Cara Membuat Penomoran di Word dengan Mudah

Beranda ยป Cara Membuat Penomoran di Word dengan Mudah

Cara membuat penomoran di word itu cukup mudah sebenarnya. Melalui cara โ€“ cara yang amat sederhana, pembuatan nomor di word dapat dilakukan langsung. Itulah kenapa tak perlu bingung kalau mau membuat penomoran baru pada Microsoft Word.

Kadang memang perlu memahami caranya membuat penomoran di Word. Melalui cara โ€“ cara yang sederhana, penomoran pada lembar kerja word memang bisa dilakukan langsung. Jadi, selalu pahamilah bagaimana cara buat penomoran langsung di word.

Cara Membuat Penomoran di Word

Cara membuat penomoran di word bisa diatur dengan cukup mudah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja, penomoran pada word bisa langsung dilakukan. Berikut ini tata cara membuat penomoran pada lembar kerja word.

1. Membuat Penomoran Halaman

Cara untuk membuat penomoran halaman di word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Lewat beberapa cara yang sederhana, semuanya bisa dijalankan dengan mudah. Ini dia cara membuat penomoran halaman di word secara mudah.

  • Buka lembar kerja word
  • Klik insert di bagian atas
  • Klik page number
  • Atur posisi nomor (atas, bawah, tengah)
  • Pilih format nomor halaman (angka biasa atau romawi)
  • Proses penomoran selesai dilakukan

2. Membuat Penomoran Halaman Berbeda

Membuat penomoran dengan halaman berbeda juga bisa dilakukan. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah juga. Jadi, penomoran memang harus dilakukan dengan sangat baik. Berikut ini adalah tata cara membuat penomoran dengan halaman berbeda.

  • Pilih halaman di lembar kerja word
  • Klik insert, lanjutkan dengan page number
  • Pilih posisi nomor
  • Atur format dengan memilih format page number
  • Pilih menu layout dan klik page break
  • Klik next page dan klik nomor halaman dua kali
  • Atur format nomor halaman sesuai kebutuhan

3. Membuat Penomoran Konten di Word

Ketika ingin membuat penomoran pada konten, maka ada cara yang bisa digunakan. Penomoran pada konten tersebut bisa dijalankan secara mudah. Berikut ini tata cara membuat penomoran konten di word dengan fitur numbering.

  • Siapkan konten di lembar kerja word
  • Pilih menu numbering di bagian atas
  • Pilih opsi yang berisikan angka โ€“ angka
  • Mulai bikin konten dengan format angka
  • Untuk membedakan penomoran langsung klik enter
  • Penomoran konten di lembar kerja word selesai dilakukan

Fungsi Membuat Penomoran di Word

Pemberian nomor pada konten atau isi di lembar kerja word memang penting. Dengan pahami semua fungsi yang ada tersebut, pengguna bisa lebih mengerti kenapa penomoran di word itu penting. Berikut ini beberapa fungsi utama dari membuat penomoran di word.

1. Merapikan Informasi di lembar Kerja

Salah satu fungsi paling utama dari membuat penomoran di word adalah merapikan informasi pada lembar kerja. Lembar kerja memang bisa menjadi rapi kalau diberikan tambahan nomor tertentu. Saat butuh merapikan informasi di word, maka aktifkan penomoran langsung.

2. Membuat Informasi Lebih Mudah Dipahami

Informasi juga bakal lebih mudah dipahami kalau ada tambahan nomor di dalamnya. Ini juga merupakan manfaat utama dari penambahan nomor di lembar kerja word. Segala macam informasi di lembar kerja word akan selalu mudah dipahami.

3. Memberikan Penekanan Informasi

Saat ingin memberikan penekanan pada informasi tertentu, maka pembuatan penomoran bisa dilakukan juga. Ini adalah fungsi utama yang juga akan selalu dicari juga. Informasi yang ditekankan akan selalu mudah dilihat kalau ada penekanan informasi di dalamnya.

4. Membedakan Satu Informasi dengan yang Lain

Membedakan satu informasi dengan yang lain juga merupakan fungsi dari penomoran pada word. Jika ingin bedakan sejumlah informasi, pemberian nomor memang sangat disarankan. Jangan lupa untuk bikin nomor kalau mau membedakan beberapa informasi.

5. Membedakan Halaman

Membedakan halaman juga merupakan funsi dari pembuatan nomor di lembar kerja word. Halaman satu dengan yang lain meang harus dibedakan dengan bantuan nomor. Kadang satu halaman dengan yang lain harus dibedakan lewat pemberian nomor.

Hal Penting dalam Membuat Penomoran di Word

Ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membuat penomoran di word. Segala hal penting tersebut memang harus diperhatikan sejak awal. Jadi, usahakan mengerti semua hal penting tersebut. Berikut ini beberapa hal penting dalam buat penomoran di word.

1. Atur Secara Otomatis

Jika tak mau ribet, maka lakukan pengatuan secara otomatis pada lembar kerja word. Ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan secara baik jika ingin membuat penomoran pada word.

2. Perhatikan Urutannya

Selalu perhatikan urutan utama untuk membuat daftar penomoran di word. Urutan dalam memberikan nomor itu memang perlu mendapatkan atensi khusus agar semuanya berjalan lancar.

3. Ikuti Estetika yang Berlaku

Ikutilah estetika dalam membuat penomoran baru di word. Ini merupakan faktor penting lain yang mesti dipahami saat melakukan editing pada sebuah lembar kerja word.

4. Review Kembali Sebelum Save

Pastikan untuk melakukan review kembali sebelum lakukan penyimpanan. Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan kalau ingin membuat penomoran pada lembar kerja word.

FAQ | Cara Membuat Penomoran di Word

Apakah bisa membuat penomoran otomatis di word?

Bisa. Ada fitur yang bisa dipakai langsung untuk membuat penomoran otomatis di word.

Kenapa perlu membuat penomoran otomatis di word?

Supaya bisa membedakan satu informasi dengan yang lainnya.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.