6 Cara Membuat Diagram di Word dengan Mudah

Beranda » 6 Cara Membuat Diagram di Word dengan Mudah
Advertisement

Mengenai bagaimana cara membuat diagram di Word ternyata sangat mudah, pun bisa kamu lakukan dengan beberapa cara.

Diagram merupakan salah satu fitur di Word, dapat membantu pengerjaan dan pengolahan data yang sedang kamu lakukan. Namun untuk melakukannya, tentu saja harus tahu bagaimana caranya dan tahu seperti apa prosedurnya.

Bagaimana Cara Membuat Diagram di Word?

Diagram atau grafik di dalam Ms. Word, merupakan kumpulan data dari banyak tabel  disajikan. Atau ditampilkan dalam bentuk gambar. Mulai dari bentuk tabung, segitiga, balok, kerucut, atau bahkan lingkaran.

Penggunaan grafik sebagai visualisasi dari rangkaian data numerik ini akan memudahkan pengguna dan pengolah atau dalam memahami datanya dengan jumlah besar. Serta hubungan diantara rangkaian data  berbeda.

Selain sebagai visualisasi dari data, grafik pun memiliki elemen bisa menggambarkan pasangan surut. Naik turun, atau bahkan hubungan antar data.

Elemen grafik tersebut bisa berupa garis, titik gambar atau simbol huruf. Dengannya, kamu bisa secara mudah menyajikan data menggunakan diagram. Lalu bagaimana cara membuatnya?

1. Membuka Dokumen Ms. Word

Ya, hal pertama yang dapat dilakukan untuk bisa menyisipkan grafik. Adalah dengan menempatkan terlebih dahulu kursor di posisi yang ingin kamu sisipkan grafiknya.

Berikutnya pastikan juga agar tempat atau posisi grafik berada tepat di posisi yang mudah untuk dibaca. Atau mudah terlihat.

2. Klik Insert

Menu insert ini adalah Tab Manu Bar, dimana kamu bisa menemukannya dibagian atas dokumen Ms. Word yang sedang dibuka.

3. Cari Opsi Grafik

Untuk dapat menemukan grafik atau diagram, langsung saja pilih pada grup menu Ilustrasi atau Illustrations. Nanti kamu akan menemukan ikon dengan bentuk diagram batang berdiri.

4. Menentukan Jenis Chart

Setelah ikon chart sebelumnya dipilih, maka sistem perangkat Office akan langsung menampilkan beberapa pilihan grafik. Atau diagram. Mulai dari diagram jenis batang atau column. Kemudian garis atau line, hingga jenis pie dan lain-lain.

Pilih dan tentukan saja jenis grafik yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhan datamu.

5. Masukkan Data atau Input Data

Jika kamu sudah memilih jenis grafik yang diinginkan, maka nanti sistem akan menampilkan halaman spreadsheet seperti Excel. Dengan ukuran kecil.

Adapun halaman spreadsheet tersebut akan berfungsi untuk mengisi data yang akan digunakan di dalam grafik.

Namun sebelum mengisi spreadsheet, grafik akan muncul dengan berisi data secara default. Atau bawaan sistem. Oleh karena hal tersebut, maka kamu perlu mengisi spreadsheet tersebut agar grafik yang muncul sesuai dengan data yang akan ditampilkan.

Lalu bagaimana jika data yang ingin dibuat dalam grafik memiliki jumlah banyak? Jika ingin memasukkan data dengan jumlah banyak, maka kamu bisa klik dua kali. Tepat dibagian menu bar, di halaman spreadsheet atau memilih ikon kecil berbentuk logo Ms. Excel.

Di samping hal tersebut, agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan data pada grafik. Maka kamu bisa mengecek terlebih dahulu baris, atau kolom pada data yang telah terisi secara benar.

6. Atur Tampilan Grafik

Jika sudah mengisi spreadsheet yang dimaksudkan tadi, maka grafik akan muncul dengan isi atau data yang sudah diinput sebelumnya.

Selama pengisian datanya tepat dan juga benar, maka grafik yang ditampilkan juga pasti akan sesuai. Nanti pengaturan grafik bisa dilakukan. Dengan cara tinggal mengklik grafik tersebut, dan akan muncul beberapa ikon pengaturan  dapat dipilih. Apa saja ikon tersebut?

  • Layout Options

Merupakan ikon yang memiliki bentuk seperti tapal kuda, dapat berfungsi mengatur posisi grafik. Posisi grafik tersebut pun dapat diatur, misalnya diantara teks atau di dalam teks. Atau bahkan di belakang teks.

Advertisement
  • Chart Elements

Ikon satu ini berbentuk (+), berfungsi untuk dapat mengurangi atau menambah elemen grafik dan unsur-unsur tambahan lain. Misalnya saja dengan garis bantu, atau memasukkan tabel data ke dalam grafik.

  • Values

Selanjutnya ada ikon yang bentuk seperti corong, berfungsi untuk menambah atau bahkan menghilangkan series kategori. Mulai dari tabung, serta nama bulan pada grafik yang dibuat

  • Style

Ikon dengan bentuk kuas, berfungsi untuk mengubah bentuk grafik. Mulai dari tema, warna serta tampilannya.

Cara Mengedit Diagram di Word

Jika diagram sudah dibuat sesuai dengan instruksi juga langkah sebelumnya, maka kamu dapat mengganti elemen penyusunnya sesuai kebutuhan. Nah, bagaimana caranya?

  1. Pertama, kamu bisa langsung klik Edit Data di opsi Chart Tools pada tab Design. Dengannya, maka jendela spreadsheet akan muncul kembali
  2. Jika kamu ingin mengubah jenis grafiknya, maka tinggal klik grafik yang ingin diubah. Maka tab menu Design akan muncul
  3. Selanjutnya langsung klik opsi Change Chart Type
  4. Maka sistem akan muncul kotak dialog beserta dengan beberapa opsi tampilan serta jenis grafik. Pilih langsung jenis grafik yang diinginkan
  5. Jika sudah memilih, maka tampilan grafik pasti akan berubah tanpa perlu mengganti isinya
  6. Bila kamu ingin mengubah susunan grafik, klik grafik dan kemudian pilih Tab Design dan klik Opsi Quick Layout
  7. Dari perintah tersebut, langsung pilih tampilan layout yang diinginkan dengan mengklik tanda panah ke bawah atau menu drop down
  8. Setelah hal tersebut, maka grafik akan diperbaharui dan akan sesuai dengan tampilan layout dipilih.

Nah, lalu bagaimana jika ternyata data  sudah tersimpan atau tersisipkan di Word ingin dipindahkan ke Ms. Excel?

Ternyata sangat gampang loh, kamu bisa coba ikuti dan perhatikan beberapa langkah berikutnya dengan baik.

Cara Memasukkan Grafik dari Excel Agar ada di Diagram di Word

Ya, tidak jarang beberapa data serta grafik yang ada di Ms. Excel harus dimasukkan ke dalam Ms. Word. Demi kelengkapan dokumen atau lainnya. Oleh karena hal tersebut, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk dapat memindahkan grafik yang ada di Ms. Word.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu grafik yang ada di Ms. Excel
  2. Copy Grafik tersebut secara langsung menggunakan shortcut
  3. Paste dan pindahkan ke dokumen Ms. Word yang diinginkan untuk menempatkan grafiknya
  4. Setelah perintah tersebut, maka kamu dapat mengatur data dari grafiknya. Sehingga pengeditan tidak perlu dilakukan ke Excel
  5. Caranya dengan memilih menu Design pada Menu Bar
  6. Pilih Icon dengan bentuk tabel, dengan tulisan atau keterangan edit data
  7. Berikutnya tabel data dari grafik yang dipindahkan dari Excel akan muncul otomatis.

Nah, itulah beberapa langkah bagaimana cara membuat diagram di Word dengan mudah. Bagaimana cara pengeditannya, hingga bagaimana pengeditan diagram jika didapatkan datanya dari Excel.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat Diagram di Word

Apakah untuk Membuat Diagram di Word Harus Terkoneksi dengan Jaringan Internet?

Tidak harus, kamu bisa melakukannya secara offline.

Apakah Panduan di Atas Berlaku untuk Semua Versi Ms. Word?

Berlaku, bisa diaplikasikan ke semua versi.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.