Cara Membuat Dokumen Baru di Word

Beranda » Cara Membuat Dokumen Baru di Word

Cara membuat dokumen baru di word itu sangatlah mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana, dokumen baru pada word bisa dibuka langsung. Karenanya, pahami selalu bagaimana cara membuat dokumen yang baru pada aplikasi Microsoft Word.

Dokumen yang baru pada word memang sangat diperlukan untuk menambah konten tulisan atau lainnya. Maka dari itu, pengguna word harus selalu memperhatikan bagaimana cara pembuatan dokumen yang baru di word. Ini dia penjelasan tentang cara membuat dokumen baru di word.

Tata Cara Membuat Dokumen Baru di Word

Cara membuat dokumen baru di word itu tentunya sangat mudah. Ada beberapa opsi yang bisa dicoba untuk membuat dokumen baru pada word. Sehingga, pahamilah selalu cara membuat dokumen baru pada lembar kerja word tersebut. Ini dia beberapa cara yang bisa digunakan.

1. Open New Tab

Salah satu cara untuk membuat dokumen baru di word adalah memanfaatkan fitur open new tab. Fitur tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk pembuatan dokumen baru. Berikut ini cara membuat dokumen baru dengan open new tab.

  • Buka lembar kerja di word
  • Tuliskan konten ke lembar kerja
  • Klik menu file pada pojok kiri atas
  • Pilih open new tab
  • Dokumen baru akan muncul

2. Gunakan Shortcut Keyboard

Menggunakan shortcut yang ada pada keyboard di laptop atau PC juga bisa dilakukan. Ini adalah cara pembuatan dokumen baru di word yang bisa selalu diandalkan. Jadi, perhatikanlah bagaimana shortcut tersebut dimanfaatkan. Ini dia cara – caranya.

  • Pastikan sudah membuka lembar kerja word
  • Arahkan jari ke keyboard
  • Tekan CTRL + N bersamaan
  • Dokumen word baru akan muncul

3. Insert Blank Page

Insert blank page juga bisa menjadi solusi terbaik untuk bikin dokumen baru di word. Dengan insert blank page secara tepat lewat fitur yang telah ada, semuanya akan jadi mudah. Berikut ini tata cara tambahkan dokumen baru dengan insert blank page.

  • Buka lembar kerja word di PC atau laptop
  • Arahkan cursor ke menu insert di tab atas
  • Pilih insert blank page di bagian kiri atas
  • Dokumen word yang baru akan muncul

Kenapa Perlu Membuat Dokumen Baru di Word?

Tentu saja juga ada alasan mengenai kenapa perlu membuat dokumen baru pada word. Ketahuilah semua alasan – alasan tersebut ketika mau membuat dokumen yang baru di word. Berikut ini beberapa alasan utama tentang kenapa perlu membuat dokumen baru di word.

1. Bikin Tulisan Lebih Panjang

Salah satu alasan kenapa perlu bikin dokumen yang baru di word adalah bikin tulisan yang panjang. Dengan dokumen baru, tulisan yang lebih panjang akan lebih mudah dibikin. Inilah kegunaan utama dari hadirkan dokumen yang baru pada Microsoft Word.

2. Membedakan Dokumen Teks dan Gambar

Alasan kenapa perlu buat dokumen baru di word adalah membedakan dokumen teks dengan gambar. Keduanya kadang harus dibedakan agar tak saling bertabrakan. Dokumen teks harus disendirikan dan dokumen gambar juga perlu dibedakan keberadaannya.

3. Memisahkan Hyperlink dengan Dokumen Utama

Pembuatan dokumen baru di word itu juga diperlukan agar dapat lebih mudah saat memisahkan hyperlink dengan dokumen utama. Hyperlink yang dibuat pada word memang membutuhkan lembar kerja utama dan cadangan. Hal itu akan berikan kemudahan dalam pembuatan tautan dokumen.

4. Supaya Mudah Membedakan Bab Penulisan

Membedakan bab penulisan juga jadi alasan kenapa perlu bikin dokumen baru di word. Bab dalam lembar kerja word memang harus dibedakan. Dengan perbedaan yang ada tersebut, pemisahan satu bab dengan yang lainnya akan berlangsung dengan lebih mudah.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat Dokumen Baru di Word?

Apakah ada momen dan waktu yang tepat dalam membuat dokumen baru di word? Hal ini juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Ini dia sejumlah rekomendasi waktu yang paling tepat untuk bikin dokumen baru pada Microsoft Word.

1. Saat Tulisan yang Dibuat Banyak

Waktu yang tepat untuk membuat dokumen baru adalah ketika tulisan yang harus diselesaikan itu banyak. Tulisan yang banyak memang butuhkan dokumen baru terus. Karenanya, saat menulis tulisan di atas 1000 kata. Bersiaplah untuk menambahkan banyak dokumen word baru.

2. Ketika Perlu Tambahkan Gambar

Dokumen word yang baru juga perlu ditambahkan ketika perlu menyisipkan gambar. Saat memerlukan tambahan gambar yang banyak, maka persiapkanlah tambahan dokumen terbaru. Tambahan gambar khusus perlu ditempatkan pada dokumen khusus.

3. Kalau Perlu Tambah Grafis

Waktu tepat yang lain adalah ketika ingin tambahkan grafis seperti chart, diagram atau tabel. Saat memerlukan grafis khusus, maka siapkanlah lembar kerja baru pada word. Intinya, pastikan siapkan dokumen baru untuk menambahkan grafis khusus.

4. Saat Ingin Buat Halaman Hyperlink

Pembuatan halaman hyperlink itu juga memerlukan dokumen yang baru. Sehingga, ini juga termasuk dalam waktu yang tepat dalam membuat dokumen yang baru pada word. Saat membuat halaman hyperlink untuk mengaitkan satu dengan yang lain, pastikan siapkan dokumen baru juga.

FAQ | Cara Membuat Dokumen Baru di Word

Apakah bisa membuat dokumen baru dengan cepat?

Bisa. Pengguna word bisa langsung menggunakan shortcut yang tersedia pada sistem Word.

Apakah ada shortcut untuk bikin dokumen baru di word?

Ada. Shortcut yang bisa diandalkan adalah CTRL + N untuk membuka dokumen baru langsung.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.