Cara Membuat Huruf Kapital di Excel dengan 3 Fungsi

Beranda » Cara Membuat Huruf Kapital di Excel dengan 3 Fungsi
Advertisement

Apakah kamu sedang mencari pembahasan tentang bagaimana cara membuat huruf kapital di Excel? Jika ya, maka artikel kali ini sangat tepat.

Kamu dapat mempelajari beberapa cara untuk membuat huruf menjadi kapital, menggunakan beberapa fungsi secara khusus. Cara ini tentu saja wajib dipahami secara baik, dengan begitu maka kamu pun bisa mengubah dan membuat huruf kapital secara otomatis. Jadi lebih praktis.

Mengenal 3 Jenis Fungsi Membuat Huruf Kapital di Excel

Nah, karena Excel ini berbeda dengan Microsoft Word. Yang mana pengolahan data di dalamnya dipastikan menggunakan banyak fungsi. Maka kamu sebagai pengguna Excel yang ingin membuat huruf kapital, harus mengenali terlebih dahulu fungsi yang akan digunakan.

Itulah sebabnya, mengapa Excel dilengkapi dengan banyak fungsi kapitalisasi yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pengolahan data.

Berdasarkan pada halaman Support Microsoft, fungsi tersebut menjadi rumus bawaan yang dirancang secara khusus untuk menyelesaikan tugas tertentu. Dalam hal ini pun mengonversi huruf teks.

Untuk dapat membuat huruf kapital yang sedang dibahas pada kesempatan sekarang, ternyata terdapat tiga jenis fungsi yang bisa kamu pahami. Nah, apa saja fungsi-fungsi tersebut?

1. Fungsi UPPER

Jenis fungsi pertama, ternyata umum digunakan untuk dapat mengubah semua huruf atau teks menjadi besar. Atau menjadi kapital secara keseluruhan.

Selain huruf, fungsi ini ternyata tidak bisa digunakan untuk membuat karakter lain menjadi kapital. Jadi memang khusus untuk membuat karakter huruf menjadi kapital saja.

2. Fungsi LOWER

LOWER dapat digunakan untuk dapat mengubah semua karakter huruf dalam teks menjadi kecil. Jadi kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk mengubah setiap huruf kapital, menjadi kecil secara keseluruhan.

3. Fungsi PROPER

Kemudian fungsi PROPER digunakan untuk dapat membuat huruf kapital di awal pada setiap kata. Jadi fungsi dari jenis ini, adalah dengan sistem Capitalize Each Word. Setiap kata yang menggunakan fungsi ini, awal katanya akan kapital secara otomatis.

Nah, itulah beberapa fungsi yang harus kamu pahami terlebih dahulu agar dapat mengaplikasikan tentang bagaimana cara membuat huruf kapital di Excel. Dengan memahami tiga fungsi tersebut, maka kamu bisa membuat kapital secara otomatis. Secara praktis, pun lebih sederhana.

Agar lebih jelas lagi pengaplikasian fungsi-fungsi untuk membuat huruf menjadi kapital. Kamu bisa langsung simak beberapa contoh penggunaannya pada pembahasan berikutnya. Pun pastikan agar dapat dibaca, serta dipahami secara baik.

Cara Membuat Huruf Kapital di Excel dengan Fungsi UPPER

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa fungsi UPPER dapat digunakan untuk mengubah huruf menjadi kapital semuanya. Untuk tahu bagaimana penggunaannya, yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini.

 AB
1bantal merah=UPPER(A1)
2bantal putih=UPPER(A2)

Ketika data tersebut menggunakan fungsi UPPER seperti keterangan di atas, maka hasil dari fungsi UPPER tersebut akan menjadi:

 AB
1bantal merahBANTAL MERAH
2aantal putihBANTAL PUTIH

Agar dapat memudahkan penggunaan fungsi tersebut, maka kamu tinggal mengetikkan rumus di salah satu baris saja. Lebih tepatnya di baris pertama. Dengan contoh:

 AB
1bantal merah=UPPER(A1)
2bantal putih 

Agar fungsinya dapat bekerja secara otomatis, maka kamu bisa langsung menyeret ke bagian bawah. Dengan menggunakan ikon plus kecil di sel B1. Dengan begitu, maka data lain di bawahnya akan ikut berubah menjadi kapital secara keseluruhan.

Cara Membuat Huruf Kapital di Excel dengan Fungsi LOWER

Fungsi LOWER bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi non kapital secara keseluruhan. Fungsi ini tentu saja berbeda dengan UPPER, yang mana UPPER sendiri akan mengubah semua kata menjadi kapital.

Untuk contoh lebih jelas penggunaan fungsinya bagaimana, yuk bisa langsung simak penjelasan berikutnya sampai selesai.

 AB
1BANTAL MERAH=LOWER(A1)
2BANTAL PUTIH=LOWER(A2)

Ketika data tersebut menggunakan fungsi LOWER seperti keterangan di atas, maka hasil dari fungsi LOWER tersebut akan menjadi:

Advertisement
 AB
1BANTAL MERAHbantal merah
2BANTAL PUTIHbantal putih

Agar dapat memudahkan penggunaan fungsi LOWER tersebut, kamu sebagai pengguna hanya tinggal mengetikkan rumus di salah satu baris atau sel saka. Lebih tepatnya baris pertama, dengan contoh seperti berikut:

 AB
1BANTAL MERAH=LOWER(A1)
2BANTAL PUTIH 

Agar fungsi LOWER dapat bekerja secara otomatis, maka kamu bisa langsung menyeret bagian bawah. Tepatnya pojok kanan bawah sel B1. Nanti akan ada ikon plus kecil. Dengan begitu, maka data lain di bawahnya akan ikut berubah. Menjadi huruf kecil secara keseluruhan.

Cara Membuat Huruf Kapital di Excel dengan Fungsi PROPER

Fungsi PROPER bisa digunakan untuk dapat mengubah huruf kapital menjadi kapital di awal huruf atau diawal kata saja. Jenis fungsi ini tentu saja berbeda dengan dua fungsi sebelumnya, untuk lebih jelasnya bagaimana. Boleh langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 AB
1BANTAL MERAH=PROPER(A1)
2BANTAL PUTIH=PROPER(A2)

Disaat data tersebut menggunakan fungsi PROPER, maka hasil dari fungsinya akan menjadi seperti di bawah ini.

 AB
1BANTAL MERAHBantal Merah
2BANTAL PUTIHBantal Putih                                 

Agar dapat memudahkan kamu untuk menggunakan fungsi PROPER lebih praktis, kamu sebagai pengguna hanya tinggal mengetikkan satu kali fungsi saja. Hanya di satu sel, lebih tepatnya di satu sel B1 saja. Untuk lebih jelasnya seperti apa, simak penjelasan di bawah ini agar paham.

 AB
1BANTAL MERAH=PROPER(A1)
2BANTAL PUTIH 

Agar fungsinya dapat bekerja secara otomatis, letakkan kursor kamu di bagian sel B1. Nanti dibagian pojok kanan bawah sel, akan ada ikon plus kecil. Seret ikon tersebut kebagian bawah, hingga beberapa sel lain juga ikut berubah.

Nah, itulah penjelasan tentang bagaimana cara membuat huruf kapital di Excel dengan menggunakan beberapa rumus dan fungsi yang sederhana.

Kamu dapat menggunakan dan mengaplikasikan fungsi tersebut untuk mempermudah pengolahan dan pengerjaan lembar kerja di Excel. Namun pastikan agar setiap fungsi dan data yang dimasukkan bisa dilakukan dengan baik. Agar hasil dari pengerjaannya tidak error.

Sebagai informasi saja, bahwa ternyata untuk membuat huruf menjadi kapital. Tidak hanya sekadar bisa menggunakan fungsi di atas. Kamu dapat menggunakan sistem VBA Macro.

Mengenal VBA Macro untuk Membuat Huruf Kapital di Excel

VBA merupakan Command Button, atau bisa memberikan perintah pada sistem Excel. Termasuk dengan mengubah susunan huruf pada tabel data menjadi kapital. Atau bahkan sebaliknya.

Hal ini membutuhkan kode khusus, juga menggunakan opsi Module. Kiranya cara ini harus dipelajari lebih lanjut, sebab penggunaan kode yang diinput harus benar juga harus tepat.

FAQ│ Pertanyaan Tentang Cara Membuat Huruf Kapital di Excel

Apakah Cara di Atas Berlaku untuk Semua Versi Microsoft Excel?

Ya, berlaku.

Apakah Panduan dan Cara di Atas juga Berlaku untuk Semua Jenis Windows?

Jelas berlaku. Namun bisa dipastikan, semua panduan di atas tidak ada hubungannya dengan OS laptop.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.