Cara Membuat ID Card di Word [Template dan Tabel]

Mengenai bagaimana cara membuat ID card di Word ternyata sangat sederhana, bisa diaplikasikan untuk membuat ID card jenis apapun.

Baik itu ID Card untuk kegiatan di sekolah, kampus, atau bahkan tempat kamu bekerja. Yang terpenting adalah kamu ingat hal apa saja yang harus ada di dalam ID Cardnya, lalu mendesainnya dengan baik. Agar nampak lebih menarik. Lebih rapi. Bagaimana caranya?

Cara Membuat ID Card di Word dengan Memanfaatkan Template

Template merupakan salah satu fitur bawaan yang dihadirkan oleh Ms. Word bagi para pengguna. Agar bisa lebih mudah dan gampang dalam menyelesaikan pengolahan datanya, termasuk dengan pengolahan data membuat ID card.

Untuk tahu bagaimana cara membuatnya, dan memanfaatkan template sebagai fitur defaultnya. Yuk simak langsung pembahasan berikut ini, dan pastikan untuk memahaminya dengan baik.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Ms. Word di komputer atau laptop yang sekarang digunakan
  2. Berikutnya klik menu File, dan pilih New untuk membuat lembaran baru. Atau bisa juga menggunakan shortcut CTRL+N, dan sistem secara otomatis akan membuka halaman baru
  3. Selanjutnya pilih Business Cards
  4. Dengan perintah dan menu tersebut, sistem akan memunculkan dan menampilkan banyak pilihan template kartu nama dalam bentuk berbeda. Mulai dari bentuk horizontal, juga dalam bentuk vertikal
  5. Tentukan dan pilih template yang diinginkan
  6. Pilih template yang memang paling sesuai dengan tujuan kamu membuat ID cardnya
  7. Jika sudah, klik Create atau klik keterangan Download untuk membuka template yang dipilih
  8. Berikutnya hanya tinggal mengisi informasi atau data yang perlu di dalam kartunya.

Nah, tentang cara membuat ID Card di Word ini biasanya hanya perlu dilanjutkan dengan mengisi data. Atau informasi pada kartu nama pertama saja. Setelah itu, maka secara otomatis seluruh kartu nama akan terisi dengan form. Atau data yang seragam.

Walaupun sudah memilih template yang disenangi, kamu tetap dapat mengubah banyak desain sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran font, gambar, warna, tata letak data, atau bahkan yang lainnya.

Jika ID card dibuat diperuntukkan bagi keperluan perusahaan, atau organisasi dan lainnya. Maka jangan lupa untuk memasukkan logo perusahaan, atau bisnis yang sedang dijalani. Hal ini diaplikasikan agar ID card bisa nampak lebih profesional.

Pastikan semua komponen, elemen data yang harus dimasukkan sudah lengkap. Tersusun secara rapi. Dengan begitu, maka kamu tinggal mencetak ID card tersebut dan siap untuk menggunakannya.

Cara Membuat ID Card di Word dengan dengan Fitur Insert Tabel

Selain secara otomatis dengan memanfaatkan fitur template dari word, ternyata pengguna juga bisa membuat ID card secara manual. Dengan memanfaatkan tabel yang ada di menu insert, dan menu tersebut pun kiranya sudah kamu ketahui.

Dan untuk tahu bagaimana caranya menggunakan tabel bisa menjadi ID card, yuk langsung simak pembahasan di bawah ini.

1. Mempersiapkan Dokumen. 

Pertama, buka terlebih dahulu Ms. Word di laptop atau PC kamu.

2. Buka Page Layout

Berikutnya buka tab menu Page Layout terlebih dahulu untuk mengatur marginsnya.

3. Menentukan Batas Kertas

Jika jendela pengaturan margin sudah ditampilkan, maka di pilihan batas kertas pilih saja Narrow.

4. Buka Insert

Bila sudah dilakukan perintah tersebut, lanjutkan prosesnya dengan membuat tabel dengan panjang 5 sel serta lebarnya 2 sel. Perintah dan langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan tab menu Insert.

5. Membuka Tabel Properties

Cara ini bisa dilakukan dengan klik kanan pada kursor tepat dibagian pojok kiri atas tabel. Lalu pilihan menu Table Properties bisa kamu temukan.

Tambahannya, agar dapat memudahkan saat meratakan informasi di ID card atau datanya. Maka atur tata letak tabel dengan menggunakan pilihan Center.

6. Memilih Row

Jika jendela Tabel Properties sudah ditampilkan, maka klik langsung tab Row dan centang pada kotak keterangan Specify Height. Masukkan ukuran 2” dan kemudian pilih Exactly pada kolom Row Height is yang sudah disediakan.

7. Klik Tab Column

Setelah perintah sebelumnya dilakukan, lanjutkan prosesnya dengan mengklik tab Column dan mencentang keterangan kotak “Preferred Width” dan masukkan ukuran 3.”. Jika sudah, maka pilih keterangan Exactly pada kolom keterangan Measure In.

8. Sesuaikan Ukuran Tabel                                  

Jika kamu ingin kembali mengatur ukuran tabel, maka tinggal klik kanan dan kembali pada bagian pojok kiri atas tabel. Dengan memilih menu AutoFit, lanjutkan dengan memilih Fixed Column Width.

Tujuannya agar ukuran tabel tidak berubah saat kamu memasukkan data atau informasi kartu identitas di dalamnya.

9. Memasukkan Data

Berikutnya, langsung masukkan data atau informasi yang ingin dicantumkan di dalam kartu. Kamu dapat memilih jenis serta ukuran font sesuai kebutuhan. Warna, atau bahkan desain lain menggunakan tools tersedia.

Pastikan agar informasi data pada setiap sel tabel diisi dengan baik, dan kamu pun dapat menyalin atau memindahkannya ke sel lain. Dan pastikan agar informasi pada kartu tidak ada kesalahan ya.

10. Pilih Menu Borders and Shading

Langkah ini dilakukan agar garis batas tabel, atau sel tidak terlihat saat kartu dipotong. Caranya dengan klik kanan dibagian tabel menggunakan Mouse, kemudian kembali ke Table Properties dan pilih menu Borders and Shading. Untuk menghilangkan garisnya, bisa pilih None.

11. Print

Jika semua isi data pada ID card dipastikan benar, sudah lengkap tanpa kesalahan. Maka tinggal klik menu File dan klik sub menu Print.

Di sini kamu tidak hanya bisa langsung melakukan print, namun bisa melihat pratinjau data ID card sebelum pencetakan dilakukan. Dan pada proses ini, kamu bisa memastikan lagi bahwa semua informasi dan elemen di kartunya tidak ada kesalahan lagi.

Hal yang Diperlukan untuk Membuat ID Card di Word

Sebelum melakukan pembuatan ID Card, maka pastikan agar kamu dapat mempersiapkan beberapa elemen. Atau beberapa hal terlebih dahulu, tujuannya agar ID card bisa dibuat sempurna.

1. Data Diri

Karena untuk keperluan identitas, kemudian biasanya ID card tidak dibuat satuan. Maka pastikan kamu sudah mempersiapkan data diri secara lengkap dari penerima dan pengguna kartunya.

Mungkin kamu sudah hafal namanya, namun untuk beberapa elemen atau data lain. Harus ditanyakan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan, atau meminta data kepada admin perusahaan. Atau meminta langsung kepada yang bersangkutan.

2. Template Desain

Jika sebuah perusahaan atau organisasi yang sudah lama berdiri, mungkin memiliki template desain yang sudah ada. Walaupun belum ada, mungkin kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang.

3. Logo

Ya, bagian paling penting dalam ID card adalah Logo. Dan hal ini menjadi pembeda antara ID card atau dengan ID card dari organisasi lain. Dengannya, maka ID card yang dibuat jadi lebih resmi, serta profesional.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat ID Card di Word

Apakah Pembuatan ID Card di Word Harus dengan Koneksi Internet?

Jika menggunakan metode template, iya harus menggunakan jaringan.

Apakah Pembuatan ID Card di Word Bisa Di Copy dan Paste?

Ya, bisa.

Tinggalkan komentar