Cara Membuat ID Card di Word 2010

Beranda » Cara Membuat ID Card di Word 2010

Cara membuat ID Card di word 2010 itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Lewat pembuatan yang sangat sederhana, ID Card bisa dihasilkan. Maka dari itu, perhatikan terus bagaimana cara membuat sebuah ID Card lewat program Microsoft Word 2010.

Bikin ID Card memang bisa dilakukan dengan word 2010. Lewat semua cara yang sederhana, desain ID Card yang bagus pasti bisa dihasilkan. Karenanya, usahakan paham cara membuatnya. Berikut ini adalah tata cara membuat ID Card di word 2010.

Tata Cara Membuat ID Card di Word 2010

Cara untuk membuat desain ID Card di word 2010 itu tak begitu sulit. Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat ID Card pada lembar kerja word. Ini dia tata cara membuat ID Card yang bagus di lembar kerja word 2010.

1. Buka File Baru

Langkah pertama adalah membuka dokumen baru untuk membuat ID Card. Klik aplikasi Microsoft Word lalu pilih dokumen baru berupa business cards.

2. Pilih Template

Setelah memilih opsi business cards, akan muncul sejumlah opsi template. Pilihlah template yang paling tepat dan sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik template untuk proses berikutnya.

3. Atur Desain

Ketika lembar kerja baru itu sudah terbuka, maka tinggal mengatur desain ID Card tersebut. Pengguna bisa mengatur warna pada template yang sudah dipilih tersebut.

4. Tambahkan Gambar atau Foto

Untuk membuat ID Card jadi lebih bagus, tambahkan gambar atau foto. Tinggal klik insert lalu tambahkan shape atau upload foto dari PC atau komputer.

5. Berikan Keterangan

Jangan lupa isi ID Card dengan sejumlah keterangan. Mulai dari keterangan nama, kode, hingga status. Semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

6. Cetak Sesuai Ukuran

Langkah terakhir adalah mencetak ID Card sesuai dengan ukuran. Cetaklah ID Card dengan ukuran yang standar. Kalau semuanya telah dilakukan, desain ID Card dengan template word bisa dicetak.

Elemen Penting dalam Sebuah ID Card

Ada elemen – elemen penting yang harus dimunculkan pada sebuah ID Card. Semua elemen itu harus diperhatikan secara baik agar ID Card jadi bagus dan informatif. Berikut ini adalah beberapa elemen penting untuk membuat ID Card di word 2010.

1. Keterangan Penggunaan ID Card

Salah satu elemen penting yang harus selalu ada adalah keterangan penggunaan ID Card. Di Indonesia, biasanya ditambahkan keterangan “Panita” atau “Tamu”. Keterangan itu sangat penting untuk ditambahkan supaya pemakaian ID Card jadi lebih jelas.

2. Nama atau Status ID Card

Berikutnya adalah keterangan nama atua status ID Card. Berilah informasi di ID Card tersebut akan dipakai jadi apa. Misalnya ada keterangan “Crew”, “Artist”, “Sponsor” dan lainnya. Semua harus ditunjukkan pada lembar ID Card agar jelas informasinya.

3. Logo Tertentu

Menambahkan logo tertentu juga merupakan hal penting pada ID Card. Elemen logo yang dibuat itu akan bikin tampilan ID Card jadi lebih baik. Ketika membuat ID Card untuk acara konser misalnya, logo dari EO atau acara harus ditunjukkan dengan tepat.

4. Kode Huruf atau Angka Tertentu

Pemberian kode huruf atau angka tertentu juga jadi elemen yang penting. Adanya kode huruf dan angka tertentu tersebut memang harus ditambahkan untuk beri keterangan tambahan. Kode huruf dan angka itu biasanya mengatur sampai tempat mana pengguna bisa memanfaatkan ID Card.

Tips Membuat ID Card di Word 2010

Terdapat sejumlah tips dalam membuat ID Card di lembar kerja word 2010. Dengan sejumlah tips yang tepat, ID Card yang dibuat pada word akan semakin bagus. Ini dia beberapa tips terbaik dalam membuat ID Card di lembar kerja word 2010.

1. Buat Konsep Desain yang Menarik

Salah satu tips dalam membuat ID Card di Word 2010 adalah bikin konsep desain yang menarik. Membuat konsep desain yang sangat bagus dan menarik itu akan berdampak pada ID Card yang dibuat. Mengutamakan konsep desain yang menarik akan memudahkan pembuatan ID Card.

2. Perhatikan Tata Letak Informasi

Memperhatikan tata letak informasi dari ID Card itu juga tak kalah pentingnya. Dengan mengatur tata letak dari informasi yang ditunjukkan, ID Card akan lebih gampang dimengerti. Saat menata letak informasi dengan tepat, maka ID Card akan bisa lebih dipahami oleh banyak orang.

3. Jangan Terlalu Banyak Mencampurkan Warna

Warna yang ditambahkan ke dalam ID Card juga harus mendapatkan perhatian khusus. Sebaiknya jangan terlalu banyak mencampurkan warna ke ID Card yang dibuat pada word 2010. Ketika warna banyak dicampurkan, maka ID Card bisa terlihat jelek secara estetika.

4. Tambahkan Logo atau Foto Jika Perlu

Menambahkan logo atau foto itu juga bisa dilakukan, meski opsional. Jika mau ID Card terlihat lebih bagus, logo ataupun foto memang perlu ditambahkan. Buat acara yang besar, maka sebaiknya lengkapi dengan foto supaya lebih resmi dan juga elegan.

FAQ | Cara Membuat ID Card di Word 2010

Apakah bisa bikin ID Card di word 2010?

Bisa. Sudah tersedia tools yang bisa digunakan untuk bikin ID Card di Word 2010.

Apa keuntungan membuat ID Card di word 2010?

Bisa membuat ID Card dengan desain sederhana secara cepat dan mudah.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.