Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word

Beranda » Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word

Cara membuat dokumen baru di Microsoft Word tidaklah sulit. Dengan beberapa cara yang sederhana saja, pembuatan dokumen baru bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sehingga, pahamilah terus bagaimana cara membuat sebuah dokumen baru di word.

Pembuatan dokumen baru memang diperlukan kalau lembar kerja sudah tak bisa menampung tulisan atau gambar. Karenanya, perlu dipahami cara buat dokumen baru secara langsung. Berikut ini adalah tata cara membuat dokumen baru di Microsoft Word.

Kenapa Perlu Membuat Dokumen Baru di Word?

Tentunya ada alasan mengenai kenapa perlu buat dokumen baru di word. Semua alasan tadi harus dicermati secara baik dan benar. Karenanya, harus dipahami penting tidaknya membuat dokumen baru pada word. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa perlu bikin dokumen baru di word.

1. Membedakan Infromasi

Alasan mengenai kenapa perlu membuat dokumen baru di word adalah membedakan informasi. Pembedaan informasi memang kadang perlu dilakukan. Sehingga, proses membedakan satu informasi dengan yang lainnya harus benar – benar diperhatikan secara baik.

2. Ada Tambahan Data Penting

Pembuatan dokumen baru itu juga dimaksudkan untuk menambahkan data penting. Penambahan data penting memang sering dilakukan. Oleh sebab itu, perhatikanlah terus apakah ada tambahan data penting atau tidak. Kalau ada tambahan data penting, sebaiknya memang bikin dokumen baru.

3. Membuat Grafis atau Gambar di Tempat Khusus

Membuka dokumen baru itu juga bermanfaat untuk menempatkan grafis tambahan. Dengan membuat dokumen baru pada word, grafis atau gambar tertentu bisa ditempatkan pada lembar kerja khusus. Sehingga, kalau diperlukan buatlah dokumen baru untuk tamping grafis dan gambar.

4. Membuat Tulisan Baru dengan Tema Berbeda

Membuat tulisan baru dengan tema berbeda juga merupakan alasan kenapa perlu bikin dokumen baru di word. Kalau memang sedang ingin membuat tulisan dengan tema yang berbeda, maka buatlah saja dokumen baru di Microsoft Word.

5. Ingin Membuat Dokumen Hyperlink

Membuat dokumen hyperlink juga merupakan alasan lainnya. Ketika mau koneksikan satu file dengan yang lain, maka pembuatan hyperlink adalah solusinya. Langsung saja atur pembuatan dokumen hyperlink dengan cara buka dokumen yang baru di word.

Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word

Cara untuk buat dokumen baru di Microsoft bisa menggunakan sejumlah cara. Lewat semua cara yang mudah dan sederhana, pembuatan dokumen baru pada word akan berjalan lancar. Berikut ini tata cara membuat dokumen baru di word secara mudah dan cepat.

1. Membuat Dokumen Baru Pakai Cara Manual

Cara untuk membuat dokumen baru di Microsoft Word bisa dilakukan secara manual. Cara manual banyak dipakai karena mudah dipahami. Berikut ini tata cara membuat dokumen baru dengan cara manual di Microsoft Word.

  • Bukalah dulu lembar kerja baru di word
  • Pilih opsi File yang berada di bagian atas
  • Klik new untuk buka dokumen baru

2. Membuat Dokumen Baru Pakai Cara Otomatis

Selain pakai cara manual, membuat dokumen itu juga bisa memakai cara otomatis. Penggunaan cara otomatis ini bisa diandalkan dengan mudah. Berikut ini cara buat dokumen baru di Microsoft Word secara otomatis.

  • Buka lembaran baru di word
  • Tekan CTRL + N secara bersamaan
  • Halaman baru akan terbuka

3. Memanfaatkan Fitur Page Break

Di word terdapat fitur page break yang bisa difungsikan langsung untuk bikin dokumen baru. Cara ini juga bisa diandalkan dalam membikin dokumen baru secara mudah. Ini dia cara bikin dokumen baru dengan page break.

  • Buka Microsoft Word di PC atau laptop
  • Klik opsi insert di menu bar Microsoft Word
  • Pilih opsi page break di menu Pages
  • Akan ada halaman baru di bawah lembar kerja

Hal Penting dalam Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word

Saat bikin dokumen baru di word, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Semua faktor itu harus selalu menjadi pedoman utamanya. Jadi, selalu perhatikan segala macam faktor penting dalam bikin dokumen baru pada word. Ini dia penjelasannya.

1. Pahami Shortcut

Salah satu hal paling penting saat membuat dokumen baru adalah memahami shortcut. Dengan memahami shortcut, semuanya akan jadi lebih cepat dan mudah. Karena itu, pahamilah bagaimana cara pintas terbaik dalam membuat dokumen baru di Microsoft Word.

2. Pastikan Simpan Dokumen Baru Langsung

Dokumen baru yang dibuat itu disarankan untuk langsung disimpan saja. Proses penyimpanan dokumen itu memang sangat disarankan. Sehingga, cobalah untuk menyimpan langsung dokumen yang telah dibuat pada lembar kerja word.

3. Tentukan Template Sesuai Kebutuhan

Membuat dokumen baru itu bisa langsung memilih template sesuai dengan kebutuhan yang ada. Menentukan template yang sudah ada itu memang harus jadi perhatian khusus. Sehingga, pastikan telah menentukan template dengan sangat baik sesuai kebutuhan yang ada.

4. Sesuaikan Jumlah Dokumen Baru yang Dibuka

Jumlah dokumen barus yang dibuka itu juga penting untuk diperhatikan. Jangan terlalu banyak dalam membuka dokumen baru pada word. Ketika dokumen yang baru terlalu banyak, aplikasi Microsoft Word itu bisa mengalami masalah.

FAQ | Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word

Apakah ada shortcut untuk membuat dokumen baru di Microsoft Word?

Shorcut terbaik untuk bikin dokumen baru di word adalah CTRL + N.

Kenapa proses membuat dokumen baru di Microsoft Word gagal?

Biasanya karena keliru dalam proses menekan tombol di keyboard.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.