Cara Membuat Daftar Tanggal di Excel

Beranda » Cara Membuat Daftar Tanggal di Excel
Advertisement

Cara membuat daftar tanggal di excel itu mudah. Ada sejumlah cara yang bisa dipakai untuk membuat daftar tanggal secara otomatis pada excel. Dengan pembuatan yang mudah dan sederhana, segalanya akan berlangsung dengan cepat juga.

Pembuatan tanggal pada excel itu memang dibutuhkan untuk memberi penanda waktu. Banyak laporan berbasis excel yang butuhkan informasi mengenai tanggal. Berikut ini panduan dalam membuat daftar tanggal di excel secara mudah dan cepat.

Cara Membuat Daftar Tanggal di Excel

Membuat daftar tanggal di excel itu bisa dilangsungkan dengan mudah. Dengan tata cara membuat daftar tanggal di excel secara tepat, semuanya pasti jadi lebih mudah. Berikut ini adalah tata cara membuat daftar tanggal di excel dengan mudah sesuai dengan aturan dan formula yang ada.

1. Memakai Rumus DATE

Pembuatan daftar tanggal di excel bisa pakai formula DATE. Formula ini memang kerap dipakai untuk hasilkan daftar tanggal yang cepat dan mudah. Berikut ini panduan dalam membuat daftar tanggal di excel dengan memaksimalkan rumus DATE.

  • Buka dokumen excel yang ingin diurutkan tanggalnya
  • Masukkan fungsi rumus =DATE(Tahun;Bulan;Tanggal)
  • Lanjutkan dengan Enter
  • Llihat hasil di worksheet apakah sudah sesuai

2. Menggunakan Opsi Fill Series

Fitur fill series juga bisa digunakan untuk membuat daftar tanggal secara otomatis di excel. Dengan fitur tersebut, pembuatan daftar tanggal akan jadi lebih mudah. Ini dia cara menggunakan fitur fill series dengan mudah.

  • Seleksi data tanggal yang ingin diurutkan
  • Datangi menu home di worksheet
  • Pilih menu fill kemudian pilih series
  • Atur tipe tanggal yang diinginkan
  • Klik OK
  • Periksa hasil yang muncul di worksheet

3. Memakai Cara Semi Manual

Penulisan tanggal otomatis juga bisa dilakukan dengan cara semi manual. Cara manual yang dimaksud adalah menuliskan dulu satu tanggal kemudian menariknya ke bawah. Berikut ini tata cara membuat tanggal otomatis dengan cara semi manual.

  • Tuliskan tanggal yang diinginkan pada sebuah cell
  • Tarik ujung kolom ke bawah
  • Tanggal akan secara otomatis berurutan dari atas ke bawah
  • Klik kanan pada pojok kolom
  • Atur hari, bulan dan tahun sesuai kebutuhan
  • Setelah selesai lakukan penyimpanan file atau dokumen

Faktor Penting dalam Membuat Daftar Tanggal di Excel?

 Ada beberpaa faktor penting dalam membuat daftar tanggal di excel. Dengan memahami faktor penting ini, segalanya akan berlangsung dengan menarik. Berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam membuat daftar tanggal di excel secara tepat.

1. Perhatikan Jenis Datanya

Faktor penting yang pertama adalah memperhatikan jenis datanya. Perhatikanlah jenis data yang akan diberikan tambahan informasi tanggal. Kalau memang tak perlu menambahkan data tanggal, sebaiknya tak perlu bikin daftar tanggal di excel.

2. Gunakan Formula yang Tepat

Pembuatan daftar tanggal memang bisa memakai formula. Kalau pakai formula, pastikan bahwa formula yang dipakai itu tepat. Kalau formulanya tepat, semuanya bisa lebih mudah dan cepat dibuat. Penggunaan formula juga bisa meningkatkan akurasi data.

Advertisement

3. Urutan Penulisannya Harus Benar

Urutan penulisan yang benar itu juga harus jadi perhatian. Di Indonesia, penulisan tanggal itu dimulai dari hari, bulan dan tahun. Sehingga, perhatikanlah terus urutan penulisan daftar tanggal yang ada di excel. Kalau urutan penulisannya tepat, segalanya akan jadi lebih rapi.

4. Simpan Perubahan

Jangan lupa untuk melakukan penyimpanan perubahan. Penyimpanan perubahan ini memang perlu dilakukan juga. Dengan menyimpan perubahan, penulisan daftar tanggal tersebut bisa tersimpan dengan rapi laptop atau PC masing – masing.

Tips Membuat Daftar Tanggal di Excel dengan Rapi

Ada beberapa tips dalam membuat daftar tanggal di excel secara rapi. Semua tips tersebut bisa diandalkan langsung dengan amat mudah. Dengan tips yang tepat, pembuatan tanggal di excel akan lancar. Berikut ini beberapa tips dalam membuat daftar tanggal di excel dengan rapi.

1. Gunakan Penulisan yang Sesuai

Tips pertama adalah menuliskan semuanya dengan baik dan benar. Lewat penulisan yang sesuai dengan urutan atau ejaan, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Susunan penulisan yang sesuai ini memang harus diperhatikan secara tepat.

2. Teliti Lagi Setelah Selesai

Telitilah lagi laporan data yang dibuat setelah esemuanya diselesaikan. Ini adalah cara yang penting untuk diperhatikan juga. Cobalah cermati lagi apakah ada yang salah dari laporan data yang sudah dibuat tersebut. Jika ada data yang memang keliru segera perbaiki.

3. Berikan Tambahan Warna

Biar lebih rapi, berikanlah tambahan warna. Pemberian tambahan warna ini memang akan bikin laporan excel yang ada daftar tanggalnya akan semakin bagus. Hal tersebut perlu diperhatikan juga dengan baik oleh pembuat laporan berdasarkan daftar tanggal di excel.

4. Atur Baris dan Kolomnya dengan Baik

Aturlah baris dan kolom dengan baik biar laporan data yang ada daftar tanggalnya lebih rapi. Kalau melakukan pengaturan baris dan kolom secara sesuai, semuanya akan lebih rapi. Sehingga, aturlah baris dan kolom secara baik biar semua data lebih enak dipandang.

FAQ | Cara Membuat Daftar Tanggal di Excel

Apakah sulit untuk membuat daftar tanggal di excel?

Tidak sulit sama sekali. Pembuatan tanggal bisa dilakukan secara otomatis di excel.

Kenapa pembuatan daftar tanggal di excel bisa gagal?

Kegagalan bisa disebabkan oleh formula atau pengaturan yang keliru atau pengaturan yang salah.

Pentingkah membuat daftar tanggal di excel?

Jika laporan memang butuh keterangan tanggal, maka daftar tanggal sangat diperlukan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.