Cara Membuat List di Word Secara Otomatis dan Manual

Beranda » Cara Membuat List di Word Secara Otomatis dan Manual

Cara membuat list di word itu bisa dilakukan dengan sejumlah cara sederhana. Dengan pembuatan list secara tepat, tulisan pada lembar kerja word bisa dilakukan secara mudah. Untuk itu, harus selalu diperhatikan cara yang paling tepat untuk membuat list pada lembar kerja word.

Tidak sulit memang untuk membuat list pada word. Dengan cara pembuatan yang sederhana, semuanya bisa dilakukan secara langsung. Sehingga, teruslah pahami cara terbaik dalam membikin list pada lembar kerja word. Ini dia penjelasan mengenai cara buat list di word.

Cara Membuat List di Word dengan Mudah

Cara membuat list di word itu memang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan semua cara sederhana, pembuatan list di word bisa dilakukan langsung. Sehingga, selalu perhatikan bagaimana cara yang tepat dalam membuat list di lembar kerja word. Ini dia penjelasannya.

1. Buka Lembar Kerja Word

Langkah awal membuat list tentunya membuka lembar kerja word terlebih dulu. Buka aplikasi word dan langsung buka lembar kerja baru di sana.

2. Pilih Opsi List di Bagian Atas Lembar Kerja

Berikutnya adalah memilih opsi list di bagian atas word. Ada beberapa opsi list yang bisa dipilih. Mulai dari list bullet, list numbering, hingga multilevel list.

3. Atur Pembuatan List

Ketika sudah memilih list yang akan digunakan, maka pengaturan pembuatan list bisa dilakukan. Langsung aturlah list yang digunakan pada lembar kerja word.

4. Mulai Tulis Informasi

Setelah mengatur list, maka informasi bisa langsung dituliskan. Informasi di tiap list itu harus disesuaikan dan dipastikan ejaannya benar. Susunlah semuanya dengan rapi.

5. Simpan Lembar Kerja Word

Proses terkahirnya adalah menyimpan lembar kerja word. Ketika list sudah dibuat dan diselesaikan, maka penyimpanan lembar kerja word itu memang harus dilakukan langsung.

Kenapa Perlu Membuat List di Word?

Kenapa seseorang perlu membuat list di word? Tentu ada alasan mengenai hal tersebut. Jika memahami semua hal tersebut, segalanya akan jadi lancar. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai kenapa perlu membuat list di lembar kerja word.

1. Membuat Informasi jadi Lebih Mudah Dilihat

Pembuatan list pada word itu akan menjadikan informasi mudah dilihat. Segala macam informasi penting bisa diperlihatkan langsung pada word. Maka dari itu, pembuatan list ini perlu dilakukan agar sejumlah informasi bisa lebih mudah dilihat.

2. Membedakan Beberapa Jenis Informasi

Membedakan beberapa jenis informasi juga merupakan alasan mengenai kenapa perlu membuat list di lembar kerja word. Ini adalah alasan utama mengenai kenapa list harus dibuat pada word. Semua informasi tersebut bisa dibedakan langsung dengan pembuatan list.

3. Bikin Daftar Sesuai Urutan

Pembuatan list juga bertujuan untuk membikin daftar sesuai urutan. Membuat daftar sesuai dengan urutan itu memang kadang dibutuhkan. Maka dari itu, pembuatan daftar sesuai urutan itu memang benar – benar perlu dilakukan ketika sedang membuat karya ilmiah.

4. Memberi Penekanan pada Sebuah Informasi

Memberi penekanan pada sebuah informasi juga merupakan alasan mengenai kenapa perlu membuat list di lembar kerja word. Ketika butuh penekanan terhadap sebuah informasi. Maka membuat list atau daftar memang perlu dilakukan.

5. Bikin Laporan Mudah Dipahami

Membikin laporan mudah dipahami juga merupakan alasan mengenai kenapa perlu membuat list di lembar kerja word. Sajian laporan meamng harus diatur agar sangat mudah dipahami para pembacanya. Karenanya, pembuatan laporan dengan list itu punya tujuan yang baik.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Buat List di Word

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat list di word. Semua hal tersebut harus dipahami secara baik dan benar oleh semua orang. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang proses pembuatan list pada word.

1. Prosedur Pembuatannya

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah prosedur pembuatan list di word. Memperhatikan prosedur pembuatan list itu harus benar – benar diperhatikan. Kalau prosedurnya diperhatikan sedari awal, list akan jadi bagus dan berkualitas.

2. Jenis Informasi yang Dimasukkan ke List

Jenis informasi yang dimasukkan ke list harus diperhatikan pula. Semua informasi yang penting dan perlu dilihat memang harus dimasukkan ke dalam list. Maka dari itu, informasi yang dimasukkan ke dalam list di lembar kerja word harus dibedakan menurut jenisnya.

3. Ejaan pada List di Dalamnya

Ejaan pada list yang dibuat itu juga harus diperhatikan dengan baik. Dengan ejaan yang tepat dan sesuai, list di lembar kerja word akan lebih mudah dimengerti. Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh para pengguna word yang bikin list infromasi.

4. Jumlah Informasi yang Dimasukkan

Jumlah informasi yang dimasukkan ke dalam list di lembar kerja word juga harus dapatkan perhatian lebih juga. Banyak tidaknya informasi itu memang perlu diatur dari awal. Kalau jumlah informasinya terlalu banyak, maka list yang dibuat juga semakin banyak.

FAQ | Cara Membuat List di Word

Apakah sulit untuk membuat list pada word?

Tidak sulit karena semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Apa manfaat membuat list pada lembar kerja word?

Membuat informasi jadi lebih mudah dibaca.

Informasi apa saja yang bisa diatur ke dalam list word?

Informasi mengenai urutan nilai atau penjelasan tentang berbagai variabel.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.