Cara Membuat CV di Microsoft Word

Cara membuat CV di Microsoft Word bisa dilakukan secara mudah. Ada template khusus yang bisa dipakai pada word untuk membuat CV atau riwayat hidup. Kalau tak cocok dengan template yang ada di word, kita juga bisa menyusun CS secara manual dengan semua fitur yang tersedia.

Sebelum ada photosop, CV memang lebih sering dibuat lewat word. Sampai sekarang pun pembuatan CV di word masih terus dilakukan. Berikut ini adalah cara membuat CV di Microsoft Word dengan mudah dan sederhana.

Cara Membuat CV di Microsoft Word dengan Mudah

Membuat CV di Microsoft Word itu bisa dilakukan dengan cukup mudah. Melalui sejumlah cara yang sederhana, membuat CV bisa dilakukan dengan begitu mudah. Jadi, tak perlu bingung kalau ingin membuat CV di Microsoft Word. Ini dia penjelasan mengenai cara pembuatannya.

1. Tentukan Desain

Langkah pertama adalah menentukan desain CV pada word yang akan digunakan. Ini adalah langkah pertama untuk memulai bikin CV di word. Karenanya, pilih desain awal yang tersedia di word. Bisa juga membuat desain sendiri jika punya ide menarik.

2. Tuliskan Identitas

Hal pertama yang perlu ditambahkan adalah identitas. Tunjukkanlah data diri lengkap pada CV yang dibuat pada lembar kerja word. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, sampai dengan domisili. Menambahkan kontak yang bisa dihubungi juga bisa jadi opsi.

3. Tunjukkan Riwayat Pendidikan

Hal berikutnya yang perlu dituliskan adalah riwayat pendidikan. Penulisan riwayat pendidikan ini memang wajib hukumnya. Bisa menyertakan pendidikan terakhir atau tunjukkan riwayat sekolah dari SD hingga universitas. Bagian ini selalu wajib ditambahkan pada CV di word.

4. Tambahkan Pengalaman

Menambahkan pengalaman pada CV adalah proses berikutnya yang perlu dilakukan. Cobalah tambahkan pengalaman kerja jika punya. Pengalaman berorganisasi juga menjadi hal yang bisa ditunjukkan. Informasi pengalaman ini akan menjadi faktor penting dalam sebuah CV.

5. Tuliskan Skill yang Dipunyai

Berikutnya adalah menuliskan skill yang dipunyai. Menuliskan skill atau kemampuan memang wajib ditunjukkan. HRD tentu akan melihat dengan benar apakah pelamar punya skill yang dibutuhkan untuk sebuah lamaran kerja. Untuk itu, jangan sampai lupa dalam menuliskan skill di word.

6. Berikan Foto Diri Terbaik

Dalam membuat CV di word, jangan lupa untuk memasukkan foto diri. Masukkanlah foto terbaik yang dimiliki. Biasanya yang ditambahkan adalah pas foto close up. Artinya, foto yang ditambahkan adalah bagian kepala sampai dada saja.

7. Atur Desain dan Simpan

Jika segala macam informasi penting sudah ditambahkan, maka aturlah dulu desain warna hingga tata letak. Sesuaikan semuanya dengan estetika. Ketika pengaturan sudah dilakukan, makan tahap terakhirnya adalah menyimpan file CV yang dibuat pada word.

Faktor Penting dalam Membuat CV di Microsoft Word

Dalam membuat CV di Microsoft Word, ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan. Dengan semua faktor penting tersebut, segalanya akan jadi lebih jelas. Berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam membuat CV di Microsoft Word.

1. Sortir Informasi yang Mau Ditunjukkan

Faktor penting dalam membuat CV di Microsoft Word adalah penyortiran informasi. Dengan melakukan sortir informasi yang sangat tepat, CV akan jadi lebih mudah dipahami. Untuk itu, melakukan sortir informasi itu memang harus diperhatikan sedari awal.

2. Informasi Pendidikan Harus Jelas

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah CV adalah informasi pendidikannya yang harus jelas. Informasi mengenai pendidikan itu memang benar – benar penting dan bakal selalu dilihat. Kalau informasi pendidikan ditambahkan dengan jelas, CV akan lebih mudah dipahami.

3. Grafik Jangan Terlalu Banyak

Grafik juga jangan terlalu banyak kalau mau membuat CV yang bagus di word. Ini adalah faktor penting dalam membuat CV di Microsoft Word yang berkualitas. Ketika grafik yang dimunculkan terlalu banyak, CV jadi terlihat kurang bagus.

4. Tambahkan Foto yang Jelas

Kalau menambahkan foto dalam CV, maka tambahkanlah foto yang jelas. Penambahan foto yang jelas ini akan menjadi nilai tambah juga. Sehingga, cobalah memilih foto yang bagus dan jelas agar CV yang dikirimkan ke HRD jadi lebih bagus.

5. Pengalaman Kerja Selalu Ditambahkan

Pengalaman kerja juga perlu ditambahkan. Ketika menambahkan informasi mengenai pengalaman kerja secara tepat, CV akan semakin bagus dan berkualitas. Karena itu, pengalaman kerja harus terus diperhatikan penempatannya pada CV.

Tips Membuat CV di Word jadi Lebih Bagus

Ada beberapa tips dalam membuat CV di word menjadi lebih bagus. Dengan semua tips yang ada, desain dari CV akan makin menawan. Segala macam tips bisa diterapkan agar CV jadi lebih menarik. Berikut ini adalah sejumlah tips terbaik dalam membuat CV di word menjadi lebih bagus.

1. Jangan Terlalu Banyak Warna

Salah satu tips terbaik dalam membuat CV di word agar lebih bagus adalah warnanya harus disesuaikan. Jangan terlalu banyak warna yang dipakai. Ini adalah tips penting agar CV yang dibuat itu menjadi lebih berkualitas dan bagus.

2. Hindari Memberikan Gambar Berlebihan

Jangan terlalu banyak memberikan gambar pada CV. Gambar yang ditambahkan itu cukupnya saja. Kalau berlebihan, CV bukannya jadi menarik justru bakal jelek. Sehingga, hindarilah penggunaan gambar yang berlebihan pada CV.

3. Informasi Tak Penting Jangan Ditambahkan

Informasi yang tak penting sebaiknya tak perlu ditambahkan. Misalnya seperti hobi dan film favorit. Itu adalah informasi yang tak begitu diperlukan ketika melamar pekerjaan menggunakan CV. Untuk itu, sebaiknya jangan berikan informasi yang tak penting.

4. Ikuti Tren yang Sedang Populer

Ikutilah tren yang sedang populer dalam pembuatan CV. Dalam tiap masa memang ada tren desain khusus. Hal itu bisa menjadi patokan dalam membuat CV Microsoft Word yang bagus. Kalau mengikuti tren terus, CV akan menjadi lebih menarik.

FAQ | Cara Membuat CV di Microsoft Word

Apakah bisa membuat CV yang bagus di Microsoft Word?

Bisa. Tinggal menggunakan template yang paling tepat saja.

Apakah membuat CV di Microsoft Word itu susah?

Tidak susah. Sudah ada panduan untuk membuat CV di Microsoft Word dengan mudah.

Tinggalkan komentar