Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Semudah Ini Lho

Bagaimana cara membuat bullet and numbering di Excel? Excel juga memiliki beberapa fitur yang dapat kamu gunakan untuk menulis data dalam format bullet dan juga numbering. Namun karena jarang digunakan, banyak orang yang belum memahaminya.

Biasanya orang membuat bullet atau numbering itu menggunakan Microsoft Word. Karena kebanyakan data yang menggunakan bullet dibuat dengan program pengolah kata. Sedangkan Excel mengolah data berupa angka yang notabene memang jarang butuh bullet atau numbering.

Walau demikian memang ada beberapa data Excel yang juga butuh bullet atau pun numbering. Jika kamu saat ini butuh panduannya, ini adalah artikel yang pas. Di sini sudah saya tuliskan penjelasan lengkap cara bikin bullet and numbering di Excel dengan mudah.

Sekilas Tentang Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel adalah perangkat lunak buatan perusahaan Microsoft  yang berguna untuk membantu pengguna dalam mengatur, menganalisis, hingga memfilter data.

Ada banyak fitur yang Excel sediakan untuk memudahkan pekerjaan para pengguna, salah satunya adalah memberikan bullet atau numbering pada lembar kerja.

Kemampuan ini bisa membantu pembaca untuk membedakan antara satu data dengan data lain atau memberikan simbol tertentu.

Namun, fitur bullet dan numbering pada Microsoft Excel tidaklah sama dengan Microsoft Word atau PowerPoint yang sudah tersedia pada Ribbon dengan berbagai pilihan.

Oleh karena itu, masih ada banyak orang yang bingung dengan cara menggunakan bullet dan numbering di Excel.

Apa Itu Bullet and Numbering?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat bullet and numbering di Excel, sebaiknya pelajari terlebih dahulu apa itu bullet and numbering sendiri.

Pada poin sebelumnya sudah disinggung bahwa fungsi fitur ini adalah untuk membedakan suatu data hingga memberikan simbol tertentu agar mudah dipahami oleh pembaca.

Mereka biasanya ada di bagian depan atau sebelum kata.

Misal:

● Contoh bullet dan 1. Contoh Numbering.

Apa perbedaan antara bullet dan numbering?

Mereka mempunyai fungsi yang sama dan perbedaannya hanya pada bentuk. Bullet memiliki bentuk yang lebih beragam dibandingkan numbering, seperti bulat, segi empat, wajik, centang, segi tiga, dan lain-lain.

Sementara numbering hanya berbentuk angka dan huruf yang menunjukkan adanya urutan data.

Bagaimana Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel?

Penggunaan bullet dan numbering di Excel sangatlah berguna untuk memisahkan entri dalam daftar agar lebih mudah dibaca hingga memberikan panduan agar lebih mudah dimengerti.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara membuat bullet and numbering di Excel agar kamu tidak kebingungan lagi, yaitu:

1. Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Menggunakan Shortcut Keyboard

Daftar yang menggunakan poin atau nomor dianggap asing dalam Microsoft Excel sehingga kamu perlu menggunakan cara tersendiri dan salah satunya adalah shortcut pada keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka perangkat lunak atau lembar kerja Microsoft Excel kamu terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih sel yang ingin kamu berikan simbol bullet dan numbering.
  • Ketik shortcut pada keypad atau keyboard numerik pada sebelah kanan. Namun, jika keyboard kamu tidak memilikinya, maka tekan Fn + NumLock / NumLk / NmLk untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan keypad numerik.
  • Setelah itu, copy dan paste simbol tersebut ke sel yang ingin kamu berikan. Gunakan shortcut CTRL + C untuk copy atau menyalin poin dan CTRL + V untuk paste atau menempelkannya.

2. Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Menggunakan Menu Simbol

Ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memberikan bullet dan numbering pada lembar kerja Excel melalui menu Symbol pada Tab Insert, yaitu:

  • Mulai perangkat lunak atau lembar kerja Microsoft Excel terlebih dahulu dan pilih sel yang ingin kamu berikan bullet atau number.
  • Buka Tab Insert dan klik bagian Symbol pada sisi kanan atas lembar kerja.
  • Pilihlah simbol yang ingin kamu gunakan.
  • Agar lebih mudah mencarinya, kamu bisa memasukkan kode pada bagian Character code. Berikut adalah rekomendasinya.
  • Klik Insert dan mereka sudah berada di sel yang telah dipilih.

3. Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Menggunakan Rumus

Microsoft Excel terkenal atau bekerja dengan menggunakan rumus-rumus, mulai dari untuk menjumlah, membagi, hingga menghitung rata-rata. Namun, ada pula rumus yang membuat bullet dan numbering, yaitu fungsi CHAR.

Rumus ini akan bekerja jika kamu menambahkan kode karakter atau kode simbol setelah penulisan fungsi. Berikut ini adalah cara untuk memberikan bullet dan numbering dengan menggunakan rumus, yaitu:

  • Buka Microsoft Excel terlebih dahulu dan pilih sel yang ingin kamu berikan poin.
  • Ketik =CHAR(149) pada bagian bilah rumus di atas lembar kerja.
  • Setelah itu, klik CTRL + Enter pada keyboard kamu dan poin pun siap mengisi sel kamu.

Selain itu, ada pula lebih banyak bullet yang menggunakan fungsi CHAR, antara lain:

=CHAR(108)

=CHAR(109)

=CHAR(110)

=CHAR(119)

=CHAR(167)

=CHAR(171)

=CHAR(216)

4. Cara Membuat Bullet dan Numbering di Excel dengan Cara Copy Paste

Selanjutnya, kamu pun bisa menggunakan cara copy dan paste dari Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint. Beginilah langkah-langkahnya, yaitu:

5. Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Menggunakan Font Khusus

Pada perangkat lunak Microsoft Excel, terdapat beberapa font yang menyediakan bullet, yaitu Wingdings dan Webdings. Cara ini memungkinkan kamu untuk memasukkan simbol dengan mudah di lembar kerja Excel.

  • Inilah langkah-langkah mengenai cara buat bullet dan numbering di Excel yang perlu kamu lakukan, yaitu:
  • Buka Microsoft Excel terlebih dahulu.
  • Pada bagian font, ubah menjadi Wingdings atau Webdings.
  • Keyboard yang berguna untuk menghasilkan bullet dengan font ini, antara lain:

m = m

l = l

n = n

w = w

6. Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel Menggunakan SmartArt

Terakhir ada cara menambahkan bullet dan numbering dengan menggunakan fitur SmartArt yang tersedia di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, hingga 2016. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana penggunaannya, yaitu:

  • Buka perangkat lunak Microsoft Excel atau lembar kerja yang ingin kamu berikan bullet dan numbering.
  • Setelah itu, buka Tab Insert dan pada Illustrations grup pilih SmartArt.
  • Kemudian, akan muncul jendela baru berjudul Choose a SmartArt Graphic dan klik opsi List.
  • Pilih daftar poin yang kamu inginkan karena Microsoft Excel menyediakan opsi dengan berbagai macam warna, efek teks, bentuk, hingga tata letak yang menarik.
  • Jika sudah klik OK dan opsi tersebut akan muncul di lembar kerja kamu.
  • Terakhir, ketik data pada pilihan SmartArt tersebut.

Terkadang ada pekerjaan yang mengharuskan pengguna mungkin termasuk kamu untuk menggunakan bullet dan bumber pada lembar kerja Excel. Ini berguna untuk membedakan hingga memudahkan pembaca dalam memahami data tersebut.

Setelah membaca artikel ini, kamu tidak perlu khawatir karena sudah menguasai bagaimana cara membuat bullet and numbering di Excel yang caranya cukup berbeda dengan Word dan PowerPoint. Jadi, segera aplikasikan ya!

M Arthur
M Arthur

Web developer dan penulis teknologi profesional sejak tahun 2010. Kontributor media nasional Kompas, IDNTimes, Republika dan penulis di Medium.