Cara Membuat Daftar Harga di Word

Beranda ยป Cara Membuat Daftar Harga di Word

Cara membuat daftar harga di word itu sangatlah mudah. Lewat beberapa tahapan yang singkat dan sederhana, pembuatan daftar harga pada word bisa dijalankan langsung. Karenanya, pahamilah aneka cara yang tepat dalam buat daftar harga di Microsoft Word.

Daftar harga pada produk โ€“ produk tertentu memang bisa dibuat menggunakan word. Melalui pembuatan yang sangat sederhana, semuanya bisa dijalankan langsung di lembar kerja word. Biar mudah dipahami, inilah dia cara membuat daftar harga di word dengan baik dan bagus.

Cara Membuat Daftar Harga di Word dengan Mudah

Pembuatan daftar harga di word memang bisa dilakukan secara mudah. Lewat proses membuat pembuatan yang sangat sederhana, segalanya akan jadi lebih mudah untuk dibuat. Ini dia beberapa cara untuk membuat daftar harga pada lembar kerja word dengan mudah.

1. Buka Lembar Baru

Pertama โ€“ tama pastinya harus membuka lembar baru terlebih dulu. Pastikan membuka lembar baru dengan klik new file pada aplikasi Microsoft Word. Kalau telah membuka lembar baru tersebut, proses berikutnya bisa segera dilakukan.

2. Masukkan Tabel

Proses berikutnya adalah memasukkan tabel untuk nantinya akan diisi oleh aneka informasi harga barang. Klik insert, kemudian pilih table. Sesuaikan desain table dengan jumlah produk yang ingin ditunjukkan ke lembar kerja word. Semuanya bisa diatur dengan mudah.

3. Tuliskan Informasi ke Tabel

Saat tabel sudah siap, mulailah tulis informasi mengenai produk sekaligus harga barang. Tempatkanlah informasi mengenai produk dan harga barang di tabel yang telah disisipkan ke lembar kerja word. Usahakan menempatkan informasi secara rapi supaya mudah dilihat.

4. Sempurnakan Desain Tabel

Jika semua informasi sudah dimasukkan ke tabel, maka langkah berikutnya adalah menyempurnakan desain tabel yang berisi informasi produk dan harga tersebut. Penyempurnaan desain tabel tersebut penting agar segala macam informasi bisa lebih mudah dibaca.

5. Simpan Perubahan

Menyimpan perubahan juga merupakan langkah akhir yang harus dilakukan. Simpanlah dokumen atau file agar semua pengaturan berjalan dengan baik. Untuk itu, proses menyimpan perubahan pada lembar kerja word yang berisikan daftar harga produk.

Elemen yang Harus Ada pada Daftar Harga di Word

Ada sejumlah elemen yang memang harus ada terus pada sebuah daftar harga di lembar kerja word. Dengan memahami semua elemen yang tepat untuk ditambahkan pada lembar kerja, daftar harga akan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa elemen penting yang harus ada di lembar kerja word.

1. Tabel

Salah satu elemen penting yang harus ada di daftar harga di word adalah tabel. Keberadaan tabel itu akan memudahkan pembaca pada word. Jadi, penting sekali untuk tambahkan tabel. Besar kecilnya tabel memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing โ€“ masing.

2. Informasi Barang

Informasi barang juga harus dijelaskan dengan baik. Tentukanlah dulu apa saja barang yang ingin dimasukkan ke dalam daftar harga di word. Dengan keberadaan informasi barang yang jelas, semuanya bisa dimengerti dengan lebih mudah.

3. Informasi Harga

Informasi harga juga penting untuk ditambahkan. Elemen ini akan menjadi pusat perhatian utama. Sehingga, keberadaannya itu memang sangat krusial. Ketika informasi harganya tepat, pembaca akan lebih mudah untuk memahami semua info yang disajikan.

Tips Membuat Daftar Harga di Word jadi Lebih Bagus

Ada juga sejumlah tips dalam membuat daftar harga di word jadi lebih bagus. Bagus di sini adalah informatif dan datanya bisa dibaca dengan mudah. Jadi, perhatikan caranya bikin daftar harga dengan bagus. Ini dia beberapa tips dalam membuat daftar harga di word menjadi lebih bagus.

1. Siapkan Tabel yang Rapi

Tips pertama adalah selalu siapkanlah tabel yang rapi. Dengan tabel yang rapi, keterangan mengenai daftar harga di word akan lebih mudah dipahami. Merapikan tabel dengan baik dan rapi memang sangat penting. Itulah kenapa pembuatan tabel yang rapi itu sangat penting perannya.

2. Sumber Data Akurat

Sumber data yang akurat juga merupakan tips buat daftar harga di word. Pastikan bahwa data yang diambil itu tepat dan akurat. Melalui sumber data yang bagus, informasi tentu akan lebih valid. Kalau sumber datanya akurat, segalanya akan jadi lebih mudah dipahami.

3. Beri Warna

Pemberian warna tertentu juga merupakan tips dalam membuat daftar harga di word menjadi lebih bagus. Kalau memberikan tambahan warna, semua informasi bisa lebih terbaca. Tambahan warna memang penting perannya untuk bikin tabel yang berisi produk dan harganya bisa mudah terbaca.

4. Tambahkan Hyperlink

Menambahkan hyperlink juga merupakan tips yang bisa diterapkan agar daftar harga word bisa lebih komplet. Penambahan hyperlink akan bikin laporan daftar harga di word jadi lebih menarik. Meski opsional, hyperlink ini memang jadi sesuatu yang mungkin perlu ditambahkan ke lembar kerja.

FAQ | Cara Membuat Daftar Harga di Word

Sulitkah membuat daftar harga di word?

Tidak sulit sama sekali karena pembuatan daftar harga bisa disesuaikan dengan mudah di word.

Bisakah sisipkan link di daftar harga pada word?

Bisa. Tinggal membuat hyperlink saja untuk membuat daftar harga pada word.

Apakah wajib membuat tabel dalam bikin daftar harga di word?

Supaya informasinya jelas, maka tabel wajib ditambahkan pada lembar kerja word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.