Cara Membuat Penomoran di Word dengan Mudah

Beranda ยป Cara Membuat Penomoran di Word dengan Mudah

Membuat penomoran di word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Lewat pembuatan nomor yang sangat sederhana, lembar kerja akan terisi dengan informasi yang berisikan nomor berurutan. Untuk itu, selalu pahami cara pembuatan nomor pada lembar kerja word dengan tepat.

Ketika membuat penomoran di word, semuanya harus diperhatikan dengan baik. Jika ingin penomoran rapi, semuanya harus dibuat dengan baik. Jangan sampai tak paham cara pembuatan penomoran pada Microsoft Word. Ini dia tata cara membuat penomoran di word.

Cara Membuat Penomoran di Word Secara Otomatis

Membuat penomoran di word bisa dilakukan secara otomatis. Dengan sejumlah cara yang amat sederhana, pembuatan nomor urut bisa dilangsungkan dengan mudah. Ini dia beberapa cara mudah dalam membuat penomoran di word secara otomatis.

1. Buka Dokumen Baru

Pembuatan nomor bisa dimulai dulu dari membuka dokumen baru. Buka aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop. Kemudian langsung buka lembar kerja baru atau open new file. Siapkanlah dokumen word yang kosong dan siap untuk diisi tulisan.

2. Pilih Menu Numbering

Setelah menyiapkan dokumen, langkah berikutnya adalah memilih menu numbering yang terletak di atas. Langsung klik saja menu yang berada di atas pengaturan rata kanan, tengah dan kiri tersebut. Setelah diklik akan muncul sejumlah opsi lain.

3. Pilih Jenis Numbering

Memilih jenis numbering yang akan digunakan merupakan langkah berikutnya. Pilihlah format numbering yang tersedia di sana. Bisa menggunakan nomor, huruf hingga angak romawi kuno. Kalau mau angka biasa, langsung saja pilih dan tekan OK.

4. Mulai Susun File dengan Nomor

Setelah format number diaktifkan, akan muncul nomor 1 pada lembar kerja. Nomor itu bisa langsung diisikan judul atau kata apapun. Untuk beralih ke nomor 2, tinggal melakukan enter saja. Ulangi terus prosesnya sesuai dengan kebutuhan penulisan di lembar kerja word.

Cara Membuat Penomoran di Word di Macbook

Bagi para pengguna laptop buatan Apple, pahamilah juga cara buat penomorannya. Sebab ada beberapa perbedaan dengan laptop atau PC Windows. Berikut ini adalah panduan dalam bikin penomoran di word memakai Macbook.

1. Buka Dokumen Baru

Langkah awal biar bisa bikin penomoran adalah membuka dokumen word baru pada Macbook. Langsung open new file saja ketika ingin membuat tulisan yang ada penomorannya.

2. Pilih Tab Beranda

Setelah membuka dokumen baru pada Microsoft Word for Mac, maka langkah berikutnya adalah memilih menu beranda. Klik tab beranda yang berada di bagian atas lembar kerja.

3. Pilih Numbering

Setelah klik atau buka tab beranda, arahkan kursor ke bagian numbering. Klik langsung bagian numbering tersebut. Nantinya, fitur numbering bisa langsung otomatis digunakan di word.

4. Mulai Susun Penulisan File Bernomor

Ketika fitur numbering sudah diaktifkan, langsung buat atau susun penulisan yang ada nomornya. Akan langsung muncul nomor di lembar kerja. Untuk melanjutkan ke nomor selanjutnya tinggal enter saja.

Cara Membuat Penomoran Halaman di Word

Berikutnya adalah memahami cara penomoran halaman di lembar kerja word. Ada sejumlah langkah yang harus diambil kalau mau bikin penomoran halaman dengan mudah. Ikutilah semua prosesnya dengan baik dan benar. Ini dia cara buat penomoran halaman di word dengan tepat.

1. Masuk ke Menu Header & Footer

Bukalah dulu dokumen atau file word yang baru. Setelah itu, akseslah menu header & footer dengan klik dua kali pada header atau footer.

2. Insert Page Number

Setelah akses menu header dan footer, maka langkah selanjutnya adalah pilih insert. Kemudian lanjutkan dengan memilih page number di sana.

3. Pilih Format Penulisan Nomor Halaman

Ketika sudah memilih page number, aturlah format yang diinginkan. Apakah mau menaruh nomor halaman di tengah, kiri, atau kanan.

4. Selesaikan Penomoran

Langkah terakhir adalah menyelesaikan pengaturan dengan baik dan benar. Kalau sudah selesai, maka nomor halaman akan tertera di tempat yang sudah diatur.

Cara Membuat Penomoran Romawi di Word

Membuat penomoran romawi di word juga bisa dilakukan. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Hanya perlu melakukan sejumlah langkah sederhana juga. Berikut ini beberapa cara mudah untuk buat penomoran romawi pada lembar kerja word.

1. Masuk ke Menu Header & Footer

Langkah awalnya adalah membuka dokumen atau file dulu. Kalau sudah terbuka, maka langsung klik dua kali pada bagian header atau footer.

2. Insert Page Number

Setelah dokumennya terbuka, maka langsung pilih insert. Kemudian lanjutkan dengan insert page number pada menu tersebut.

3. Pilih Format Penulisan Nomor Romawi

Setelahnya pilihlah nomor romawi pada halaman. Ini adalah langkah penting yang harus dilakukan untuk menambahkan nomor romawi di tiap halaman.

4. Simpan Perubahan

Periksalah dulu apakah semua halaman sudah ada nomor halamannya. Kalau sudah sesuai semuanya, maka tinggal melakukan penyimpanan perubahan.

FAQ | Membuat Penomoran di Word

Apa fungsi utama dari membuat penomoran di word?

Membuat informasi dari lembar kerja word lebih mudah dibaca.

Bisakah membuat penomoran otomatis di word?

Bisa. Tinggal gunakan saja menu numbering yang tersedia pada word.

Apa saja yang perlu diberi penomoran di word?

Informasi khusus pada dokumen word hingga halaman pada lembar kerja.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.