Cara Membuat Surat di Microsoft Word dengan Mudah

Beranda » Cara Membuat Surat di Microsoft Word dengan Mudah

Membuat surat di Microsoft Word itu dapat dijalankan dengan mudah. Lewat pembuatan surat yang mudah, semuanya bisa dilakukan langsung. Surat untuk keperluan resmi maupun non formal pasti bisa dibikin dengan mudah pakai Microsoft Word.

Berbagai macam surat memang bisa dibuat langsung di Microsoft Word. Mulai dari surat resmi, surat undangan kenduri, sampai surat untuk keperluan pekerjaan. Biar lebih mudah dipahami, inilah panduan dalam membuat surat di Microsoft Word.

Jenis Surat yang Bisa Dibuat di Microsoft Word

Ketahuilah terus jenis surat yang bisa dibuat di Microsoft Word. Memang banyak jenis surat yang bisa dibikin dari Microsoft Word. Karenanya, selalu perhatikan apa saja jenis surat yang dapat dibuat lewat Microsoft Word. Ini dia beberapa jenis surat yang bisa dibuat di Microsoft Word.

1. Surat Kerja Sama

Salah satu jenis surat yang bisa dibuat untuk Microsoft Word adalah surat kerja sama. Surat macam ini biasanya berisi pasal – pasal. Dengan surat kerja sama yang resmi tersebut, aktivitas untuk jalin kerja sama bisnis dan lainnya akan berlangsung dengan lebih lancar.

2. Surat Pemberitahuan

Jenis surat lainnya adalah surat pemberitahuan yang juga memang sering dibuat dalam banyak kesempatan. Surat pemberitahuan memang sering dipakai dalam kegiatan maupun aktivitas resmi pemerintahan. Tujuan utamanya untuk memberi notifikasi pada sebuah hal.

3. Surat Kuasa

Ada pula surat kuasa yang juga bisa dibuat di Microsoft Word. Surat kuasa biasanya dipakai dan digunakan dalam banyak hal. Utamanya adalah memberikan wewenang kepada individu atau pihak tertentu dalam sejumlah urusan.

4. Surat Keputusan

Surat keputusan juga menjadi jenis yang paling sering dibuat pada Microsoft Word. Dalam banyak hal dan kegiatan, surat keputusan itu memang jadi simbol penting. Terutama dalam bidang pemerintahan di mana surat keputusan berisi informasi yang penting untuk diketahui.

5. Surat Pengantar

Terakhir ada surat pengantar yang juga bisa dibuat secara langsung juga di Microsoft Word. Surat pengantar memang jadi salah satu bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam banyak hal, surat pengantar ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Cara Membuat Surat di Microsoft Word

Cara membuat surat pada Microsoft Word sangat mudah. Lewat beberapa cara sederhana, surat bisa langsung dibuat pada program Microsoft Word. Seperti apa sebenarnya cara bikin surat di Microsoft Word? Ini dia penjelasannya.

1. Buka File atau Dokumen Baru

Langkah pertama untuk membuat surat di word adalah membuka file atau dokumen baru. Cobalah untuk membuka file atau dokumen baru pada aplikasi Microsoft Word yang digunakan di laptop atau PC. Klik saja ikon word dan pilih new file.

2. Buat Kop Surat

Setelah membuka file atau dokumen baru, maka langkah selanjutnya adalah membuat kop surat dulu. Membuat kop surat bisa dilakukan dengan menuliskan nama instansi atau perusahaan, dilanjutkan dengan alamat lengkap.

3. Buat Kepala Surat

Setelah kop surat dibuat, maka langkah berikutnya adalah membuat kepala surat. Kepala surat itu terdiri dari tanggal, tujuan surat, hingga informasi isi surat. Semuanya perlu dibuat dulu agar surat bisa jelas terbacanya.

4. Tulis Isi Surat

Setelah kepala surat dibuat, saatnya untuk menulis isi surat. Langsung buatlah saja isi surat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Gunakan tata bahasa yang baik agar isi surat bisa langsung dimengerti maksud dan tujuannya.

5. Buat Penutup

Langkah terakhir adalah membuat bagian penutupnya. Buatlah kalimat penutup dan langsung diikuti dengan salam. Kalau suratnya resmi, maka tambahkan tanda tangan dan nama perwakilan yang ditulis dengan sangat jelas.

Informasi yang Harus Ada di Surat di Microsoft Word

Pada sebuah surat yang dibuat pada Microsoft Word, harus ada sejumlah informasi yang dimunculkan. Semua informasi yang muncul itu memang harus ada biar informasinya jelas. Berikut ini beberapa informasi penting yang wajib ada di pada surat yang dibuat pada Microsoft Word.

1. Identitas Pengirim

Salah satu hal super penting yang harus selalu ada di surat suara adalah identitas dari pengirim. Entah itu individu, kelompok maupun instansi, semua identitas harus ditambahkan langsung.

2. Identitas Penerima

Tujuan dari identitas penerima juga harus ditambahkan. Ini adalah informasi penting juga yang harus muncul pada surat suara di Microsoft Word.

3. Keterangan Isi Surat

Keterangan isi surat juga merupakan informasi yang wajib ada pada Microsoft Word. Isi surat itu harus jelas dan sistematikanya jelas.

4. Tanggal Surat Dibuat

Informasi penting lainnya adalah tanggal surat itu dibuat. Pembuatan tanggal itu penting karena berperan sebagai pengingat juga nantinya ketika disimpan.

5. Stempel atau Tanda Tangan Resmi

Jika membuat surat resmi, maka stemple hingga tanda tangan basah juga harus disiapkan. Keduanya memang jadi bagian penting dalam pembuatan surat di Microsoft Word.

FAQ | Membuat Surat di Microsoft Word

Apakah sulit membuat surat di Microsoft Word?

Tidak sulit sama sekali karena pembuatan surat suara telah ada sistematikanya sendiri.

Info apa saja yang wajib ada pada surat di Microsoft Word?

Informasi mengenai isi dan tujuan surat, alamat pengirim, alamat penerima hingga tanggal pembuatannya.

Kenapa disarankan membuat surat di Microsoft Word?

Karena Microsoft Word mempunyai fitur yang lengkap sehingga memudahkan proses membuat surat.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.