Advertisement

Jika kamu sering bekerja menggunakan Microsoft Excel, maka kamu harus mengetahui cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah secara otomatis. Kamu harus bisa membuat rumus yang kamu gunakan di Excel tetap bisa dipakai di cell atau sheet lain.

Dengan mengunci rumus yang kamu pakai, kamu tidak perlu mengedit lagi rumus tersebut setiap kali kamu mencopy paste kan rumus ke cell atau worksheet baru. Dengan demikian pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

Alasan Dibalik Cara Membuat Rumus Di Excel Agar Tidak Berubah Yang Harus Kamu Tahu

Sebelum kamu mempelajari langkah mengunci formula di Microsoft Excel, kamu harus mengetahui apa alasan penting dibalik tindakan ini. Tentu saja sebuah tindakan tidak dilakukan tanpa alasan yang kuat.

Jika kamu membuat sebuah rumus atau formula pada cell tertentu, hasil dari perhitungan menggunakan rumus tersebut akan berbeda, pada saat kamu menyalin rumus lalu mengklik paste pada cell lain walaupun dalam worksheet yang sama.

Kamu harus mengunci rumus tersebut sehingga bertransformasi menjadi rumus absolut. Untuk segi keamanan sebaiknya kamu memberikan password pada rumus Excel yang sudah kamu kunci.

Jenis-Jenis Alamat Pada Rumus di Excel yang Bisa Kamu Pelajari

Dalam melakukan cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah kamu akan dikenalkan pada dua jenis alamat. Alamat yang dimaksud disini adalah cell awal dimana rumus tersebut dibuat

Dua jenis alamat yang dimaksud yaitu :

1. Alamat Relative

Disebut sebagai alamat relative karena rumus yang di copy akan berubah sesuai dengan cell yang dituju saat rumus di tempelkan atau di paste ke cell tersebut. Contohnya jika kamu membuat rumus pada cell A yaitu =A5*A6.

Kemudian kamu dapat menempelkan salinan rumus tersebut ke sel B5 dengan menekan tanda penjumlahan (+) yang letaknya di pojok cell. Maka rumus akan disalin ke cell B5 dengan format =B5*B6.

2. Alamat Absolute

Jika kamu membuat sebuah rumus yang tidak dapat berubah saat di copy, maka kamu sedang membuat alamat absolute. Disebut absolute karena alamat yang digunakan sellau bernilai sama walau rumusnya dicopy dan paste kemanapun.

Untuk menuliskan alamat absolute kamu harus menambahkan tanda $ pada nama kolom. Kamu juga bisa menekan tombol F4 untuk membuat alamat absolute ini berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Alamat Absolute dibagi menjadi dua yaitu :

  • Semi Absolute dimana ini merupakan alamat cell absolute yang hanya dikirim dan dikunci salah satunya, apakah baris atau kolomnya.
  • Absolute Mutlak dimana semua pengunciannya mutlak dan bersifat penuh terhadap semua jenis baris dan kolom pada alamat sell.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula

 

Cara Membuat Rumus Di Excel Agar Tidak Berubah Dengan Cara Mengunci Cell

Kamu bisa menjaga performa rumus yang kamu buat di Excel agar tidak berubah pada saat kamu harus mengcopy rumus tersebut ke sheet lain. Cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah ini penting kamu ketahui.

Tidak tertutup kemungkinan formula atau rumus yang sudah kamu susun berubah secara tidak sengaja sehingga akan merusak hasil perhitungan yang sudah kamu buat dan kamu harus mengulang oekerjaan dari awal.

Bisa juga terjadi orang lain yang mengedit rumus tersebut sehingga merugikan pekerjaan kamu. Jika ini terjadi maka hasil pengelolaan data Microsoft Excel akan error dan berantakan.

Cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah dan aman terkunci dengan mengunci Cell maksudnya adalah hanya mengunci bagian cell saja. Hal ini dilakukan agar pada saat di copy data yang dihasilkan pada cell tidak berubah.

Caranya yaitu :

  • Kamu harus meyakinkan bahwa sheet yang kamu pilih tidak kamu kunci.
  • Tekan tombol Ctrl+A atau silahkan kamu blok seluruh cell pada sheet yang ingin kamu kunci.
  • Tekan tombol Ctrl+Shift+F atau tombol Ctrl+1 dan kamu akan melihat dialog box Format Cell.
 cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah
  • Pada menu Format Cell pilih Protection, hilangkan tanda ceklis d bagian Lock.
  • Klik tombol OK. Worksheet Excel sudah tidak terkunci lagi.
  • Pilih cell yang ingin dikunci dengan menyorot bagian cell tersebut.
  • Tekan tombol Ctrl+1 untuk membuka box dialog Format Cell.
  • Pilih opsi Protection lalu silahkan beri tanda ceklis pada bagian Lock.
  • Klik OK maka cell yang kamu pilih akan terkunci secara otomatis.

Cara Membuat Rumus di Excel Agar Tidak Berubah Dengan Cara Mengunci Sheet

Beirkutnya ada langkah yang lain untuk mengunci rumus pada Excel. Jika sebelumnya kamu akan mengunci cell, maka kali ini kamu akan belajar mengunci worksheet atau sheet. Caranya mirip dengan cara mengunci cell.

Tipe mengunci rumus seperti ini akan membuat sheet aman karena tidak akan dapat diedit isinya oleh orang lain. Kamu tetap dapat memindahkan isinya ke worksheet ataupun workbook lainnya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu :

  • Selalu pastikan bahwa worksheet tidak dalam keadaan sedang dikunci.
  • Kamu dapat membuka kunci pada worksheet dengan cara yang sama seperti sata membuka kunci worksheet untuk dikunci cell nya saja.
  • Setelah worksheet terbuka, pilihlah menu tab Review >> Protect Sheet iii

Baca juga: Cara Membuat Grafik Bergerak di Excel

 cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah
  • Kamu akan melihat ada dialog box yang muncul. Silahkan masukkan kata sandi untuk mengunci sheet yang kamu inginkan.
 cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah
  • Berilah tanda ceklis pada bagian protect Worksheet And Content of Locked Cells.
  • Ketik ulang kata kunci yang kamu masukkan sebelumnya.
  • Sukses, worksheet sudah kamu kunci.

Cara Membuat Rumus di Excel Agar Tidak Berubah Dengan Mengunci Wokbook

Jika kamu tidak punya waktu untuk mengunci satu worksheet satu persatu, maka kamu bisa melakukan cara yang lain yaitu dengan mengunci workbooknya sekaligus. Cara ini akan membuat semua worksheet yang ada didalamnya akan terkunci.

Kamu juga tidak bisa lagi mengedit atau memindahkan worksheet karena sudah terkunci seluruhnya. Bahkan kamu juga tidak bisa membuat worksheet baru. Langkah ini tepat dilakukan untuk melindungi formula rumus pada data yang sangat penting.

Ikuti langkah-langkah nya seperti berikut ini :

  • Sama seperti pada langkah mengunci shet dan cell, kali ini kamu juga harus memastikan bahwa workbook tidak terkunci.
  • Buka menu Tab Review >> Protect Workbook
 cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah
  • Ketika dialog box nya sudah muncul, silahkan masukan kata sandi untuk mengunci workbook kamu.
  • Advertisement
 cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah
  • Beri tanda ceklist pada seluruh sheet agar dapat mengunci workbook yang kamu inginkan.
  • Ketik ulang kata sandi yang sudah kamu masukkan sebelumnya.
  • Klik OK dan workbook sudah berhasil kamu kunci.

Cara Membuka Kunci Pada Rumus Yang Dibuat di Excel

Kamu bisa mengunci cell bahkan workbook untuk cara membuat rumus di Excel agar tidak berubah dan mengamankan rumus yang sudah kamu buat. Tentu saja kamu juga bisa membuka kunci tersebut jika sewaktu-waktu kamu sendiri ingin mengedit isinya.

Langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Silahkan kamu buka file excel yang memuat workbook yang ingin kamu buka kuncinya. Buka file dengan kata kunci yang kamu gunakan untuk mengunci.
  • Pilihlah tab menu Review >> Unprotect sheet / unprotect workbook.
  • Hapus tanda ceklist di bagian Lock dan Hidden.
  • Tekan tombol OK sekali lagi maka proteksi pada workbook telah hilang.

Untuk beberapa rumus atau formula yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan, sebaiknya kamu berlakukan cara untuk menguncinya agar rumus tersebut tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Cara Menghitung Umur di Excel

Tidak itu saja, kamu juga tentu tidak ingin pekerjaan yang sudah dikerjakan harus berantakan karena rumus yang kamu kerjakan di edit orang lain secara random. Hal ini akan menyebabkan hasil kerja Excel berantakan dan tidak singkron.

Karena itu snagat penting bagi kamu yang sering bekerja menggunakan Excel untuk mempelalajri cara ini. Cara membuat rumus Excel agar tidak berubah menjadi rahasia kamu untuk menyelamatkan pekerjaanku sendiri.

Advertisement

Tinggalkan komentar