Cara Membuat Footer di Excel Paling Mudah [Gambar Lengkap]

Advertisement

Sudahkah kamu tahu beberapa cara membuat Footer di Excel? Dengan menambahkan Header dan Footer di Excel, tampilan pekerjaan yang kamu lakukan di Excel jadi lebih profesional karena mencantumkan informasi yang diperlukan.

Dengan catatan pada Header dan Footer Excel, kamu bisa lebih mudah menyusun hasil print out. Umumnya kamu menambahkan Footer di Word, namun di Excel kamu juga tetap bisa melakukannya dengan langkah pembuatan yang mudah dan praktis.

Pengertian Footer Pada Microsoft Excel

Kamu pasti pernah membuat Header dan Footer ketika membuat dokumen di Words. Kini kamu bisa mempelajari cara membuat Footer di Excel yang memiliki fungsi sama seperti pada Words. Simak pengertian Header dan Footer di bawah ini.

Header adalah sebuah teks yang akan tercetak pada semua lembar yang kamu print dan letaknya berada di bagian atas halaman tersebut. Sementara Footer adalah teks yang tercetak di bagian bawah halaman yang kamu print.

Kamu bisa mengisi informasi seperti nomor halaman, tanggal dan hari, logo, judul Bab, gambar, tema dokumen dan sebagainya. Kamu juga bisa memuat info waktu cetak dokumen yang secara otomatis akan muncul di setiap lembar halaman yang kamu print.

Agar posisinya nyaman untuk dibaca, kamu bisa mengatur posisi teks pada Header dan Footer baik itu berada di kiri, kanan atau tengah halaman. Simak bagaimana cara membuat Footer di Excel selanjutnya pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Abstrak Otomatis Online dengan Mudah

Cara Membuat Footer di Excel Dengan Langkah Mudah

Banyak informasi yang memuat tutorial membuat Footer pada Microsoft Excel.  Berikut ini kami akan menjelaskan cara membuat Footer di excel dalam beberapa langkah yang lebih praktis dan mudah dipahami. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pilih Tab Insert pada Menu Bar kemudian pilih menu Header & Footer.
  • Pada group text yang muncul pilihlah menu Go To Footer, kamu akan diarahkan langsung ke bagian Footer halaman yang sedang kamu kerjakan.
  • Kamu juga bisa melakukan scroll down mouse hingga ke bagian paling bawah halaman tersebut.
  • Masukkan teks yang kamu kehendaki, bisa berupa nomor halaman, waktu cetak, judul Bab dan sebagainya.
  • Klik sembarang bagian cell worksheet Excel kamu untuk keluar dari Footer.

Menambahkan Preset Header dan Footer

 cara membuat Footer di Excel

Jangan bingung untuk memikirkan jenis teks yang ingin kamu masukkan pada Footer Excel. Setelah memahami cara membuat Footer di Excel kamu akan tahu bahwa Excel telah menyediakan preset Footer yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Preset merupakan jenis Footer yang telah ditetapkan dalam format default pada aplikasi Microsoft Excel. Kamu tinggal memilih menggunakan preset Footer yang mana untuk dimasukkan pada bagian bawah worksheet yang sedang kamu kerjakan. Caranya yaitu:

  • Pada menu bar pilih tab Header & Footer.
  • Klik bagian Footer pada menu.
  • Pilih salah satu preset Footer yang tersedia.

Jika ingin menambahkan sendiri teks pada Footer sesuai dengan kebutuhan kamu, hal ini bisa dilakukan secara custom. Pembahasannya dapat kamu baca pada pada lanjutan ulasan tentang cara membuat Footer di Excel berikut ini.

Membuat Custom Footer di Excel

Jika preset Footer yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu juga bisa membuat custom Footer dengan menambahkan sendiri isi teks Footer sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Lakukan caranya dengan langkah sebagai berikut :

  • Lakukan langkah seperti yang pertama yaitu buka tab Insert lalu klik tombol Header & Footer.
  • Pilih Go To Footer.
  • Ketik informasi yang ingin dimasukkan pada bagian Footer sesuai yang kamu kehendaki.
  • Lihat pada gambar berikut untuk membuat custom Footer yang kamu inginkan.
 cara membuat Footer di Excel

Cara lainnya bisa kamu pakai.

 cara membuat Footer di Excel
  • Pilih menu Page Layout > klik ujung kanan bawah dari grup Page setup
  • Maka akan muncul kotak dialog baru. Lalu pilih Header/Footer > pilih custom header atau custom footer sesuai kebutuhanmu.
 cara membuat Footer di Excel
  • EDIT Header atau Footer sesuai yang kamu inginkan. Di sini kamu bisa memasukkan teks, nomor, tanggal, bahkan gambar.

Baca juga: Cara Bikin Arsiran di Excel Secara Otomatis

Elemen Header dan Footer Di Excel

Selain memasukkan teks secara manual, dalam cara membuat Footer di Excel kali ini kami sertakan beberapa elemen dalam group text Header dan Footer yang bisa kamu gunakan secara dinamis.  

Dinamis disini maksudnya informasi yang terdapat dalam elemen tersebut disesuaIkan dengan informasi dalam file yang ada di komputer yang digunakan untuk membuat Footer.

Jenis elemen pada Header dan Footer di Excel yaitu :

  • Page Number digunakan untuk menambahkan nomor halaman.
  • Number of Pages digunakan untuk memberikan informasi jumlah halaman.
  • Current Date digunakan untuk memasukkan data tanggal sesuai dengan setting pada komputer.
  • Current Time digunakan untuk memasukkan data waktu sesuai dengan setting yang ada pada komputer.
  • File Path digunakan untuk memberikan informasi lokasi file pada komputer.
  • File Name digunakan untuk memberikan informasi nama file pada komputer.
  • Sheet Name digunakan untuk mencantumkan nama sheet pada Excel
  • Picture digunakan saat kamu ingin menambahkan gambar atau logo tertentu.
 cara membuat Footer di Excel

Cara Mengubah dan Menghapus Footer Pada Excel

Mungkin saja kamu merasa tidak puas dengan tampilan atau catatan yang kamu masukkan pada Footer di Excel, pelajari cara membuat Footer di Excel agar kamu tahu bagaimana cara mengubah teks Footer yang sudah terlanjur kamu input.

Ada beberapa cara untuk mengubah Footer yang sudah kamu buat, di antaranya adalah :

  • Kamu bisa mengaktifkan kembali dialog box pada menu Insert > Header & Footer > Footer. Lakukan seperti saat kamu membuat Footer sebelumnya.
  • Kamu bisa mengubah Footer dari Workbook Views, caranya dengan membuka tampilan View > Page Layout

Jika kamu sudah selesai dengan kegiatan menambahkan teks pada Footer Excel, maka kamu dapat menutup Footer agar kembali ke tampilan normal. Cara membuat Footer di Excel untuk kembali ke tampilan normal yaitu :

  • Klik Tab View > pada Group Workbook Views pilih Normal. Maka Footer akan tidak tampak
  • Kamu juga bisa klik sembarang cell dari worksheet untuk menutup kotak dialog Footer dan kembali ke tampilan normal agar bisa melanjutkan kegiatan menginput data selanjutnya.
  • Advertisement

Jika kamu merasa bahwa teks yang kamu masukkan di Footer tidak sesuai dan ingin menghapusnya, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah sekali. Pada dasarnya langkahnya hampir sama dengan ketika kamu ingin melakukannya di aplikasi Words.

Cara membuat Footer di Excel untuk langkah menghapus teks Footer yaitu, kembali buka kotak dialog Footer. Aktifkan kembali tampilan Footer dan pilihlah mana saja yang ingin kamu hapus. Setelah memilih beberapa bagian yang ingin dihapus, klik Delete.

Kamu juga bisa melakukannya dari kotak dialog Page Setup. Pilih menu Preset None dari menu yang tersedia secara dropdown di sana lalu tinggal memilih tombol OK dan semua teks Footer akan dihilangkan secara otomatis.

Kalau kamu pernah membuat Footer di aplikasi Words, maka kamu tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat kamu belajar cara membuat Footer di excel karena secara garis besar langkahnya sama.

Kamu hanya perlu mengingat beberapa hal yang penting saja yang mungkin sedikit berbeda. Menggunakan Footer pada aplikasi baik Words maupun Excel akan mempengaruhi tampilan halaman setelah di cetak.

Dibandingkan halaman polos, halaman yang sudah ditambahi Footer berupa nomor halaman atau tanggal tentu lebih membantu saat harus menyusun ulang halaman setelah dicetak.

Baca juga: Cara Beri Warna di Excel dengan Rumus

Jika sudah menguasai cara penggunaan aplikasi Excel maka banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan lebih efisien di Excel. Informasi mengenai cara membuat Footer di Excel kali ini dapat membantu kamu lebih produktif lagi.

Advertisement

Tinggalkan komentar