Advertisement

Cara membuat huruf depan besar di excel bisa dilakukan dengan mudah. Namun, hal ini sering kali menjadi masalah ketika sedang menyusun format data dengan string maupun tulisan.

Contoh mudahnya ketika sedang membuat data pembukuan penjualan toko, tetapi nama konsumen yang dicantumkan sangat berantakan. Seperti ukuran hurufnya yang tidak sama dan tidak diawali dengan kapital.

Jika ingin merapikannya satu per satu pasti akan memakan waktu banyak dan cukup membuat pusing. Lantas cara seperti apa yang bisa diterapkan di excel untuk merapikan data nama tersebut?

Mengubah Huruf Pertama Jadi Besar Fungsi Proper

Cara membuat huruf depan besar di excel

Cara membuat huruf depan besar di excel  yang pertama dengan memanfaatkan fungsi proper. Pada umumnya, microsoft excel merupakan sistem pengolahan data yang memanfaatkan banyak rumus dan fungsi, salah satunya adalah proper.

Propper digunakan dalam excel untuk mengubah awal huruf dalam sebuah kata menjadi kapital atau besar. Untuk menerapkan fungsi ini, Kamu memerlukan rumus dan pastinya data nama penjualan yang tadinya masih berantakan.

Cara membuat huruf depan besar di excel dengan rumus proper bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Dalam teks nama yang Kamu buah sebelumnya, klik salah satu yang terletak pada bagian atas sendiri.
  • Setelah itu tuliskan rumus seperti ini =PROPER(“teks huruf kecil”) dalam menulis rumus atau fungsi excel jangan lupa menuliskan tanda petik dua (“) sebagai tanda bahwa itu adalah data string.
  • Cara mudah berikutnya bisa dengan menulis rumus seperti ini =PROPER(C2) apabila nama pertama yang ingin Kamu ubah berada di sel C2.

Cara mengubah huruf pertama menjadi kapital menggunakan fungsi proper memang sangat mudah. Ketika menggunakan fungsi ini, Kamu bisa membuat huruf depan menjadi kapital secara otomatis.

Baca juga: Cara Membuat Huruf Pertama Besar di Excel

Mengubah Huruf Pertama Jadi Kapital Fungsi Lower

Cara membuat huruf depan besar di excel dengan cepat berikutnya bisa menggunakan fungsi lower. Fungsi ini digunakan ketika Kamu ingin mengubah huruf pertama dalam excel menjadi kapital dan sisanya tetap kecil.

Untuk masalah seperti ini, maka cara yang bisa Kamu gunakan adalah dengan mengetikkan rumus berikut ini:

=REPLACE(LOWER(A2);1;1;UPPER(LEFT(A2;1)))

Rumus ini digunakan ketika Kamu ingin mengubah keseluruhan huruf menjadi kecil. Pada rumus UPPER LEFT 1 berfungsi untuk mengubah suatu huruf pertama dalam sel menjadi kapital.

Sedangkan fungsi replace di sana merupakan cara membuat huruf depan besar di excel dan hanya karakter pertama saja yang sebelumnya sudah berubah. Fungsi ini merupakan pengganti huruf yang sebelumnya dan akan menjadi lebih mudah.

Dengan kata lain, fungsi lower yang dikombinasikan dengan Uppper dan replace berguna untuk mengubah huruf yang terlanjur besar semua. Kemudian diubah menjadi awalannya kapital dan sisanya tetap huruf kecil.

Mengubah Huruf Pertama Jadi Kapital Fungsi Upper

Cara membuat huruf depan besar di excel adalah menggunakan fungsi upper. Pada rumus yang satu ini, biasanya digunakan ketika teks yang Kamu miliki sudah panjang lantas hanya ingin mengubah huruf pertamanya saja.

Sedangkan sisanya dibiarkan saja seperti sedia kala atau teks aslinya. Kasus seperti ini biasanya digunakan untuk mengubah data string yang tertulis per sel dan panjang sehingga terdapat bagian yang tidak boleh berubah sama sekali.

Cara membuat huruf depan besar di excel dengan fungsi upper, maka Kamu bisa menggunakan rumus berikut ini:

=UPPER(LEFT(C3;1))&BRIGHT(C3;LEN(C3)-1)

Rumus tersebut bisa berguna ketika Kamu ingin mengubah suatu teks yang seperti ini “kelas c3 minggu depan ujian akhir dan siswanya berjumlah 30 orang”. Kemudian yang ingin diubah menjadi kapital hanya pada c3 saja.

Kemudian sisanya harus dibiarkan sesuai teks aslinya, maka Kamu bisa menggunakan rumus upper tersebut. Sebab, pada kata sebelum dan sesudah tulisan c3 tidak akan berubah sama sekali alias sesuai teks aslinya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Rumus Di Excel Agar Tidak Berubah

Mengubah Huruf Pertama Jadi Kapital dengan VBA

Cara membuat huruf depan besar di excel mudah berikutnya adalah dengan memanfaatkan rumus VBA. VBA atau Visual Basic Application merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diciptkan oleh Microsoft Excel.

Bisa dikatakan jika VBA adalah bahasa turunan yang dikembangkan oleg Microsoft untuk mengaplikasikan suatu rumus, program dan sejeninya. Bahasa mudahnya, VBA adalah bahasa pemrograman yang bisa memunculkan suatu fungsi.

Kemudian cara membuat huruf depan besar di excel ternyata juga bisa menggunakan bahasa pemrograman VBA. Setidaknya ada 4 macro yang bisa difungsikan untuk mengubah huruf pertama menjadi kapital di excel.

Supaya lebih mudah, berikut ini langkah kerja yang harus Kamu ikuti sesuai dengan stepnya dan jangan dilewati:

  • Pertama adalah silakan dibuka file excel yang berisikan data dan ingin dirapikan bentuk hurufnya.
  • Kemudian bukan juga VBA atau Visual Basic Editor dengan cara mengklik tab Developer. Cara pintasnya bisa juga menekan tombol ALT + F11 yang betuliskan NumLk.
  • Setelah itu akan terbuka VBE atau Visual Basic Editor dan silakan klik Insert lalu module. Tujuannya adalah untuk menambahkan module pengubahan huruf pertama menjadi kapital.
  • Langkah berikutnya adalah silakan menempelkan atau klik tombol paste untuk menuliskan kode macro VBA pada kolom Visual Basic Editor yang telah terbuka sebelumnya.
Cara membuat huruf depan besar di excel
  • Kemudian silakan simpan dan kembali lagi ke lembar kerja atau worksheet yang sebelumnya sudah Kamu buka.
  • Setelah itu, buka kembali Visual Basic Editoe yang sudah disimpan dengan menekan ALT + F11. Kemudian jalankan macro VBA dengan mengklik Run Macro atau bisa juga langsung menggunakan tombol F5.
  • Sebelumnya, dalam macro yang dicontohkan pada gambar di atas terdapat 4 jenis macro Visual Basic Application
    Advertisement
    (VBA). Kamu bisa memilih salah satu saja dan keempatnya.
  • Jika Kamu penasaran dengan hasilnya, maka bisa mencobanya satu persatu dan cek perubahan huruf pertama yang Kamu inginkan.

Sebenarnya pada macro pertama merupakan fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf awal pada kata yang ada di data Kamu menjadi kapital dan huruf berikutnya tetap kecil sesuai teks aslinya.

Pada macro kedua berfungsi untuk mengubah huruf kapital pada huruf pertama saja dan sisanya tetap seperti semula atau tidak merubah yang ada dalam string sama sekali.

Macro ketiga sama dengan fungsi upper yang menyatakan jika huruf pertama saja yang akan berubah sedangkan sisanya tetap kecil atau seperti semula. Kemudian untuk macro keempat bisa memilih range yang ingin diubah.

Misalnya saja kamu ingin mengubah huruf pertama semua kata tetapi hanya range tertentu, maka bisa memilih macro VBA keempat. Jadi, pemilihan macronya bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Setidaknya ada 4 cara untuk mengubah huruf dalam Microsoft Excel. Meskipun semuanya menggunakan rumus tetapi justru lebih mudah dan simpel karena tidak perlu mengganti manual.

Maka dari itu, dalam penulisan data di excel dan jika ingin merapikannya setidaknya Kamu harus tahu dasar-dasar rumusnya. Contohnya seperti cara membuat huruf depan besar di excel dan hal ini akan mempermudah pekerjaan Kamu.

Advertisement

Tinggalkan komentar