Cara Membuat Rumus di Microsoft Word

Beranda ยป Cara Membuat Rumus di Microsoft Word

Cara membuat rumus di Microsoft Word itu bisa dijalankan dengan mudah. Rumus matematika yang sederhana hingga kompleks bisa ditambahkan ke word. Karenanya, perhatikanlah bagaimana cara untuk membuat rumus pada program Microsoft Word.

Mungkin masih banyak yang kebingungan tentang cara membuat rumus di word. Padahal, pembuatan rumus bisa dijalankan secara mudah tanpa ribet. Berikut ini penjelasan mengenai pembuatan rumus di Microsoft Word dengan mudah dan tepat.

Tata Cara Membuat Rumus di Microsoft Word

Pembuatan rumus di Microsoft Word bisa dilakukan dengan cukup mudah. Lewat sejumlah langkah sederhana, penulisan rumus di lembar kerja word dapat dilakukan langsung. Ini dia penjelasan mengenai cara membuat rumus di Microsoft Word dengan tepat.

1. Cara Membuat Rumus di Microsoft Word dengan Equation

Pada Microsoft Word itu ada fitur equation. Fitur itu dapat dipakai untuk menambahkan simbol atau bahasa matematika. Tinggal melakukan sejumlah tahapan sederhana untuk tambahkan rumus di lembar kerja word. Berikut ini cara menggunakan equation untuk bikin rumus di word.

  • Buka lembar kerja word
  • Klik opsi insert di word
  • Pilih menu equation
  • Klik insert new equation
  • Pilih simbol atau bahasa matematika di list
  • Cantumkan ke lembar kerja word sesuai kebutuhan

2. Cara Membuat Rumus Pecahan di Microsoft Word

Pembuatan rumus pecahan di Microsoft Word juga perlu dicermati bersama. Proses bikin atau menulis rums pecahan di lembar kerja word memang agak berbeda. Berikut ini cara bikin rumus pecahan di Microsoft Word dengan mudah serta akurat.

  • Buka lembar kerja word
  • Pilih menu equation
  • Pilih fraction
  • Atur styles yang mau digunakan
  • Isi angka atau huruf di tempat yang sudah disediakan
  • Rumus pecahan akan langsung muncul di lembar kerja

3. Cara Membuat Rumus Pangkat Kuadrat di Word

Cara membuat rumus pangkah kuadrat di word juga bisa dilakukan secara mudah. Rumus pangkat dan kuadrat ini memang lazim muncul dalam berbagai soal matematika. Berikut ini tata cara membuat rumus pangkat kuadrat melalui word.

  • Buka lembar kerja baru word
  • Insert equation
  • Pilih script
  • Tentukan template utamanya dulu
  • Pilih menu Radical
  • Pilih model gaya penulisan pada menu custom
  • Simbol pangkat kuadrat akan muncul di word

Waktu yang Tepat untuk Buat Rumus di Microsoft Word

Ada beberapa waktu yang untuk bisa membuat rumus di Microsoft Word. Lewat pemilihan waktu yang tepat, semuanya akan berjalan dengan mudah. Jadi, pahami waktu dan momen yang tepat dalam membuat rumus di lembar kerja word. Berikut ini penjelasannya.

1. Ketika Mau Buat Soal Matematika

Salah satu waktu yang paling tepat untuk buat rumus di lembar kerja adalah ketika harus membuat soal matematika. Saat hendak mau bikin soal matematika yang bagus, gunakan fitur yang tersedia di lembar kerja word.

2. Saat Ingin Menulis Esai Matematika

Saat akan menulis esai matematika, maka penulisan rumus juga bisa dilakukan. Ini juga jadi waktu yang paling tepat untuk melakukan penulisan esai matematika yang bagus. Penulisan esai akan lebih mudah jika menggunakan fitur di Microsoft Word.

3. Ketika Mau Susun Buku tentang Matematika

Ketika mau susun buku tentang matematika, maka penulisan rumus di Microsoft Word juga bisa dilakukan. Saat akan susun buku tentang matematika yang bagus, maka penulisan rumus yang tepat di word adalah jawabannya.

Tips Membuat Rumus di Microsoft Word

Ada juga sejumlah rumus dalam membuat rumus di Microsoft Word. Semua tips yang ada bisa diandalkan untuk bikin rumus yang lebih bagus. Berikut ini adalah sejumlah tips terbaik dalam membuat rumus di lembar kerja Microsoft Word.

1. Perhatikan Pilihan Simbolnya

Salah satu tips dalam membuat rumus di lembar kerja word adalah memperhatikan pilihan simbolnya. Simbol matematika yang dipilih memang sangat banyak. Namun harus selalu diperhatikan pilihan simbol yang tepat untuk menuliskan rumus yang tepat.

2. Lihat Rumus Aslinya Dulu

Sebelum membuat rumus, maka lihatlah dulu rumus aslinya terlebih dulu. Dengan melihat rumus aslinya dulu, semuanya akan jadi lebih akurat. Harus selalu dipastikan dulu bahwa rumus memang tepat dari aslinya. Kalau salah dan tak linear, tulisan bisa tidak akurat.

3. Atur Tata Letaknya

Rumus yang berisikan simbol atau bahasa matematika harus diatur penempatannya. Pengaturan tehrhadap tata letak dari rumus matematika itu memang harus selalu diperhatikan. Sehingga, pastikan untuk terus mengatur tata letak dari lembar kerja word.

4. Lakukan Review Sebelum Simpan atau Cetak

Terkahir, selalu lakukan review sebelum simpan dan cetak lembar kerja word yang ada rumus matematikanya. Melakukan review itu memang sangat penting. Ini adalah tahapan yang perlu dilakukan biar terhindar dari kesalahan. Jangan sampai ada kesalahan saat akan mencetak.

FAQ | Cara Membuat Rumus di Microsoft Word

Apakah sulit untuk membuat rumus di Microsoft Word?

Tidak sulit karena rumus dengan simbol dan bahasa matematika di word bisa diatur dengan mudah.

Pakai tools apa untuk membuat rumus di Microsoft Word?

Salah satu tools terbaik adalah insert equation yang sudah ada di sistem Microsoft Word.

Rumus apa saja yang bisa dibuat di Microsoft Word?

Rumus matematika dasar sampai yang kompleks bisa dibuat melalui Microsoft Word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.