Cara Membuat Kop Surat di Word 2010

Beranda ยป Cara Membuat Kop Surat di Word 2010
Advertisement

Cara membuat kop surat di word 2010 dapat dilakukan dengan mudah. Kalau memahami cara bikin kop surat yang sesuai, segalanya akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, selalu pahami bagaimanakah cara paling tepat untuk bikin kop surat di word versi 2010.

Kop surat adalah sesuatu yang penting dalam kirim mengirim surat secara resmi. Adanya kop surat membuat semuanya jadi serba resmi. Lalu, seperti apa cara membuat kop surat di word 2010 dengan tepat? Berikut ini adalah tata cara buat kop surat di word 2010 dengan mudah.

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Word 2010

Pertama adalah panduan dalam membuat kop surat resmi untuk instansi pemerintah. Instansi pemerintah memang punya standar tersendiri dalam hal kop surat. Berikut ini adalah tata membuat kop surat resmi di word 2010.

1. Buka Lembar Kerja Baru di Word

Ketika mau bikin kop surat di word, maka bukalah dulu lembar kerja baru. Buka software Microsoft Word dan buka dokumen baru.

2. Aktifkan Menu Header & Footer

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan menu header dan footer. Klik tab tata letak di menu word lalu lanjutkan dengan klik header & footer.

3. Mulai Tuliskan Informasi di Header

Setelah header aktif, maka mulailah tulis informasi yang dibutuhkan. Mulai dari nama instansi, alamat, sampai dengan kontak. Tempatkan paragraf agak ke kanan.

4. Tambahkan Garis dan Logo Instansi

Setelahnya jangan sampai lupa untuk tambahkan garis sebagai pemisah antara header dan body. Tambahkan juga logo instansi. Setelah selesai, jangan lupa untuk simpan perubahan.

Cara Membuat Kop Surat Professional Kekinian

Ada pula cara membuat kop surat versi professional untuk perusahaan swasta, start up, hingga NGO. Semuanya bisa diatur agar lebih bagus dan menawan. Berikut ini adalah tata cara membuat kop surat professional kekinian.

1. Buka Dokumen Baru di Word

Pembuatan kop surat yang professional adalah membuka dokumen baru di word. Pastikan langsung buka lembar kerja baru pada Word 2010 yang ada di laptop dan PC.

Advertisement

2. Masuk ke Menu Header & Footer

Langkah berikutnya adalah masuk ke menu header dan footer. Klik menu tata letak yang ada di word dan pilih langsung opsi header & footer.

3. Tulis Informasi Nama Perusahan dan Alamat

Selanjutnya adalah menuliskan informasi nama perusahan dan juga alamat. Keduanya harus ditambahkan untuk memperjalan kop surat.

4. Tambakan Logo

Kemudian untuk mempercantik kop surat, jangan lupa untuk tambahkan logo. Tambahan logo tersebut memang berguna agar kop surat menjadi lebih pro.

Informasi yang Wajib Ada pada Kop Surat

Ketahuilah juga apa saja informasi yang ada pada kop surat. Ketika membuat kop surat, sejumlah informasi penting memang harus ditambahkan. Berikut ini beberapa informasi yang wajib ada di sebuah kop surat.

1. Nama Instansi atau Perusahaan

Informasi yang harus selalu ada di kop surat adalah nama instansi atau perusahaan. Keberadaan nama instansi dan perusahaan itu memang sangat penting untuk mengetahui dari mana undangan atau surat itu berasal.

2. Alamat

Informasi lain yang harus ditujukkan pada kop surat adalah alamat dari instansi atua perusahaan. Alamat ini memang jadi sesuatu yang wajib ada. Sehingga, alamat memang jadi sesuatu yang penting dan krusial.

3. Kontak

Kontak yang aktif dan bisa dihubungi merupakan informasi penting lainnya yang juga harus selalu ada. Keberadaan kontak tersebut memang penting agar proses membalas surat atau hubungi pihak lain bisa berlangsung dengan lebih mudah.

4. Logo

Informasi logo juga penting untuk ditambahkan. Ini juga merupakan informasi yang perlu ditambahkan pulsa pada kop surat. Ini adalah sesuatu yang perlu ditunjukkan agar kop surat lebih professional.

Tips Membuat Kop Surat Lebih Menarik di Word 2010

Ada beberapa tips dalam membuat kop surat menjadi lebih menarik di word 2010. Semua tips ini memang harus diperhatikan secara baik dari awal. Berikut ini beberapa tips dalam membuat kop surat jadi lebih menarik di word 2010.

1. Selalu Tambahkan Logo

Salah satu tips dalam buat kop surat lebih menarik adalah menambahkan logo. Tambahan logo pada kop surat memang akan membuat kop surat akan terlihat lebih bagus dan pro. Jadi, sangat penting untuk menambahkan logo instansi atau perusahaan.

2. Buat Garis Pemisah

Buatlah garis yang memisahkan antara kop dengan body. Ini adalah tips dalam membuat kop surat lebih menarik di Microsoft Word 2010. Garis pemisah ini cocok digunakan pada surat atau undangan yang akan digunakan untuk kirim ke instansi.

3. Rapikan Baris Tulisan

Rapikanlah baris tulisan dengan baik dan benar. Ini adalah tips yang membuat kop surat jadi terlihat lebih pro. Sehingga, jangan sampai tulisan yang ada di kop surat itu berantakan. Semuanya haru sesuai agar kop bisa terlihat lebih menarik.

4. Tambahkan Email Kalau Ada

Tambahkan email untuk membuat kop surat jadi lebih lengkap. Ketika menambahkan email pada kop surat, sebuah perusahaan akan terlihat lebih pro. Itulah kenapa disarankan untuk menambahkan email jika memang ada.

FAQ | Cara Membuat Kop Surat di Word 2010

Sulitkah membuat kop surat di Word 2010?

Tidak sulit karena prosesnya sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa ribet sama sekali.

Apakah surat resmi harus mempunyai kop surat?

Surat resmi untuk pemerintahan atau instansi resmi memang wajib menggunakan kop surat.

Kenapa perlu menambahkan kop pada surat?

Supaya ada keterangan tambahan mengenai informasi pada surat maupun undangan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.