Cara Membuat PDF di Microsoft Word

Beranda ยป Cara Membuat PDF di Microsoft Word

Cara membuat PDF di Microsoft Word sangatlah mudah. Pengguna Microsoft Word pasti bisa langsung memahami bagaimana cara membuat PDF dengan memanfaatkan Microsoft Word. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah oleh semua penggunanya.

Pembuatan PDF memang kadang dibutuhkan secara cepat. Jika paham cara membuatnya, PDF bisa dihasilkan langsung dari Microsoft Word. Seperti apa sebenarnya cara membuat PDF di Microsoft Word itu? Ini dia penjelasan singkat tentang cara buat PDF di Microsoft Word.

Tata Cara Membuat PDF di Microsoft Word

Cara untuk membuat PDF di Microsoft Word bisa dilakukan dengan mudah. Hanya butuhkan beberapa langkah mudah dan sederhana saja untuk bikin file PDF di Microsoft Word. Berikut ini penjelasan mengenai tata cara membuat PDF di Microsoft Word.

1. Buka Dokumen atau File Word

Langkah awal adalah membuka dokumen atau file word. Langkah awal ini memang perlu dilakukan langsung jika ingin membuat PDF di Microsoft Word. Bisa bikin dokumen baru atau membuka dokumen yang sudah ada sebelumnya.

2. Klik Export pada Dokumen atau File Word

Ketika dokumen atau file sudah siap, maka langkah berikutnya bisa langsung atur perubahan word ke PDF. Klik file kemudian langsung klik export pada menu file tersebut. Ketika klik export, akan muncul box dialog untuk membuat file PDF.

3. Atur Direktori File Word yang Diubah ke PDF

Proses berikutnya adalah mengatur direktori file word yang akan diubah menjadi PDF. Aturlah ke mana file PDF akan tersimpan. Bisa menyimpan di desktop atau salah satu folder di My Computer. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Simpan Perubahan

Jika sudah mengatur direktori penyimpanan, maka langkah terakhirnya adalah menyimpan perubahan. Kalau sudah export file word tadi, maka file PDF akan selesai dibuat. File PDF bisa langsung dibuka oleh para pengguna.

Apa Manfaat Membuat PDF di Microsoft Word?

Ada beberapa manfaat dari membuat PDF di Microsoft Word. Semua manfaat yang ada ini harus diperhatikan secara baik. Perhatikanlah apa saja manfaat dari membuat PDF di Microsoft Word. Ini dia beberapa manfaat utama dari membuat PDF di Microsoft Word.

1. Supaya Isi Dokumen Tak Bisa Diubah

Membuat file jadi PDF itu salah satu tujuannya adalah isi dokumen tak bisa diubah. Ini menjadi hal yang diinginkan oleh para pembuat PDF. Khususnya mereka yang mau membuat dokumen super penting yang akan dikirimkan dan dibaca banyak orang.

2. Mudah Dilihat

Manfaat lainnya dari membuat PDF di word adalah mudah dilihat. Kemudahan dalam melihat file PDF memang jadi salah satu hal penting dan utama. Ketika file word disimpan ke PDF, pengguna bisa membacanya di smartphone dan tak perlu buka laptop atau menyalakan PC.

3. Mudah Dicetak

File PDF itu juga sangat mudah dicetak. Kemudahan dalam proses cetak ini juga merupakan manfaat yang nyata dari pembuatan file PDF dari word. Karena itu, proses bikin PDF di word bisa langsng bermanfaat dalam upaya pencetakan dokumen.

4. Mudah Dibagikan

File atau dokumen PDF itu juga sangat mudah dibagikan. Kemudahan dalam membagikan file maupun dokumen memang jadi hal yang identik dengan file PDF. Itulah kenapa banyak yang suka jika file word diubah ke PDF supaya bisa dipindahkan dan dibagikan ke banyak orang.

Kenapa Pembuatan PDF di Microsoft Word Sering Gagal?

Pembuatan file PDF di Microsoft Word memang kerap alami kegagalan. Semua kegagalan tersebut tentu ada penyebabnya. Karenanya, harus diperhatikan secara baik kenapa PDF sering gagal dibuat. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa pembuatan PDF di Microsoft Word sering gagal.

1. Salah Prosedur Pembuatan PDF

Salah satu alasan kenapa pembuatan PDF di Microsoft Word sering gagal adalah prosedur yang keliru. Kekeliruan prosedur ini memang kerap jadi penghalang masalah. Prosedur dalam membuat file PDF dari word memang harus diperhatikan secara tepat. Jangan sampai salah dan keliru.

2. Ada Gambar yang Tak Bisa Diubah ke PDF

Terdapat gambar yang tak bisa diubah ke PDF juga merupakan alasan kenapa pembuatan PDF di Microsoft Word sering gagal. Hal ini juga sangat sering terjadi. Gambar yang ekstensinya berbeda memang kadang tak bisa diubah jadi file maupun dokumen PDF.

3. Kendala Kompresi Gambar

Terkendala kompresi gambar yang ada pada file word juga merupakan masalah utama. Ini adalah alasan kenapa pembuatan PDF di Microsoft Word sering alami kegagalan terus. Kesalahan dalam melakukan kompresi gambar ini memang jadi salah satu alasannya.

4. Error pada Microsoft Word yang Digunakan

Error pada Microsoft Word yang digunakan juga merupakan alasan kenapa pembuatan PDF di Microsoft Word sering gagal. Masalah error ini memang kadang jadi biang keladi dari beragam masalah. Ketika terjadi error pada sistem Microsoft Word, maka penyisipan file akan bermasalah.

FAQ | Cara Membuat PDF di Microsoft Word

Apakah bisa membuat file PDF di Microsoft Word?

Bisa. Sudah tersedia fitur untuk membuat file word berubah jadi PDF dengan mudah.

Apa penyebab file PDF gagal dibuat di Microsoft Word?

Salah satu penyebab dari kegagalannya adalah file gambar yang tak bisa terkompresi dengan baik.

Apa kegunaan membuat PDF di Microsoft Word?

Supaya file yang dibuat pada word lebih mudah dibagikan ke banyak orang.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.