Advertisement

Meski mudah, tidak semua orang bisa dan tahu cara membuat PPT yang bagus. Bahkan teman saya sendiri pun ternyata masih banyak yang belum tahu cara buat desain PPT yang menarik.

Untuk membuat PPT yang menarik, butuh keterampilan khusus. Butuh kreativitas tinggi untuk menghasilkan PPT yang bagus dan bisa menarik perhatian audience.

Jika kamu saat ini mau membuat PPT untuk kebutuhan persentase acara tertentu, kamu akan temukan panduan lengkapnya di artikel ini. Di sini akan saya jelaskan bagaimana cara buat PPT yang bagus.

Pentingnya Membuat PPT yang Menarik

Membuat PPT sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun tentu tampilan nya tidak akan sebagus itu. PPT harus dibuat dengan baik, beberapa alasan pentingnya membuat PPT yang bagus, yaitu:

1. Menarik Perhatian Audience

PPT yang menarik, unik dan keren pastinya akan dapat menarik perhatian audience dengan lebih mudah. Hal itu memang saya rasakan sendiri ketika kuliah.

Dosen yang ketika ngajar menggunakan PPT yang keren akan membuat saya lebih tertarik nyimak materi nya ketimbang dosen yang hanya pakai themeplate PPT yang gitu-gitu saja.

2. Meningkatkan Daya Fokus Audience

Selain itu, PPT yang menarik juga dapat meningkatkan fokus audience. Karena mereka akan lebih antusias nyimak apa yang ada dalam PPT yang disampaikan pembicara.

Baca juga:  Daftar PPSSPP Gold Versi Lama Android [Download Gratis]

3. Menunjukkan Profesionalisme

PPT yang dibuat dengan baik juga akan dapat menunjukkan profesionalisme. Artinya, kamu dapat membuat audience percaya bahkan kamu adalah orang yang punya kredibilitas.

4. Menjadi Nilai Tambah

PPT yang menarik juga bisa memberikan nilai tambah. Ketika kamu persentase skripsi pada saat sidang, kamu baut PPT yang menarik. Itu bisa jadi nilai tambah dari dosen penilai.

Artinya, kamu sudah berada 1 langkah lebih jauh dari orang lain yang persentase dengan PPT yang biasa saja.

Cara membuat PPT yang Bagus

Cara bikin PPT yang bagus dan menarik itu sebenarnya sangat mudah dan simpel. Berikut saya tuliskan langkah-langkah sederhana cara membuatnya;

1. Membuat Konten Terlebih Dahulu

Hal pertama yang diperlukan dalam membuat PPT yang bagus adalah berhubungan dengan konten yang akan kita masukkan.

  • Langkah pertama, tuliskan tujuan presentasi
  • Langkah kedua adalah menentukan siapa audience
  • Langkah ketiga, tetapkan poin kunci presentasi
  • Langkah keempat, bangun poin pendukung

2. Menambahkan Konten

Pada titik ini kita sudah memiliki empat kunci yaitu:

  • Sasaran presentasi
  • Tentukan audience
  • Buat peta presentasi, petunjuk dan yang membuat kita tetap pada jalur saat merancang dan memberikan presentasi
  • Dukungan fakta, ide dan data yang kamu akan bagikan dengan audience

Langkah 1 Bekerja dengan Outline View Power Point. Tulis garis besar presentasi kamu pada PowerPoint.

Cara untuk berpindah ke Outline View, cari tab view pada ribbon PowerPoint dan klik Outline View di sisi kiri jendela.

Langkah kedua: Cara membuat PPT yang bagus selanjutnya gunakan Tip Pendek untuk Setiap Slide. Poin seharusnya tidak menjadi kalimat penuh karena itu akan membosankan audiens.

Poin harus diambil dari garis besar anda, mereka harus menjadi ringkasan ide yang akan anda uraikan saat anda berbicara.

Baca juga:  Cara Menyimpan Dokumen Di Microsoft Word 2013

Langkah ketiga: Letakkan Layout di PowerPoint untuk Dipakai. Layouts adalah kombinasi unsur-unsur dari kotak dan placeholder untuk gambar dan media.

Ada sejumlah pilihan untuk digunakan, dan bila digunakan dengan baik, mereka dapat membuat PPT yang bagus. Untuk memilihnya, cari tombol layout pada tab home pada ribbon PowerPoint.

Klik pada pilihan dropdown untuk memilih layout yang berbeda untuk pengaturan konten yang berbeda pada slide anda.

Advertisement

Untuk membuat presentasi PPT yang hebat, pilih layout slide terbaik yang sesuai denga nisi setiap slide anda, serta keseluruhan presentasi anda.

3. Bangun Tampilan Presentasi Power Point

  • Bekerja dengan tema PowerPoint Kustom. Kita bisa menggunakan template PowerPoint kustom salah satunya Envanto Elements.
  • Ubah Tema dan Gaya untuk Presentasi, untuk mengubah tema, navigasikan ke tab Design pada ribbon PowerPoint. Klik lalu dropdown dan pilih salah satu dari thumbnail untuk mengubah tema PowerPoint anda.

4. Tambahkan Visualisasi Ke Presentasi

Bagan yang dipetakan dengan bai kata gambar yang menakjubkan dapat menarik perhatian audiens dan memberikan representasi visual sebuah fakta.

Akhir Kata

Cara membuat PPT yang bagus ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Di atas hanya cara saya saja. Kamu bisa membuat PPT yang lebih bagus sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Tiap orang pasti akan punya gaya dan ciri khas sendiri ketika membuat PPT yang akan digunakan nya. Kamu juga gunakan gaya kamu sendiri ketika akan buat PPT.

Advertisement

Tinggalkan komentar