Advertisement

Tidak menemukan simbol Rp di Excel? Jangan khawatir, cara membuat Rupiah di Excel itu mudah lho sebenernya. Hanya saja cara ini emang masih jarang orang gunakan. Beruntungnya, akan saya share cara buatnya di sini.

Gak perlu waktu lama, kamu bisa membuatnya dengan cepat dan mudah. Silahkan baca artikel ini sampai selesai. Kamu akan temukan panduan lengkapnya di sini.

Metode Format Cell – Currency

Cara menambahkan Rp di Excel yang pertama merupakan metode yang paling simpel dan gampang. Siapa saja pasti bisa bahkan awam sekalipun yang tidak terlalu paham Excel dan jarang memakainya.

  1. Pertama, kamu bisa buat tabel atau tulis nominal uangnya (besarnya terserah saja, ya).
  2. Selanjutnya, langsung block saja cells yang ingin kamu beri Rupiah di awal angka atau jumlah uang.
  3. Klik kanan pada area block dan kemudian setelah dropdown muncul pilih Format Cells (Pastikan klik kanan pada area yang telah kamu block, karena kalau tidak maka menu pilihannya akan berbeda).
Cara Membuat Rupiah di Excel

Baca Juga : Cara Memisahkan Kata di Excel

  1. Pada window Format Cells silahkan pilih Currency, kemudian pada box Decimal Place masukan 2 (ini karena format Rupiah di belakang koma terdapat dua angka “0”), selanjutnya cari satuan Rupiah di box Symbol.
Cara Membuat Rupiah di Excel
  1. Langkah terakhir tinggal klik Ok dan cells yang tadi kamu block sudah berubah menjadi berformat Rupiah. Jika tidak ingin muncul “0” di belakang nominal angka, maka tidak perlu mengisi Decimal place.

Sangat simpel dan mudah sekali untuk menambahkan Rupiah di Excel, bukan? Jadi, sekarang jika tidak ada simbol Rp di Excel jangan pusing karena dalam satu menit semua beres.

Lihat Juga : Cara Memunculkan Sheet di Excel Yang Hilang

Baca juga:  Cara Membuat Aplikasi Excel Otomatis di Laptop Mudah Banget

Apabila kamu perlu menuliskan satuan mata uang lain, langkah di atas juga bisa dipakai. Cara menuliskan nominal uang di Excel sama saja mau itu Dollar, Pound Sterling, atau Yen.

Kamu cuma perlu mencari satuan mata uangnya persis seperti pada langkah nomor 4. Terakhir ya tinggal di tekan Ok maka hasilnya akan muncul sesuai mata uang yang kamu inginkan, sangat simpel dan berlaku untuk semuanya.

Metode Format Cells – Accounting

Cara membuat terbilang Rupiah di Excel sangat mudah dan pastinya tidak membuat bingung, ya. Sekarang, mari masuk ke metode ke dua untuk menambahkan satuan mata uang Rupiah pada format Excel.

  1. Langkah pertama sama persis, silahkan tulis nominalnya dan kemudian block cells yang kamu ingin beri satuan rupiah.
  2. Selanjutnya juga masih sama, klik kanan pada area block dan klik Format Cells.
  3. Perbedaan terdapat pada langkah ke-3, di sini setelah window Format Cells muncul, pilih Accounting.
Cara Membuat Rupiah di Excel
  1. Cari mana simbol Rupiah berada, di sini pengaturan desimal tidak perlu, ya. Terakhir, langsung klik saja OK dan hasilnya nominal yang kamu tulis akan lengkap dengan satuan Rupiah.

Metode kedua ini sama mudahnya dengan pertama dan tidak berbeda jauh, ya? Sama-sama memakai Format Cells untuk memulai penambahan atau membuat Rupiah di Excel. 

Perbedaan Metode Currency dan Accounting

Kedua langkah-langkah yang sudah tersedia di atas memang sama-sama mudah dan praktis. Hanya saja, perlu kamu perhatikan bahwa hasil penulisan format mata uang antara keduanya sedikit berbeda. 

Cek Juga : Cara Membuat Nomor Urut di Excel

Kamu bisa memperhatikan gambar di bawah agar semakin jelas terlihat ketidaksamaan pada hasil akhirnya. 

Advertisement

Metode pertama

Baca juga:  Cara Membuat Kurva S Rencana dan Realisasi Untuk Proyek
Cara Membuat Rupiah di Excel

Metode ke dua

Cara Membuat Rupiah di Excel

Perbedaan berdasarkan dua gambar di atas sudah sangat jelas, bukan? Penempatan simbol Rupiah di keduanya sangat berbeda dan mencolok.

Untuk metode pertama, letak simbol Rp berada tepat di sebelah kiri dan menempel pada angka. Sedangkan, pada metode kedua terdapat jarak antara simbol Rp dan juga angka pertama.

Jadi, perhatikan betul kira-kira mana penulisan nominal uang yang kamu butuhkan. Segala hal mengenai perhitungan uang sangat sensitif entah itu sekedar catatan belanja rumah tangga atau pengeluaran bulanan. 

Kesalahan penulisan satuan mata uang ini bisa berakibat fatal apalagi berhubungan dengan dokumen resmi. Bisa-bisa masalahnya merembet ke berbagai hal dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Bagaimana, sangat mudah sekali cara membuat Rupiah di Excel, bukan? Tidak perlu rumus atau trik tertentu yang memusingkan. Pengguna baru juga pasti bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya tinggal mana yang kamu perlukan saja. 

Advertisement