Advertisement

Cara membuat slip gaji di Word bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk kamu yang tidak memiliki software akuntansi khusus. Selain lebih mudah juga lebih simpel digunakan.

Bahkan saya rasa, siapa saja bisa membuatnya. Karena caranya ini sangat mudah banget. Kamu tinggal buat sekali dan gunakan berkali-kali untuk pembayaran gaji karyawan.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji merupakan rincian gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan nya. Di dalam slip gaji terdapat rincian gaji pokok, uang lemburan dan hal-hal lainnya yang ada kaitannya dengan gaji kamu.

Data yang ditulis dalam slip gaji ini mencakup data dalam waktu 1 bulan (30 hari kerja). Dan akan diberikan sebulan sekali ketika gaji dicairkan setiap bulannya.

Slip gaji ini memiliki fungsi transparansi gaji antara perusahaan kepada karyawan. Karena dalam slip gaji kamu akan melihat berapa gaji pokok, uang lembut termasuk uang potongan.

Hal-Hal yang Harus Ada Dalam Slip Gaji

Dalam slip gaji harus memiliki beberapa komponen penting, di antaranya yaitu:

  1. Informasi tentang perusahaan
  2. Data karyawan
  3. Detail gaji
  4. Pengurangan upah
  5. Tanggal penerbitan lembar perhitungan gaji

Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Microsoft Word

Cara membuat slip gaji di Word ini sebenarnya sangat mudah lho. Siapapun bisa membuatnya, hanya perlu paham menggunakan program Microsoft Word saja.

Berikut adalah langkah cara membuat slip gaji dengan menggunakan Microsoft Word:

1. Buat Kop Slip Saji

Pada bagian awal, kamu harus membuat kop slip gaji. Bagian kop ini berisi tulisan nama perusahaan, logo dan tulisan ‘slip gaji’. Buat dengan font yang lebih gede.

2. Tulis Identitas Karyawan

Setelah itu pada bagian bawahnya kamu tulis identitas karyawan yang akan menerima gaji. Data yang harus kamu isi ini meliputi:

  • Nama karyawan
  • Nomor induk karyawan (NIK)
  • Jabatan atau divisi (jika perlu)

3. Tulis Identitas Perusahaan

Cara membuat slip gaji di Word berikutnya adalah menuliskan identitas perusahaan. Tulisan ini bisa di sejajarkan dengan data karyawan penerima gaji.

4. Tulis Periode Gaji

Periode gaji ini menunjukkan kapan gaji itu diberikan kepada karyawan. Tuliskan secara jelas dan lengkap mulai dari waktu, hari, tanggal, dan tahunnya.

5. Tulis Detail Pendapatan (Gaji) Karyawan

Berikutnya tulis detail gaji karyawan bulan tersebut. Berapa jumlah gaji yang dia dapatkan. Serta hal lain yang jadi sumber pendapatannya, seperti:

  • Gaji pokok karyawan
  • Tunjangan karyawan
  • Uang lembur
  • Bonus (jika ada)

6. Tuliskan Data Potongan Gaji (Jika Ada)

Setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan pasti di slip gajinya. Kamu harus mencantumkan juga detail potongan gaji yang diberikan kepada karyawan, seperti:

  • Cicilan hutang karyawan (jika ada)
  • Pajak penghasilan
  • Uang iuran
  • Potongan BPJS Kesehatan, dan
  • Lain-lain

7. Buat Kolom Tanda Tangan

Jika semua bagian sudah selesai ditulis secara lengkap pada bagian terakhir kamu tuliskan kolom tanda tangan. Tanda tangan yang harus ada ialah:

  • Penerima gaji, dan
  • Orang yang menyerahkan gaji

Contoh Slip Gaji Sederhana dengan Word

Buat kamu yang bingung membuat slip gaji karyawan dengan menggunakan program Microsoft Word, berikkut ini adalah contoh slip gaji yang dibuat dengan menggunakan program MS Word:

Advertisement
cara membuat slip gaji di word

Ini adalah contoh slip gaji yang dibuat dengan menggunakan program Microsoft Word yang sederhana. Kamu bisa membuatnya dalam versi yang lebih bagus lagi.

Download Format Slip Gaji Word [Doc]

Kamu yang malah ngetik dan ingin membuat slip gaji seperti pada contoh di atas, kamu bisa unduh file format slip gaji di atas dalam format MS Word pada link unduh berikut:

Silahkan kamu klik tombol unduh ini untuk dapatkan contoh slip gaji karyawan yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word 2019.

Akhir Kata

Cara membuat slip gaji di Word dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan format di atas. Slip gaji di atas dibuat dengan menggunakan tabel yang di desain sedemikian rupa.

Cobain saja buat sendiri, mudah kok atau kamu unduh saja filenya untuk buat slip gaji dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Advertisement

Tinggalkan komentar