Advertisement

Bagaimana cara membuat nomor urut di Excel tanpa ribet dan praktis hanya dalam sekejap? Penomoran dalam software pengolah angka Excel memang sangat penting dan untungnya hal ini sangat mudah. 

Ada beberapa cara membuat nomor di Excel dengan cepat yang bisa kamu coba dan pasti berhasil seperti di bawah ini :

Menyeret Dua Angka Awal

Cara pertama adalah dengan menulis dua angka awal secara berurutan dan kemudian menyeretnya. Metode ini sangat mudah dan tidak mungkin gagal dan kamu juga tidak perlu pusing memikirkan rumus membuat nomor di Excel.

Baca juga : Cara Mengunci Rumus di Excel

  1. Pertama pada halaman Excel tulis angka 1 pada baris pertama dan angka 2 pada baris di bawahnya
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Selanjutnya, blok baris atau cell yang berisikan angka 1 dan 2 sekaligus
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Letakkan cursor ke bagian ujung kanan bawah blok hingga membentuk tanda +
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Langkah terakhir adalah seret cursor ke bawah sebanyak angka atau penomoran yang kamu butuhkan
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Penomoran dengan metode menuliskan dua angka terlebih dahulu dan kemudian menyeretnya telah selesai, gampang sekali bukan?
Cara Membuat Nomor Urut di Excel

Metode satu ini siapa saja pasti bisa mempraktekannya bahkan pemula yang baru belajar sekalipun. Entah itu ingin cara membuat nomor 1-100 di Excel atau bahkan sampai 200, langkahnya sama saja. 

Pada bagian kanan di sebelah kursor + saat kamu menyeretnya ke bawah, seperti di gambar nomor 4 ada angka, bukan? Angka tersebut menunjukan sudah sampai berapa penomoran yang kamu buat, jika sudah 200 maka angkanya jadi 200.

Apabila penomoran yang ingin kamu buat khusus angka ganjil juga bisa memakai metode di atas. Kamu hanya tinggal merubah angka 2 menjadi 3 dan kemudian caranya persis sama, nanti otomatis urutannya menjadi 1, 3, 5 dan seterusnya.

Baca juga:  Cara Membuat Aplikasi Excel Otomatis di Laptop Mudah Banget

Lihat Juga : Cara Memisahkan Kata di Excel

Penomoran Urut Otomatis dengan Auto Fill

Membuat penomoran hingga ratusan memakai metode pertama meski lelah tetapi masih memungkinkan. Akan tetapi, bagaimana jika yang harus kamu buat mencapai ribuan? Jika harus menyeretnya hingga sebanyak itu tentu lama, ya.

Oleh karena itu, agar praktis dan tidak perlu seret menyeret kamu bisa memakai metode kedua. Cara kali ini adalah menggunakan menu auto fill yang hasil penomorannya nanti otomatis. 

  1. Langkah pertama, tuliskan dulu angka atau penomoran awal yang kamu inginkan
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Selanjutnya, arahkan kursor ke ikon Fill di menu Home.
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Setelah klik Fill maka akan muncul dropdown, kemudian pilih Series
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Pada jendela Series, klik Column (karena penomoran ke bawah dalam satu kolom) dan linear, selanjutnya pada Step value ketikan 1 sebagai selisih nomor yang dikehendaki dan 20 jika penomoran sampai 20.
Cara Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Otomatis setelah kamu klik Ok, maka penomoran akan muncul dari 1 – 20
Cara Membuat Nomor Urut di Excel

Step by step di atas bisa kamu pakai untuk penomoran sampai ratusan atau bahkan ribuan. Tinggal ganti saja angka pada Stop value menjadi nomor yang kamu kehendaki, bila 1.000 ya seribu, 2.000 ya 2.000.

Apabila kamu ingin nomor urut tetapi mempunyai selisih tertentu, misalnya kelipatan 3, ini mudah. Ikuti langkah pertama sampai ketiga persis sama, kemudian di step ke-4 baru berbeda.

Cek juga : Cara Memunculkan Sheet di Excel Yang Hilang

Ubah Stop value menjadi 3 (karena kamu ingin selisih 3 pada setiap penomoran), dan Stop value

Advertisement
di nomor terakhir. Kemudian, langsung saja tekan Ok maka penomoran akan selisih 3 angka pada setiap barisnya.

Penomoran Menggunakan Rumus

Pemakaian rumus membuat nomor urut di Excel juga tidak kalah mudah dengan 2 cara sebelumnya. Kamu bisa mengikuti langkah demi langkah yang tersaji di bawah ini, ya.

  1. Pertama-tama awalnya masih sama dengan dua langkah sebelumnya yaitu menuliskan angka awal
  1. Step berikutnya, ketikan rumus untuk memulai membuat penomoran yang urut yaitu = cell pertama+1 (jumlah selisih nomor tiap baris) dan tekan enter
  1. Berikutnya, sama seperti pada metode pertama yaitu blok nomor 2 yang jadi karena rumus, kemudian seret ke bawah sebanyak nomor yang kamu inginkan.
Baca juga:  Cara Menghilangkan Spasi di Excel dengan Cepat dan Praktis

Metode satu ini mirip dengan penomoran otomatis hanya saja memakai rumus. Apabila kamu ingin setiap baris penomoran selisih 10 ya silahkan rubah menjadi +4 dan enter.

Cara-cara di atas bekerja pada semua versi Microsoft Excel dan pasti berhasil terutama metode pertama. Semoga dengan beberapa cara membuat nomor urut di Excel di atas penomoran bukan lagi masalah bahkan jika sampai ribuan.

Advertisement