Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Beranda ยป Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Cara membuat dropdown list bertingkat pada excel itu bisa dilangsungkan dengan amat mudah. Semua orang yang baru belajar excel pasti bisa bikin dropdown list dengan cukup mudah. Karenanya, selalu perhatikanlah cara terbaik dalam buat dropdown list bertingkat.

Pembuatan dropdown list bertingkat pada excel memang dapat diterapkan dengan berbagai cara. Dengan proses membuat dropdown list bertingkat secara tepat, semuanya akan jadi lebih mudah. Berikut ini cara membuat dropdown list bertingkat di excel.

Fungsi Dropdown List Bertingkat pada Excel

Dropwon list bertingkat dalam sajian data excel itu punya banyak fungsi. Jika ditarik benang merahnya, ada beberapa fungsi utama dari dropdown list bertingkat tersebut. Berikut ini beberapa contoh dropdown list bertingkat pada excel.

1. Memberikan Opsi Informasi yang Lebih Lengkap

Salah satu fungsi membuat dropdown list bertingkat pada excel adalah berikan informasi yang lebih lengkap kepada pembaca. Berbagai macam informasi akan bisa lebih mudah ditambahkan secara rapi dengan dropdown list bertingkat pada excel. Itulah kenapa fungsi ini banyak dipakai.

2. Membuat Penyajian Data Lebih Lengkap

Fungsi lainnya adalah membuat penyajian data lebih lengkap. Penyajian data yang lebih lengkap kadang dibutuhkan. Lewat pemanfaatan dropdown list bertingkat pada excel, data yang disajikan pada laporan excel akan sangat mudah dibaca dan dipahami.

3. Membuat Pekerjaan Pendataan Lebih Cepat

Dengan bantuan dropdown list bertingkat pada excel, pendataan bisa lebih mudah dilakukan. Tak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan pendataan perlu waktu yang lama. Untuk mempercepatanya, digunakanlah dropdown list bertingkat pada excel.

Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Membuat dropdown list bertingkat pada excel itu dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Dengan panduan mudah dan sederhana, semuanya bisa dilakukan. Jadi, perhatikan cara membuat dropdown list bertingkat di excel. Berikut ini adalah cara dan panduannya.

1. Buat Sumber Data Dulu

Langkah awal adalah membuat sumber data terlebih dulu. Siapkan sell yang berisikan sumber data tingkat pertama dan tingkat kedua. Misalnya sumber data tingkat pertama berisi jenis tumbuhan dan hewan. Pada tingkat kedua dibuat data yang isinya bunga, buah, sapi, gajah dan seterusnya.

2. Beri Nama Range

Proses berikutnya adalah memberi nama range untuk mengaitkan tiap tingkatan data. Pastikan membuat nama range yang mudah dipahami. Misalnya beri nama list jenis, list tumbuhan dan list hewan. Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Bikin List Validation Tingkat Pertama

Berikutnya membuat list validation tingkat pertama. Pembuatannya bisa menggunakan rumus atau formula sederhana yakni =(nama range yang digunakan). Dalam hal ini, list validation tingkat pertama bisa pakai formula =List_Jenis

4. Bikin List Validation Tingkat Kedua

Langkah berikutnya adalah membuat list validation tingkat kedua. List validation tingkat kedua menggunakan rumus berdasarkan sumber data validationnya. Contoh dari rumusnya adalah =IF($B$7=”Tumbuhan”;List_Tumbuhan;IF($B$7=”Hewan”;List_Hewan;List_Kosong))

.

5. Simpan Pengaturan Setelah Selesai

Kalau sudah benar, data dropdown list bertingkat di excel bisa langsung disimpan. Klik save pada menu excel yang digunakan. Pilih direktori folder di komputer untuk menyimpan data dropdown list bertingkat excel tersebut.

Jenis Data yang Bisa Disajikan dengan Opsi Dropdown List Bertingkat Excel

Ketahuilah juga berbagai macam jenis data yang bisa disajikan dengan dropdown list bertingkat excel. Sejumlah data memang dapat disajikan langsung secara bagus dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa jenis data yang dapat disajikan dengan opsi dropdown list bertingkat di excel.

1. Data Gaji Karyawan

Data gaji karyawan menjadi contoh dari data yang cocok disajikan dengan dropdown list bertingkat pada excel. Lewat data gaji karyawan yang lengkap pada menu dropdown list bertingkat pada excel tersebut, informasi bisa dihimpun dengan lebih mudah.

2. Data Masa Kerja Karyawan

Data masa kerja karyawan di sebuah perusahaan juga bisa disajikan dengan opsi dropdown list bertingkat pada excel. Dengan sajian data dropdown list bertingkat, managemen sebuah perusahaan bisa melakukan pencatatan keuangan dengan lebih mudah dan praktis.

3. Data Daftar Nama Siswa Seluruh Sekolah

Contoh lain dari data yang cocok disajikan dengan dropdown list bertingkat pada excel adalah daftar nama siswa dari seluruh sekolah. Identitas siswa secara lengkap memang akan lebih enak dilihat dengan dropdown list bertingkat pada excel.

4. Data Produk yang Dijual ke Pasaran

Dalam konteks bisnis professional, data produk yang dijual ke pasaran juga bisa disajikan pada dropdown list bertingkat pada excel. Segala macam data produk yang dijual ke pasaran bisa diperlihatkan dengan dropdown list bertingkat pada excel yang memang bagus.

5. Data Nama Desa di Sebuah Kabupaten

Pada konteks pemerintahan, dropdown list bertingkat pada excel bisa dipakai untuk menyajikan data nama Desa yang ada di sebuah Kabupaten. Segala macam informasi mengenai desa bisa diperlihatkan di sana. Ini jadi salah satu hal yang bikin dropdown list bertingkat penting.

FAQ | Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Apakah dropdown list bertingkat pada excel bisa diedit?

Bisa. Pengguna bisa melakukan proses edit pada menu dropdown excel.

Apa saja jenis informasi yang cocok disajikan dalam bentuk dropdown list bertingkat?

Informasi mengenai data gaji, nama, hingga nilai bisa disajikan dalam bentuk dropdown list bertingkat.

Faktor apa yang perlu diperhatikan saat membuat dropdown list bertingkat pada excel?

Salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan adalah rumus dan formulanya.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.