Advertisement

Cara membuat grafik bergerak di Excel saat ini lebih mudah dipahami. Microsoft Excel sendiri mempunyai banyak sekali kegunaan.

Jika dilihat secara sederhana grafik merupakan bentuk gambar berupa kerangka yang bisa membantumu dalam memvisualisasikan data. Bahkan, tidak jarang beberapa orang masih bingung ketika diminta untuk melakukan hal tersebut.

Mengenal Cara Membuat Grafik Bergerak di Excel

Pada dasarnya, cara buat grafik di Excel sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah, agar bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.

Namun sebelumnya, kamu harus memahami bahwa grafik tidak memiliki satu bentuk. Setiap grafik atau diagram memiliki jenisnya tergantung dari bentuk data yang dimasukkan.

Oleh sebab itu, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis grafik yang tersedia di MS Excel. Mulai dari Excel 2007, 2010, 2013, sampai 2019. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa kamu ketahui.

  • Column merupakan grafik yang berbentuk diagram batang mengarah ke atas. Adapun pembagian dari bentuknya, yakni dengan kategori di sepanjang sumbu horizontal dan nilai(value) di sepanjang sumbu vertikal.
  • Bar chart merupakan grafik berbentuk diagram batang yang mengarah ke samping dan digunakan untuk mengilustrasikan perbandingan di antara item-item individual.
  • Pie chart, yaitu grafik yang berbentuk diagram lingkaran dan menunjukkan nilai data berbentuk bagian (persentase).
  • Line atau grafik garis, yakni grafik berbentuk garis dan menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu pada sumbu yang diskalakan secara merata.
  • Area merupakan grafik yang akan digunakan untuk menganalisa alur perubahan data dari waktu ke waktu. Sementara itu, bagan area pada grafik ini berguna menunjukkan hubungan bagian secara keseluruhan.
  • Surface adalah grafik berbentuk 3D dan permukaanya berfungsi saat ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data. Seperti halnya pada peta topografi, warna dan pola menunjukkan area pada kisaran nilai yang sama.

Baca juga: Cara Menghitung Umur di Excel

Langkah Membuat Grafik di Excel

Ada beberapa cara membuat grafik bergerak di Excel yang bisa kamu ketahui. Berikut ini sudah ada beberapa cara membuat grafik yang benar, yaitu:

1. Pilih Data

Langkah pertama, kamu bisa memilih data yang ingin untuk dijadikan bentuk grafik. Biasanya, kamu bisa memilih bagian dari tabel yang ingin dijadikan sebagai grafik.

Misalnya saja pada contoh gambar yang ada di bawah, terdapat data pemasukan setengah tahun pertama. Apabila kamu ingin memasukkan semua data, maka tinggal memblok saja.

Namun, bila kamu hanya ingin data tertentu. Maka cara membuat grafik bergerak di Excel berikutnya, bisa memilih tabel dan kolom yang diinginkan.

cara membuat grafik bergerak di Excel

2. Pilih Insert Pada Menu Bar

cara membuat grafik bergerak di Excel

Cara membuat grafik selanjutnya, pilihlah insert yang ada di menu bar pada bagian kiri atas. Nantinya, kamu akan langsung melihat ikon dari beberapa jenis grafik.

Apabila kamu ingin melihat jenis grafik secara jelas, maka bisa memilih Recommended Charts. Apabila kamu sudah memilih Recommended Charts, nantinya akan muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik.

Agar bisa melihat pilihan grafik secara lengkap, maka kamu dapat memilih All Charts. Cara membuat grafik bergerak di Excel berikutnya, akan muncul semua jenis grafik yang ada di Microsoft Excel dan bisa dipilih.

cara membuat grafik bergerak di Excel

Selain itu, kamu juga dapat langsung memilih berbagai macam bentuk atau style dari masing-masing jenis grafik. Jadi kamu bisa lihat contoh gambar yang ada di atas, ada berbagai style dari jenis column.

3. Atur Posisi Grafik ke Dalam Worksheet

cara membuat grafik bergerak di Excel

Cara membuat grafik bergerak di Excel berikutnya, grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet. Namun, agar tabel data tidak terganggu, maka kamu harus mengatur posisi dan ukurannya.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, yaitu mengarahkan kursor ke bagian grafik, lalu klik dan geser. Sementara itu, untuk mengubah ukuran grafik kamu bisa langsung mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula

4. Ubah Judul Grafik

cara membuat grafik bergerak di Excel

Berikutnya, kamu juga dapat mengubah nama atau judul dari grafik. Caranya dengan mengklik bagian tulisan yang ada di bagian atas grafik.

Cara Buat Grafik Excel Secara Sederhana

Pada umumnya, Cara membuat grafik bergerak di Excel terbilang sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu melakukan berbagai tahapan di bawah ini.

1. Masukkan Data ke Excel

cara membuat grafik bergerak di Excel

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu memasukkan data yang dimiliki. Selanjutnya, bisa mengekspor data dari tool lain atau memasukkannya secara manual ke dalam Excel.

Pastikan sudah menyertakan label pada kolom dan baris. Sehingga kamu bisa menerjemahkan data ke dalam grafik dengan label sumbu yang jelas.

2. Sorot Data dan Klik Menu ‘Insert’

cara membuat grafik bergerak di Excel

Sorot cell yang ingin kamu gunakan dalam grafik dengan mengklik dan menyeret kursor melintasi cell menggunakan data tersebut. Cara membuat grafik bergerak di Excel berikutnya, bisa klik menu Insert.

3. Pilih Jenis Grafik yang Diinginkan

cara membuat grafik bergerak di Excel

Ketika kamu sudah memilih menu Insert, maka bisa langsung klik pilihan Recommended Charts. Excel nantinya akan memberikan beberapa rekomendasi jenis grafik berdasarkan popularitas.

Kamu juga bisa langsung memilih template grafik yang berbeda melalui menu tab All Charts. Kamu dapat menemukan banyak sekali opsi grafik yang bisa digunakan.

Umumnya, Excel sudah memberikan beberapa rekomendasi jenis grafik berdasarkan popularitas. Namun, cara membuat grafik bergerak di Excel selanjutnya, kamu tetap bisa memilih template grafik yang berbeda dengan mengklik menu dropdown.

Setelah kamu memutuskan jenis grafik yang diinginkan, maka bisa klik pada ikon grafik yang kamu mau. Kemudian, grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet.

4. Ubah Judul Grafik

cara membuat grafik bergerak di Excel

Jika sudah selesai membuat grafik biasanya akan ada judul grafik yang dibuat secara otomatis berdasarkan tabel sumber data. Untuk mengubahnya kamu hanya perlu klik pada bagian judul.

Advertisement

Kemudian, ubah sesuai judul yang kamu inginkan. Cara membuat grafik bergerak di Excel berikutnya, kamu juga dapat langsung mengubah jenis font, dan ukuran huruf pada judul grafik.

5. Kelola dan Atur Tampilan Grafik

cara membuat grafik bergerak di Excel

Setelah grafik jadi, maka kamu bisa mengatur tampilan grafik seperti yang telah diinginkan. Berikut ini sudah ada beberapa tips untuk mengatur tampilan grafik.

Baca juga: Cara Menggunakan Pivot Table dengan Mudah

Cara Mengganti Data Setiap Sumbu

Apabila kamu ingin mengubah data yang muncul pada masing-masing sumbu X dan Y pada grafik. Maka bisa melakukan beberapa tahap berikut.

  • Pertama, klik kanan pada grafik yang sudah ada. Lalu klik Select data dan Switch Row/Column.
  • Kemudian, klik OK pada tampilan sumbu pada grafik akan berubah. Apabila kamu ingin merubah tampilan layout dan label grafik, maka lakukan cara berikut ini

Klik pada grafik dan klik menu Chart Design. Dari sini kamu dapat mengatur kembali layout judul grafik, label sumbu dan legenda.

Apabila kamu ingin mengubah format legenda dalam grafik lebih jauh. Maka bisa langsung klik pada bagian atas legenda dan buka sidebar Format Legend.

Hal yang sama juga dapat kamu lakukan, bila ingin memformat bagian lain dalam grafik. Kamu cukup klik pada setiap unsur dan temukan jendela Format untuk mengaturnya.

Setelah mengetahui beberapa langkah membuat grafik di Excel dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Maka kamu akan semakin efisien saat harus menerapkan cara membuat grafik bergerak di Excel.

Advertisement

Tinggalkan komentar