Cara Membuat Halaman Pada Excel dengan Mudah

Beranda » Cara Membuat Halaman Pada Excel dengan Mudah

Mungkin beberapa dari kamu masih bingung mengenai bagaimana cara membuat halaman pada ExcelPoin ini cukup penting diketahui terutama jika sering memanfaatkan Excel baik untuk pekerjaan atau tugas sekolah.

Microsoft Excel sendiri merupakan sebuah software yang hingga kini sangat dibutuhkan untuk menginput data penting. Agar mudah mencari halaman yang diinginkan, perlu diberikan halaman pada masing-masing lembar kerjanya.

Cara Membuat Halaman Pada Excel

Sebab cukup penting, tidak sedikit orang mencari bagaimana cara membuat page pada Excel dengan mudah dan cepat. Perlu diketahui, untuk penomoran khusus memerlukan tata cara berbeda.

Agar prosesnya tidak sampai mengalami kendala, pada penjelasan di bawah ini akan diulas mengenai bagaimana langkah-langkahnya:

1. Menambah Nomor Halaman di Satu Lembar Kerja

Pada penjelasan mengenai langkah-langkah ini menggunakan Ms. Excel versi 2016. Bagi kamu yang memiliki versi sebelum atau sesudahnya, silahkan menyesuaikan. Ulasannya lengkapnya sebagai berikut:

  • Cari lembar kerja yang ingin kamu berikan nomor halaman.
  • Arahkan kursor ke tab sisipkan, letaknya ada di grup teks.
  • Lanjutkan prosesnya dengan klik menu header & footer.
  • Dengan menu tersebut, kamu bisa membuat header maupun footer.
  • Klik opsi nomor halaman.
  • Kamu bisa menambah spasi setelah halaman dengan mengetik dari.
  • Tinggal pilih jumlah halaman yang diinginkan.
  • Silahkan buka opsi tampilan buku kerja, pilih opsi tampilan.
  • Arahkan kursor ke menu normal.
  • Halaman ini bisa kamu edit dengan mencari opsi penyetelan halaman.

2. Cara Menetapkan Nomor Berbeda untuk Halaman Awal

Secara praktis memang bisa langsung mengatur halaman dari awal hingga akhir lembar kerja. Namun terkadang di halaman awal akan diberi sistem penomoran berbeda tergantung dari tingkat kebutuhannya.

Bagi yang masih bingung bagaimana melakukan prosesnya, coba perhatikan bagaimana cara membuat halaman pada Excel berikut ini:

  • Klik opsi grup penyetelan halaman yang ada di Excel.
  • Cari menu tata letak halaman, lalu langsung klik peluncur kotak dialog.
  • Bagian v tersebut ditandai dengan panah menyerong ke sisi kanan bawah.
  • Pada kotak nomor halaman, masukkan nomor yang ingin kamu gunakan di halaman pertama.
  • Apabila ingin menerapkan cara membuat halaman di Excel secara otomatis, tinggal ketikan otomatis di kotak nomor halaman pertama.

3. Menambah Nomor Halaman di Beberapa Lembar Kerja

Sistem pemberian halaman sendiri memang bisa dibuat praktis, yaitu dengan cara membuat halaman pada Excel secara berurutan namun juga bisa memilih sesuai keinginan. Penjelasan lengkapnya yaitu:

  • Pilih bagian lembar kerja yang ingin diberi nomor halaman.
  • Umumnya tampilan lembar kerja di Excel seluruh versi ada di bagian kiri bawah.
  • Tinggal klik lembar kerja yang diinginkan, bisa satu atau langsung beberapa.

Cara membuat halaman pada Excel pada tahap ini dibedakan berdasarkan urutan sistem penomoran. Supaya kamu tidak sampai kebingungan, coba perhatikan langkah-langkahnya berikut:

  • Penomoran Berurutan

Maksud dari sistem penomoran berurutan yaitu pemberian nomor ini dilakukan mulai dari lembar kerja pertama hingga lembar kerja terakhir. Cara penerapannya ada di bawah ini:

–       Pilih lembar kerja pertama yang ingin diberi nomor halaman.

–       Barengi dengan menahan tombol shift.

–       Arahkan pilihan sampai ke lembar terakhir yang ingin dipilih.

  • Penomoran Halaman Acak

Tidak sedikit pengguna Excel yang memberikan nomor tidak berurutan menyesuaikan kebutuhan. Jika kamu salah satunya, maka bisa menerapkan Cara membuat halaman pada Excel berikut:

–       Silahkan pilih tab lembar kerja pertama.

–       Cari tombol Ctrl yang ada di keyboard.

–       Tekan dan tahan kemudian pilih bagian lembar kerja yang ingin diberikan halaman.

–       Lanjutkan dengan memberikan nomor pada masing-masingnya.

  • Memberi Nomor di Semua Lembar Kerja

–       Cukup klik kanan pada lembar kerja pertama yang ingin diberi nomor.

–       Klik opsi pilih semua lembar kerja.

–       Lembar kerja sudah siap dengan halaman di masing-masingnya.

4. Cara Membuat Halaman Pada Excel dengan Sistem Grup

Ada banyak versi penomoran pada Excel yang bisa kamu terapkan. Misalnya saja dengan menerapkan sistem grup. Cara memberi halaman pada Excel ini juga tidak sulit, cukup perhatikan langkah-langkahnya berikut:

  • Cari tab tata letak halaman yang berada di grup penyetelan.
  • Silahkan klik kotak peluncuran dengan tanda panah menyerong ke arah kanan bawah.
  • Arahkan kursor ke dialog penyetelan halaman.
  • Klik header/ footer, lalu pilih header custom atau footer custom.
  • Lokasi penomoran halaman bisa ditentukan dengan klik kotak bagian kiri, tengah, maupun kanan tergantung kebutuhan.
  • Lanjutkan dengan menekan menu sisipkan nomor.
  • Nantinya halaman tersebut akan langsung bernomor.

Lalu Bagaimana Mengubah Penomoran Halaman?

Selan cara membuat halaman pada Excel, adalah penting lain yang perlu kamu ketahui yaitu mengubah penomoran pada halaman tertentu. Mengenai bagaimana itu, silahkan simak penjelasannya di ulasan berikut:

  • Cari lembar kerja yang ingin diubah penomorannya.
  • Klik tata letak halaman yang berada di grup penyetelan halaman.
  • Pilih kotak peluncur yang ditandai panah menyerong ke arah kanan bawah.
  • Menuju ke tab lembar, cari urutan halaman.
  • Tap bawah, susul klik atas. Kamu juga bisa melakukan kebalikannya.
  • Ganti halaman dengan memperhatikan kotak pratinjau.

Pengubahan penomoran sendiri dibutuhkan agar setiap lembar Excel memiliki nomor sesuai kebutuhan penggunanya. Hanya saja, dari cara di atas kemungkinan akan berbeda jika menerapkan Cara membuat halaman pada Excel 2010.

Proses Penghapusan Penomoran Excel

Pada pembahasan kali ini akan diulas mengenai bagaimana cara menghapus penomoran secara berurutan atau hanya di lembar kerja tertentu saja. Pastikan teliti dalam menyimaknya untuk menghindari kesalahan.

Perlu diketahui bahwa mengetahui langkah-langkah penghapusan nomor tidak kalah pentingnya dari cara membuat halaman pada Excel. Bagaimana itu? pastikan menyimak pemaparan pada penjelasan ini:

  • Satu Lembar Kerja

Untuk bagian ini tidak begitu sulit karena proses penghapusan hanya melibatkan satu lembar kerja saja sehingga prosesnya bisa dilakukan dengan cepat. Begini penjelasannya:

–       Pilih lembar kerja mana yang ingin dihapus halamannya.

–       Cari menu hapus di bagian menu dialog atas layar.

–       Klik hapus.

  • Dua atau Lebih Lembar Kerja Berdampingan

Seperti pada pembahasan mengenai cara membuat halaman pada Excel di atas, di tahap penghapusan halaman juga dibedakan menjadi beberapa. Untuk penghapusan di dua atau lebih lembar kerja berdampingan yaitu:

–       Cari lembar kerja yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol shift.

–       Arahkan sampai di lembar kerja berapa halaman akan dihapus.

–       Proses selesai.

  • Dua atau Lebih Lembar Kerja Berseberangan

Jangan membayangkan caranya sulit, sebab sebenarnya sesimpel di penjelasan terkait cara membuat halaman pada Excel. Bagaimana itu? ini dia langkah-langkahnya:

–       Arahkan kursor ke lembar pertama, lalu klik kanan.

–       Lanjutkan prosesnya dengan tekan Ctrl, pilih tab yang diinginkan.

–       Terakhir, tinggal melakukan penghapusan halaman di lembar kerja pilihan.

Perkantoran saat ini sebagian besar selalu menggunakan Excel dalam melakukan kegiatan merekap data karena dinilai sangat simpel. Oleh karenanya penting mengetahui bagaimana cara membuat halaman pada Excel.

M Arthur
M Arthur

Web developer dan penulis teknologi profesional sejak tahun 2010. Kontributor media nasional Kompas, IDNTimes, Republika dan penulis di Medium.