Cara Membuat Dropdown List Dinamis di Excel

Beranda ยป Cara Membuat Dropdown List Dinamis di Excel
Advertisement

Cara membuat dropdown list dinamis di excel dapat dilakukan dengan sangat mudah. Melalui cara pembuatan dropdown yang tepat, pembuatan dropdown list dinamis via excel akan berlangsung dengan lebih mudah. Jadi, perhatikan dengan baik cara pembuatannya dengan tepat.

Dalam banyak kesempatan pembuatan dropdown list dinamis di excel memang dibutuhkan. Pembuatan dropdown list dinamis bisa dilakukan secara mudah. Jadi, perhatikanlah cara pembuatannya dengan tepat. Berikut ini cara buat dropdown list dinamis di excel.

Apa Itu Dropdown List Dinamis di Excel?

Memahami apa itu dropdown list dinamis pada excel itu amat penting. Dropdown list ini adalah penyajian data dengan menu dropdown yang bisa diklik pada excel. Pada dasarnya, dropdown list dinamis itu punya fungsi untuk memudahkan input data secara otomatis.

Input data akan berlangsung dengan mudah lewat dropdown list dinamis. Terutama ketika akan melakukan penambahan dan pengurangan pada sel. Sehingga, ketika akan mengubah sel, dropdown list dinamis ini akan otomatis terbaharui.

Dalam berbagai kesempatan, data yang disajikan dengan dropdown list memang jadi lebih menarik. Data yang tersaji akan lebih rapi dan mudah dimengerti. Karenanya, tak perlu heran kalau banyak data yang memang sengaja disajikan dalam bentuk dropdown list dinamis pada excel.

Jika ingin sajikan data dengan lebih rapi namun tak mengurangi kelengkapan informasinya, maka penggunaan dropdown list dinamis di excel bisa jadi pilihan. Sehingga, perlu adanya pemahaman yang tepat tentang bagaimana cara buat dropdown list dinamis pada excel.

Cara Mudah Membuat Dropdown List Dinamis di Excel

Pembuatan dropdown list dinamis di excel memang tak begitu sulit. Kita hanya perlu menyiapkan sejumlah hal. Seperti nama range dinamis hingga membuat dropdown list dengan data validation excel yang tepat. Berikut ini adalah langkah โ€“ langkahnya.

1. Membuat Daftar Nama

Langkah pertama adalah membuat daftar nama dalam sebuah field excel. Nama โ€“ nama tersebut akan ditampilkan pada dropdown list yang akan disajikan langsung. Semuanya bisa disesuaikan dengan data yang mau disajikan.

2. Buat Define Name

Proses berikutnya adalah melakukan define name terhadap database. Blok semua nama yang dituliskan, kemudian klik kanan dan pilih define name. Define name bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing โ€“ masing.

3. Atur Define Name

Aturlah juga define name yang pada box yang tersedia. Isi semua kolom yang ada sesuai dengan database yang mau disajikan. Di bagian nama, jangan berikan spasi kalau pakai dua kata. Berikan underscore untuk menyambungkan dua kata.

4. Masukkan Rumus Excel

Langkah berikutnya adalah memasukkan rumus. Rumusnya adalah (=OFFSET(‘Sumber Data’!$A$1;0;0;COUNTA(‘Sumber Data’!$A:$A);1). Rumus tersebut akan jadi pedoman dalam menyajikan data dropdown.

5. Pilih Sel yang Akan Diberikan Dropdown List

Ketika rumus telah ditambahkan, maka saat membuat dropdownlist. Pilih langsung sel atau range sel yang akan diberi pilihan dropdown list. Semua sel tersebut harus sudah diisi terlebih dulu sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement

6. Atur Data Validation

Berikutnya langsung pilih menu data kemudian lanjutkan dengan memilih data validation. Kemudian aturlah box sesuai dengan cell database yang diinginkan. Jika semua box sudah diisi, maka klik OK untuk menyelesaikan.

Data yang Cocok Disajikan dengan Dropdown List Dinamis

Penggunaan dropdown list dinamis di excel itu akan memudahkan dalam penyajian banyak data. Sejumlah data bisa dengan mudah disajikan lewat dropdown list dinamis. Berikut ini beberapa jenis data yang biasa disajikan pada dropdown list dinamis.

1. Daftar Nama Siswa

Salah satu sajian data yang cocok untuk disajikan dengan dropdown list dinamis adalah daftar nama siswa. Guru bisa membuat list daftar nama siswa untuk memudahkan memberikan nilai pada sebuah mata pelajaran. Ini adalah jenis data yang bisa disajikan secara mudah.

2. Daftar Nama Karyawan

Daftar nama karyawan dalam sebuah perusahaan juga bisa menjadi opsi. Sama seperti daftar nama siswa, pada daftar nama karyawan itu bisa diatur untuk memudahkan banyak hal. Termasuk dalam menyajikan data jumlah gaji pada tiap karyawan di sebuah perusahaan.

3. Daftar Jenis Produk pada Perusahaan

Daftar jenis produk pada perusahaan juga cocok untuk disajikan dengan menu dropdown list dinamis. Ini adalah jenis data yang akan lebih menarik untuk disajikan kepada banyak orang. Sehingga, jenis produk pada entitas perusahaan cocok dibuat dalam menu dropdown list.

4. Daftar Domisili Karyawan di Perusahaan

Informasi mengenai jenis domisi karyawan di sebuah perusahaan juga jadi contoh data yang dapat ditampilkan dengan opsi dropdown. Ketika disajikan dengan opsi dropdown, maka informasi mengenai domisili karyawan di sebuah perusahaan akan lebih mudah terlihat.

5. Daftar Jenis Sayuran yang Dijual ke Pasaran

Daftar jenis sayuran yang hendak dijual ke pasaran juga bisa menjadi opsi. Berbagai jenis sayuran bisa ditunjukkan atau ditampilkan dengan opsi dropdown. Hal ini pastinya akan memudahkan penjual untuk melakukan pendataan kepada produk sayuran yang dijualnya ke publik.

FAQ | Cara Membuat Dropdown List Dinamis di Excel

Apakah pembuatan dropdown list dinamis di excel itu sulit?

Tidak sulit sama sekali. Hanya perlu mengurutkan data dan memberi keterangan dengan benar.

Data apa saja yang biasa disajikan dalam bentuk dropdown list dinamis di excel?

Data gaji, data usia hingga data nilai bisa disajikan dalam bentuk dropdown dinamis di excel.

Kenapa data harus disajikan dalam bentuk dropdown list dinamis di excel?

Supaya data lebih rapi dan mudah dimengerti oleh para pembacanya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.