakan buku di word bisa diselesaikan. Proses review memang wajib dilakukan dalam pembuatan buku yang menggunakan Microsoft Word.

FAQ | Cara Membuat Buku di Word

Apakah perlu install aplikasi tambahan ketika mau membuat buku di word?

Tidak perlu. Sebab proses pembuatan buku bisa dilakukan sepenuhnya pada word.

Apakah membuat buku di word itu sulit?

Tidak. Sudah banyak tutorial mengenai cara membuat buku di Microsoft Word dengan cepat dan mudah.

Apa yang harus diatur pada word ketika mau membuat buku?

Beberapa yang harus diatur adalah ukuran kertas, font, marjin, dan juga space paragraf.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.