Advertisement

Kamu belum mengetahui cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel? Tenang saja. Kali ini akan dibagikan beberapa rumus yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Cukup memasukkan function ke dalam sel, kemudian tekan enter pada keyboard.

Microsoft Excel ternyata tidak hanya untuk mengolah angka. Kamu juga bisa menulis dan menghitung selisih hari, bulan, bahkan tahun tanpa mengetiknya secara manual. Cara ini tentu lebih menghemat waktu dan mengurangi resiko kesalahan.

Beragam Cara Membuat Hari dan Tanggal Otomatis di Excel

Function hari dan tanggal yang disediakan Excel cukup lengkap. Kamu tinggal memilih sesuai kebutuhan, bahkan beberapa rumus dapat dikombinasikan asal tahu cara penempatan yang benar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Rumus =TODAY ( ) di Excel

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Rumus ini berguna ketika kamu mencari cara menambah hari di Excel. Setelah function =TODAY ( ) diinput kedalam sel yang diinginkan, maka akan muncul tanggal dan hari ini. Formatnya berupa mm-dd-yy (bulan-hari-tahun).

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menentukan tanggal pada hari sebelum dan berikutnya. Caranya dengan menuliskan rumus =TODAY ( )- hari sebelumnya atau =TODAY ( )+ hari sesudahnya. Misal, mencari tanggal di 4 hari kedepan, maka ketik =TODAY ( )+4.

Namun, perlu diingat bahwa rumus ini bersifat dinamis. Artinya, tanggal yang muncul setiap hari akan berubah sesuai sistem tanggal pada internal komputer. Maka dari itu, rumus ini tidak disarankan bagi kamu yang ingin data tanggal secara tetap.

2. Rumus =NOW ( ) di Excel

Pada dasarnya cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel menggunakan rumus =NOW ( ) sama dengan function sebelumnya. Kamu tinggal menuliskannya ke dalam sel. Namun kelebihannya, tidak hanya tanggal yang dapat dicari, melainkan juga jam.

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Format data yang muncul melalui rumus ini adalah mm-dd-yyyy-tt (bulan-tanggal-tahun-jam). Apabila kamu ingin mencari data hari sebelumnya, tinggal ubah rumus menjadi =NOW ( )-hari sebelumnya. Sebaliknya, untuk tanggal selanjutnya tuliskan =NOW ( )+.

Sama dengan rumus sebelumnya, tanggal dan jam yang dibuat dengan rumus ini akan berubah setiap hari (real time). Hal ini dikarenakan =NOW ( ) bekerja secara dinamis, mengambil data yang berjalan di dalam komputermu.

Baca juga: Cara Merubah Huruf Kapital di Excel Pakai Formula

3. Rumus =DATE di Excel

Cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel selanjutnya cocok dipakai apabila kamu ingin mendapatkan tanggal, bulan, serta tahun sesuai keinginan. Artinya, function ini tidak menggunakan data hari pada komputer, melainkan mengelolah rumusmu.

Penggunaan rumus ini dilakukan dengan mengetik =DATE(tahun; bulan; tanggal) ke dalam sel. Cocok saat kamu membutuhkan cara membuat tanggal berurutan di Excel. Contoh, kamu memasukkan =DATE(2022;12;5), maka hasilnya adalah 5/12/2022.

Selain itu, function =DATE juga berfungsi untuk mengubah teks menjadi tanggal. Sumbernya bisa dari sebuah teks langsung atau format tanggal pada komputermu. Kamu hanya perlu menambahkan rumus, sehingga penulisannya menjadi =DATEVALUE.

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Misal, kamu ingin memperoleh hasil 15/08/2022, berarti rumus yang dimasukkan adalah =DATEVALUE(“15 Agustus 2022). Selain itu, saat kamu mengetikkan =DATAVALUE(2022-08-19), yang muncul adalah 19/08/2022.

4. Rumus =DAY di Excel

Sedikit berbeda dari cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel sebelumnya. Rumus ini digunakan apabila kamu hanya ingin  memperoleh angka sebuah tanggal dan mengabaikan keberadaan bulan serta tahun pada sebuah sel.

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Sumber rumus =DAY dapat diperoleh melalui penulisan langsung, menggabungkan dengan function lain, atau memakai referensi sel. Contoh, pada sel B10 telah tertulis 07/12/2021, maka ketika kamu menulis =DAY(B10) akan muncul hasil angka 7.

Bagaimana jika dikombinasikan dengan rumus lainnnya? Misal, kamu mengetik =DAY (NOW ( )), maka akan muncul angka tanggal sesuai informasi hari yang ada di dalam komputermu. Jika realtime menunjukkan 2022-08-06, berarti menghasilkan angka 6.

5. Rumus =MONTH di Excel

Cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel ini dikhususkan apabila kamu ingin menghasilkan angka 1-12 (nilai bulan). Sama seperti fungsi =DAY, sumber rumus ini juga bisa dari pengetikan langsung, perpaduan dengan rumus lain, atau referensi sel.

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Gambarannya, pada sebuah sel C15 tertulis tanggal 12/04/2022, kemudian kamu menuliskan rumus =MONTH(C15). Hasil yang muncul sudah pasti mengambil bagian bulan, yaitu angka 04.

Contoh lainnya, apabila dikombinasikan dengan rumus lain =MONTH (DATEVALUE(“18 Januari 2022), kamu akan memperoleh angka 01. Sedangkan jika diketik =MONTH (NOW( )) bisa menghasilkan bulan pada hari ini.

Fungsi ini biasanya dipakai pada sebuah perusahaan yang ingin mengetahui bulan apa harus menyetok barang atau masa expired dari sebuah produk. Kesannya mungkin tidak perlu, namun apabila datamu banyak, mencari secara otomatis sangat penting.

6. Rumus =YEAR di Excel

Rumus =YEAR dapat dikatakan sebagai pelengkap cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel sebelumnya. Apabila melihat nama, kamu pasti sudah tahu bahwa rumus ini dipakai saat ingin memperoleh nilai tahun dari sebuah tanggal.

Kamu dapat mengambil data tahun dengan cara menuliskan langsung, menggunakan referensi sel lain, atau menambahkan rumus fungsi. Apabila kamu telah menguasai dua rumus sebelumnya, sudah pasti bisa dengan mudah menjalankan function ini

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Sebagai contoh pada sel D5 tertulis tanggal 16/08/2022, selanjutnya kamu mengetik rumus =YEAR(B15), maka secara otomatis data yang keluar adalah angka 2022. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan function =TODAY ( ), =NOW ( ), maupun =DATE.

Advertisement

7. Rumus =DAYS di Excel

Rumus ini lebih dari sekadar cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menghitung selisih atau jarak hari diantara dua tanggal. Berapapun banyak data yang kamu miliki, dapat dihitung cepat dengan sekali klik.

cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

Format penulisan rumus ini adalah =DAYS (end_date; start_date). End date berarti tanggal terakhir yang akan kamu hitung, sementara start date berarti hari pertama yang dihitung.

Contoh kasus, sambal kemasan A diproduksi pada tanggal 21/01/2022 dimasukkan ke dalam sel B2. Kemudian tanggal kadaluarsanya adalah 21/03/2022 ditulis pada sel C2. Maka cara menghitung selisihnya adalah dengan rumus =DAYS(C2;B2).

Baca juga: Rumus IF: Pengertian, Contoh dan Cara Menggunakannya

8. Rumus CTRL+; di Excel

Cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel yang terakhir adalah jawaban bagi kamu yang membutuhkan data statis. Artinya, data tanggal tidak akan berubah meski file dibuka kapanpun. Hal ini berbalikan dengan rumus =TODAY ( ).

Berikut langkah penggunaan rumus membuat tanggal otomatis, yaitu:

  • Klik bagian sel yang ingin diisi tanggal.
  • Tekan tombol Ctrl+; pada keyboard, lalu enter.
  • Tanggal hari ini akan otomatis keluar dan bersifat tetap.

Kehadiran perangkat lunak pengolah angka memang sangat memudahkan pekerjaan. Apalagi jika kamu harus dihadapkan dengan data tidak terhingga. Salahsatu contohnya adalah cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel, tanpa perlu rumit.

Keyword utama: cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel

LSI/keyword turunan: cara menambah hari di Excel, cara membuat tanggal berurutan di Excel, mengubah teks menjadi tanggal, rumus membuat tanggal otomatis.

Advertisement

Tinggalkan komentar