Cara Membuat Lembaran Baru di Word

Beranda » Cara Membuat Lembaran Baru di Word

Tentu sudah banyak yang tahu cara membuat lembaran baru di word dengan cepat. Namun buat para pemakai Microsoft Word yang baru mungkin banyak yang belum tahu cara – caranya. Pada dasarnya, membuat lembaran baru di word memang mudah dan tak ribet sama sekali.

Memahami cara membuat lembaran baru di word itu penting. Selain untuk mempercepat pekerjaan, pembuatan lembaran baru itu bisa difungsikan untuk multitasking pekerjaan. Berikut ini tata cara membuat lembaran baru di word dengan mudah.

Cara Membuat Lembaran Baru di Word

Cara untuk membuat lembaran baru di word itu mudah. Dengan cara – cara yang begitu sederhana, pembuatan lembaran baru pada word bisa langsung dilakukan. Berikut ini adalah cara bikin lembaran baru di word secara manual dan otomatis.

1. Membuat Lembaran Baru Secara Manual

Membuka secara manual bisa dilakukan oleh para pengguna. Pembukaan lembaran baru biasanya dilakukan dengan akses bar atas pada lembar kerja dari Microsoft Word. Berikut ini adalah tata cara membuka lembaran baru secara manual di word.

  • Pilih menu atau opsi file di lembar kerja word
  • Pilih opsi new yang muncul di layar
  • Tunggu sampai lembar kerja baru muncul

2. Membuat Lembaran Baru Secara Otomatis

Pembukaan lembaran baru secara otomatis juga bisa dilakukan dengan mudah. Dengan cara – cara yang amat sederhana, pembukaan secara otomatis bisa dilangsungkan. Ini dia tata cara membuka lembaran baru secara otomatis.

  • Tempatkan cursor di lembar kerja word
  • Tekan CTRL + N secara bersamaan
  • Tunggu sampai lembar kerja baru muncul

3. Membuat Lembaran Baru dengan Page Break

Pembuatan lembaran baru di word juga bisa dilakukan dengan page break. Penggunaan page break ini memang bisa memudahkan semuanya. Jadi, perhatikan dengan baik cara bikin lembaran baru di word dengan page break. Ini dia cara – caranya.

  • Akses dulu Microsoft Word di PC atau laptop
  • Klik opsi insert di menu bar
  • Pilih opsi page break di menu Pages
  • Akan muncul halaman kosong di bawah lembar kerja

4. Membuat Lembaran Baru dengan Dialog Break

Fitur dialog break juga bisa digunakan untuk bikin lembaran baru di word. Metode ini bisa dijalankan dengan mudah oleh semua pengguna. Jadi, perhatikanlah selalu cara membuat lembaran baru dengan sesuai. Ini dia beberapa cara untuk buat lembaran baru dengan fitur dialog break.

  • Masuk ke Microsoft Word dulu
  • Tekan tombol Alt + I pada keyboard
  • Lanjutkan dengan tekan tombol B pada keyboard
  • Tunggu menu kotak dialog break muncul
  • Centang tombol radio button
  • Klik OK

Kenapa Perlu Membuat Lembaran Baru di Word

Tentunya ada beberapa manfaat dari bikin lembaran baru di word. Segala macam manfaat itu memang harus diketahui secara baik. Ketika memahami hal tersebut, pengetahuan tentang serba – serbi word bakal lebih luas. Berikut ini beberapa manfaat dari buat lembaran baru di word.

1. Bikin Dokumen Baru

Salah satu kenapa perlu membuat lembaran baru di word adalah mau bikin dokumen baru. File maupun dokumen baru itu memang harus dibuat secara langsung. Semua dokumen baru memang perlu dibuat agar lebih banyak data dan informasi yang bisa dituliskan.

2. Membedakan File atau Dokumen

Membedakan file atau dokumen juga merupakan manfaat dari buat lembaran baru di word. Kadang diperlukan pembedaan antara satu dokumen dengan dokumen yang lain. Hal ini merupakan alasan utama dari kenapa pengguna membuat lembaran baru di word.

3. Membuat Hyperlink

Tujuan lain dari membuat lembaran baru di word adalah ingin bikin hyperlink. Membuat hyperlink ini juga jadi tujuan utama yang akan selalu dicari. Pada dasarnya, hyperlink ini dibuat untuk hubungkan dual embar kerja melalui sebuah link offline.

4. Menambahkan Gambar

Tujuan lainnya adalah menambahkan gambar. Proses untuk menambahkan gambar ini memang jadi sesuatu yang perlu dicermati. Dalam sejumlah laporan, menambahkan gambar itu memang penting untuk dilakukan. Sehingga, langsung buat lembar baru kalau mau tambahkan gambar di word.

5. Memasukkan Diagram Tambahan

Salah satu alasan lainnya dari kenapa harus membuat lembaran baru di word adalah memasukkan diagram tambahan. Memasukkan diagram tambahan memang jadi hal yang kadang diperlukan dalam word. Sehingga, saat ingin tambahkan diagram tambahan, langsung bikin saja lembar baru.

Waktu yang Tepat dalam Membuat Lembaran Baru di Word

Kapan harus membuat lembaran yang baru di word? Memang ada beberapa momen atau waktu yang tepat untuk bikin lembaran baru di word. Sehingga, perlu adanya perhatian mengenai hal tersebut. Berikut ini adalah rekomendasi momen yang tepat untuk buat lembaran baru di word.

1. Kalau Mau Bikin Dokumen Tambahan

Momen atau waktu yang tepat dalam membuat lembaran baru di word adalah ketika mau bikin dokumen tambahan. Terkadang memang diperlukan dokumen tambahan sebagai pelengkap. Karenanya, saat butuh dokumen tambahan, ada baiknya untuk membuat lembaran baru langsung.

2. Saat Mau Bikin Laporan dengan Hyperlink

Saat mau bikin laporan dengan fitur hyperlink, maka membuat lembaran baru itu wajib. Hyperlink memang hanya bisa dibuat ketika ada lebih dari satu lembar kerja. Untuk itu, selalu perhatikan apakah perlu bikin hyperlink saat berada di lembar kerja word.

3. Ingin Tambahkan Diagram Khusus

Jika mau tambahkan diagram khusus, maka langsung saja buka lembaran baru di word. Ini juga menjadi momen yang tepat untuk buat lembaran baru di word. Berbagai diagram khusus pada word bisa ditambahkan pada lembaran barus yang tersedia.

4. Kalau Mau Tambahkan Gambar

Jika mau tambahkan gambar juga merupakan momen yang tepat untuk buat lembaran baru di word. Menambahkan gambar memang perlu halaman tersendiri. Jadi, saat butuhkan gambar tambahan, ada baiknya untuk membuka lembaran baru di Microsoft Word.

5. Ketika Membutuhkan Pemisah

Lembar baru juga bisa dipakai untuk memisahkan satu dokumen ke dokumen lain. Pemisah ini biasanya diperlukan dalam penyusunan tugas kuliah, termasuk membuat skripsi. Karena itu, cobalah untuk tambahkan lembaran baru di word supaya bisa tambahkan pemisah antar halaman.

FAQ | Cara Membuat Lembaran Baru di Word

Apa fungsi membuat lembaran baru di word?

Biar bisa menulis dokumen baru di word dan juga untuk membedakan satu file dengan yang lain.

Kenapa membuat lembaran baru di word bisa gagal?

Biasanya karena salah dalam memencet tombol pada menu Microsoft Word.

Kapan waktu yang tepat untuk buat lembaran baru di word?

Saat ingin menambahkan diagram maupun gambar pada lembar kerja word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.