Advertisement

Ternyata, meski sering menggunakan excel banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuat huruf pertama besar di excel lho! Mungkin termasuk kamu? Jika iya, pas banget.

Pada ulasan kali ini, kamu akan menemukan jawabannya. Simak beberapa langkah yang bisa kamu ikuti berikut ini ya.

Function untuk Merubah Huruf menjadi Huruf Kapital dan Kecil di Excel

Sebelum membahas mengenai cara membuat huruf pertama besar di excel, kamu terlebih dahulu harus tahu bagaimana merubah huruf menjadi kapital maupun kecil di excel. Tentunya dengan menggunakan function yang ada pada excel.

Dalam kebutuhan mengubah huruf kapital atau kecil dalam teks, microsoft excel merupakan perangkat yang telah menyediakan caranya. Kamu bisa gunakan perangkat lunak ini dengan beberapa fungsi di dalamnya.

Beberapa fungsi yang akan kamu gunakan untuk memulai praktik mengubah huruf yakni seperti Upper, Proper, dan Lower. Hal ini tentu berbeda dengan microsoft word yang untuk mengubah kapital bisa dilakukan tanpa function dan rumus.

Dengan menggunakan function pada microsoft excel, kamu akan memanfaatkan beberapa fungsi yang diantaranya yakni :

1. Upper

Upper ialah jenis fungsi yang telah disediakan pada microsoft excel dengan kegunakan untuk mengubah seluruh huruf kecil pada teks menjadi huruf kapital.

Seperti pada contohnya kentang menjadi KENTANG, wortel menjadi WORTEL, tahu menjadi TAHU dan seterusnya hingga semua data yang tadinya terdapat huruf kecilnya semua akan berubah menjadi huruf kapital.

Fungsi ini tidak sembarang dipakai untuk cara membuat huruf pertama besar di excel.

2. Lower

Berbeda dengan Upper, lower ialah jenis fungsi yang telah disediakan pada microsoft excel dengan kegunakan untuk mengubah seluruh huruf kapital dalam teks menjadi huruf kecil.

Seperti pada contohnya KENTANG menjadi kentang, WORTEL menjadi wortel, TAHU menjadi tahu dan seterusnya hingga semua huruf dalam teks berubah menjadi huruf kapital seluruhnya.

Fungsi ini ini juga tidak bisa sembarang dipakai untuk cara membuat huruf pertama besar di excel.

Baca juga: Cara Membuat Grafik Bergerak di Excel

3. Proper

Proper ialah jenis fungsi yang telah disediakan pada microsoft excel dengan kegunaan untuk membuat huruf pertama dalam teks menjadi huruf kapital dan dilanjutkan dengan huruf kecil pada selain huruf pertama.

Seperti pada contohnya kentang menjadi Kentang, wortel menjadi Wortel, tahu menjadi Tahu dan seterusnya. Ini akan memudahkan pengguna untuk mengubah seluruh huruf pada teks tanpa melakukan secara manual.

Tentu, hal ini merupakan langkah dasar yang akan sangat membantu bagi kamu untuk memulai praktik membuat huruf pertama kapital otomatis di excel.

Meski terdapat beberapa fungsi untuk memudahkan penggantian huruf, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat huruf pertama besar di excel tanpa rumus lho! Ini dia.

Cara Membuat Huruf Pertama Besar Di Excel Tanpa Rumus

Jika pada microsoft word kamu dapat mengubah huruf kecil menjadi kapital dengan sangat mudah, tentunya kamu juga dapat melakukan hal yang sama pada microsoft excel dengan menggunakan keyboard shortcut SHIFT+F3.

Selain dari itu, ternayata kamu juga bisa gunakan Flash Fill yang tersedia hanya pada microsoft excel versi 2013 ya!. namun jika kamu tidak memiliki yang versi ini jangan khawatir.

Kamu bisa lakukan beberapa langkah di bawah untuk mempraktikkan cara membuat huruf pertama besar di excel tanpa rumus.

  • Siapkan lembar kerja pada microsoft excel kamu
  • Buka data yang akan kamu edit
  • Pada kolom B1, tulislah secara manual dengan huruf besar pada awal kata seperti contoh “Belajar Excel dengan Mudah”
  • Klik pada tab DATA > Flash Fill
  • Dengan otomatis, data mulai dari cell B2 ke B3 akan berubah menjadi tuilisan dengan huruf kapital di awal.

Jika kamu ingin membuat huruf kapital seluruhnya, kamu bisa lakukan 3 langkah mudah seperti ini.

  • Tulislah secara manual dengan huruf besar pada awal kata seperti contoh “Belajar Excel dengan Mudah” pada cell B5
  • Klik pada tab DATA > Flash Fill
  • Maka dengan otomatis, hasilnya akan berubah dengan huruf kapital pada keseluruhan data.

Setelah mengetahui cara membuat huruf pertama besar di excel tanpa rumus, sekarang coba simak cara kedua yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan rumus fungsi pada lembar kerja excelmu.

Baca juga:  Cara Membuat Rumus Di Excel Agar Tidak Berubah

Cara Membuat Huruf Pertama Besar di Excel dengan Rumus

Berbeda dengan microsoft word yang tidak perlu menggunakan rumus dalam mengganti huruf pada suatu teks. Untuk mengubah huruf pada microsoft excel kamu perlu sedikit berusaha karena penggunaan rumus yang sedikit rumit.

Meski bisa dikatakan sedikit rumit, bukan berarti ini sangat sulit untuk dilakukan ya! berikut ini akan dipaparkan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Tapi sebelum itu, simak beberapa penjelasan berikut ini ya.

Fungsi Mengganti Huruf Kapital pada Awal Kata Keseluruhan Teks

cara membuat huruf pertama besar di excel

Pada beberapa kebutuhan editing, pengolahan dan analisis data, tentu data yang dimasukkan sangat beragam bukan ?

Pasalnya, saat orang menggunakan microsoft excel, tentu data yang yang di olah merupakan data statistik baik nominal, rasio atau beberapa data lainnya.

Data yang dimasukkan seringkali merupakan data yang berisi teks nama orang, nama kota, jumlah, nilai atau frekuensi dari sesuatu. Biasanya, data ini masih belum berupa teks dengan ejaan yang benar.

Kegunaan dari penggantian huruf besar pertama pada teks adalah untuk menyempurnakan ejaan teks secara benar dan tepat. Seringkali cara ini digunakan untuk mengganti format nama atau nama kota.

Advertisement

Jika seperti itu, maka penting untuk kamu mengetahui cara membuat huruf pertama besar di excel.

Langkah Cara Membuat Huruf Pertama Besar di Excel dengan Mudah

Apakah kamu masih kesulitan dalam membuat huruf pertama besar pada lembar kerja excel ? jika iya, kamu perlu memperhatikan sedikit ulasan berikut ini untuk menuntun kamu mempraktikkannya agar dapat melakukan dengan mudah ya!

Yang perlu kamu tahu ialah, bahwa jika kamu ingin mengubah huruf kecil menjadi besar kamu bisa gunakan fungsi yang telah tersedia pada excel yakni fungsi nama.

Cara membuat huruf kapital atau huruf besar pada lembar kerja excel ini hanya digunakan untuk mengubah huruf pertama saja ya!

Berikut merupakan langkah yang bisa kamu ikuti untuk membantumu mengubah huruf besar pertama secara otomatis. Simak selengkapnya!

Baca juga: Cara Mengunci Kolom di Excel Agar Tidak Bergeser

cara membuat huruf pertama besar di excel
  • Siapkan data dengan masuk terlebih dahulu ke teks kolom mana yang akan kamu ubah hurufnya menjadi kapital
  • Gunakan fungsi agar dapat mengkapitalkan huruf yang ada pada kolom A dan B
  • Arahkan kursor pada cell B1 dan klik tombol formula (fx)
  • Tulislah, rumus =PROPER(A1) pada kolom formula
  • Tekan enter, dan perhatikan apakah pada cell B1 huruf telah berubah menjadi kapital atau belum
  • Jika sudah, lakukan drag kolom B1 ke bawah sehingga setiap cell pada kolom A berubah secara otomatis
  • Kamu bisa paste values agar semua cell pada kolom B sebelum kamu menghapus kolom A

Setelah mengetahui beberapa langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, ada baiknya jika kamu memulai untuk mempraktikkan bagaiamana cara membuat huruf pertama besar di excel.

Advertisement

Tinggalkan komentar