7 Cara Membuat Daftar Isi di Excel Mudah, Bisa Otomatis!

Advertisement

Cara membuat daftar isi di excel sedikit berbeda dengan yang ada pada Microsoft Word. Dalam Excel, Kamu akan membutuhkan beberapa kode seperti VBA untuk mempemudah membuat list apa saja yang ada di lembar kerja.

Selain itu, dalam satu file Excel jika terdiri dari beberapa sheet atau lembar kerja, Kamu bisa membuat daftar isinya terintegrasi dan dapat dinavigasi antar sheet. Tentu cara membuat daftar isi di Excel ini akan memudahkan.

Daftar Isi di Excel

Cara membuat daftar isi di excel

Tidak seperti Microsoft Word, pada file Excel Kamu tidak akan pernah menemukan menu khusus untuk membuat daftar isi karena pada dasarnya sedikit berbeda. Dalam file Excel, daftar isi berguna untuk mempermudah mencari data.

Apabila Kamu memiliki banyak worksheet dalam satu file, maka membuat daftar isi inipun bisa menggunkana hyperlink dan kode VBA sehingga apabila mengklik salah satunya, akan langsung diarahkan menuju data yang Kamu mau.

Mungkin cara ini akan sedikit lebih rumit daripada penggunaan formula lain untuk mengolah data. Namun, tidak perlu khawatir karena cara ini sebenarnya sangat sederhana dan akan banyak membantu penataan file nantinya.

Cara Membuat Daftar Isi di Excel dengan Hyperlink

Cara membuat daftar isi di excel

Cara membuat daftar isi di Excel yang pertama adalah menggunakan hyperlink. Adanya hyperlink akan membantu untuk bisa mengklik daftar isi dan kemudian dinavigasikan secara otomatis ke worksheet yang diklik tadi.

Untuk lebih mudahnya, berikut ini cara membuat daftar isi di Excel dengan hyperlink:

1. Persiapan Worksheet

Langkah  pertama adalah membuat worksheet yang berisi data apa saja yang sedang Kamu olah. Jika memiliki lebih dari 5 sheet, maka buat 1 sheet lagi yang baru dan nantinya akan dibuat untuk daftar isi tersebut.

Kemudian, sheet yang berisi daftar isi bisa diubah namanya menjadi “daftar isi”atau “DI” dan sejenisnya. Caranya dengan memasukkan rumus =CELL (“filename”, A1) pada sheet tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Autofilter di Excel

2. Membuat Link Pada Tiap Sheet

Berikutnya adalah pembuatan link yang berguna untuk menavigasikan daftar isi nantinya. Cara penggunaan hyperlink pun terdapat fungsinya sendiri sehingga bisa ditampilkan secara utuh.

Untuk membuat hyperlink Kamu bisa menyusun kode berikut ini: =HYPERLINK (“#’ nama sheet yang jadi link’ !nomor selnya). Kemudian untuk membuat judul link pada worksheet dapat menggunakan kode di bawah ini:

=HYPERLINK (“#’ “&A3&” ‘!A1”, SHEET (INDIRECT (A3 & “ !A1”)))

3. Menerapkan Formula

Setelah formula sudah dibuat pada lembar kerja sebelumnya, kini saatnya Kamu aplikasikan ke worksheet yang lain. Cara ini nanti akan lebih mudah daripada hanya memasukkan rumus secara manual satu per satu.

1. Menggabungkan Sheet

Cara membuat daftar di Excel di sini adalah dengan menggabungkan beberapa sheet menjadi satu grup. Sebagai contoh, silakan menyalin salah satu sheet yang dibuat tadi dan gabungkan dengan tombol SHIFT kemudian copy juga sel A3 sampai B3.

2. Mengubah Nama

Nanti akan muncul nilai Error #REF!. Namun, Kamu tidak perlu khawatir karena justru itu yang akan diubah namanya menjadi lembar daftar isi. Nilai itu nanti diubah namanya menjadi DI!A1.

3. Find dan Replace Kembali

Setelah nama tadi diganti, Kamu harus menampilan find and replace kembali. Kemudian judul link diubah menjadi ‘<<’ dan posisinya bisa ditukar antar link untuk memudahkanmu.

4. Ungroup Sheet

Langkah terkahir cara membuat daftar isi di Excel dengan mengklik ungroup sheet. Caranya adalah klik kanan lembar kerja yang tadi digabungkan dan pilih menu tersebut sehingga posisi sheet kembali ke semula.

Mungkin akan sedikit rumit jika Kamu belum pernah membuat daftar isi di Excel sebelumnya. Tetapi dengan mengikuti langkah tersebut dengan hati-hati, maka akan terasa mudah.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah ketika memberi nama lembar kerja. Kamu tidak boleh menggunakan huruf, angka atau karakter lain karena akan membuat formulanya menjadi error.

Membuat Daftar Isi dengan Kode VBA

Cara membuat daftar isi di excel

VBA (Visual Basci  for Application) adalah salah satu kode yang ada di Excel dan berguna untuk membuat daftar isi. Cara membuat daftar isi di Excel dengan VBA adalah sebagai berikut:

1. Editor VBA

Pada lembar kerja yang sudah Kamu buat, silakan masuk dan klik Alt + F11 dan masuk ke editor VBA. Kemudian pilih insert untuk memasukkan kode VBA.

2. Insert Formula

Jika Kamu sudah masuk ke menu insert, kemudian pilih module dan masukkan rumus VBA yang sudah dibuat.

Baca juga: Cara Bikin Bullet and Numbering Mudah

3. Aktifkan Kode

Cara membuat daftar isi di excel yang terakhir mengaktifkan kode VBA dengan cara menekan tombol F5 atau bisa juga menekan menu Go. Kemudian pilih menu file, tutup dan bukan kembali file Excel Kamu, maka daftar isi sudah jadi.

Cara Sederhana Membuat Daftar Isi Hyperlink

Selain cara di atas, Kamu juga bisa mencoba membuat daftar isi menggunakan cara yang lebih mudah di bawah ini.  Meskipun sama-sama menggunakan hyperlink tetapi tidak perlu repot mengutak-atik formula.

Cara membuat daftar isi di Excel dengan hyperlink sederhana adalah sebagai berikut:

1. Membuat Dokumen Excel

Cara pertama adalah dengan membuat dokumen excel dengan lembar kerja yang banyak sehingga bisa dibuat daftar isinya. Kemudian buat lagi satu yang baru dan khusus untuk daftar isi nantinya.

2. Insert Hyperlink

Setelah  itu, bisa dimulai dengan mengarahkan kursor ke sel A1 dan mengetikkan Daftar Isi. Pada sel yang di bawahnya, yaitu A2 tekan Ctrl + K. Bisa juga dengan memilih menu insert lalu klik hyperlink sehingga kotak dialog hyperlink

Advertisement
muncul.

3. Text to Display

Selanjutnya cara membuat daftar isi di Excel adalah Kamu akan menemukan tulisan link to, maka pilih in this document. Pada bagian Cell Reference Kamu bisa memilih nama untuk lembar kerja yang diinginkan. 

Jika sudah, tuliskan teks yang akan muncul di daftar isi nanti menggunakan menu text to display. Pada tahap ini silakan diulangi hingga link daftar isi yang dibuat selesai.

4. Mengubah Nama

Apabila link daftar isi pada setiap lembar kerja selesai dibuat dan Kamu ingin mencari data tersebut, maka bisa menggunkan fitur search. Misalkan kursor awal berada di A1 dan Kamu ingin ke A87.

Maka, Kamu bisa mengganti teks hyperlink sebelumnya yang bertuliskan kode A1 menjadi A87, begitu pula seterusnya.

5. Style Daftar Isi

Daftar isi yang ada pada excel ini bisa Kamu berikan style atau istilahnya dipercantik tampilannya sehingga lebih menarik. Caranya dengan menggunakan menu auto format serta gambar. Untuk hyperlink juga bisa dimasukkan gambar.

Baca juga: Cara Buat Footer di Excel dengan Mudah 

6. Cara Edit Hyperlink

Kemudian yang terakhir adalah jika Kamu ingin mengedit hyperlink atau bahkan menghapusnya. Untuk melakukannya Kamu bisa klik kanan teks daftar isi yang ingin dihilangkan lalu pilih menu edit hyperlink atau remove hyperlink.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara yang ketiga ini? Selanjutnya terserah Kamu ingin memakain cara yang mana. Tetapi, yang jelas cara membuat daftar isi di Excel ini bisa diterapkan apabila Kamu memiliki banyak lembar kerja.

Advertisement

Tinggalkan komentar