Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Beranda » Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Cara membuat surat lamaran kerja di Microsoft Word tidaklah sulit. Pengguna bisa membuat surat lamaran kerja menggunakan Microsoft Word dengan sangat mudah. Karenanya, perhatikanlah selalu bagaimana caranya bikin surat lamaran kerja pada lembar kerja word.

Dengan pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar, semuanya akan jadi lebih mudah. Maka dari itu, perhatikanlah cara terbaik untuk bikin surat lamaran kerja di Microsoft Word. Berikut ini penjelasan mengenai pembuatan surat lamaran kerja di Microsoft Word.

Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembuatan surat lamaran kerja di Microsoft Word memang mudah dilakukan. Penyusunan suratnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah tata cara membuat surat lamaran kerja di Microsoft Word.

1. Buka Lembar Kerja Baru

Langkah pertama tentu saja adalah membuka lembar kerja baru di Microsoft Word. Ini adalah langkah penting untuk memulai pembuatan surat lamaran kerja. Pastikan ukuran kertasnya juga sudah sesuai.

2. Tuliskan Tanggal dan Kalimat Pembuka

Tuliskanlah tanggal dan kalimat pembuka untuk memulai penulisan. Menuliskan tanggal dan kalimat pembuka harus dilakukan secara tepat. Ini adalah bagian penting dalam membuat surat lamaran kerja yang bagus.

3. Tuliskan Isi Surat Lamaran

Jika tanggal dan kalimat pembuka sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah menuliskan isi surat lamaran. Tuliskan dengan baik bahasa pada isi kalimat pada surat. Jangan sampai ada yang typo pada surat lamaran tersebut.

4. Buat Penutup

Ketika isi surat lamaran sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah membuat penutup. Pembuatan penutup bisa diikuti dengan menuliskan tanda tangan di akhir. Pembuatan surat lamaran pun selesai dilakukan.

Elemen yang Wajib Ada di Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Ada beberapa elemen yang wajib ada di surat lamaran kerja di Microsoft Word. Semua lamaran kerja memang harus punya sejumlah elemen penting. Semuanya harus diperhatikan dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa elemen yang wajib ada di surat lamaran kerja word.

1. Tanggal

Elemen yang harus wajib ada pada surat lamaran kerja di Microsoft Word adalah tanggal pembuatannya. Tanggal pembuatan memang harus disertakan. Ini untuk memastikan bahwa surat lamaran yang dikirim bisa diketahui berapa lama dari waktu dibuat sampai terbaca.

2. Keterangan Isi Surat

Elemen lain yang pastinya harus ada juga adalah keterangan dari isi surat yang dibuat. Semuanya harus dijelaskan terlebih dulu. Tak perlu panjang dan bertele – tele. Gunakan bahasa yang lugas agar surat bisa dibaca dan dimengerti maksudnya.

3. Nama

Nama juga jadi bagian penting untuk ditambahkan ke dalam surat. Biasanya, nama memang akan ditempatkan pada CV atau riwayat hidup. Namun, penting juga untuk menempatkan nama di surat lamaran. Kalau menaruh nama di surat, penerima lamaran bisa langsung lakukan identifikasi.

4. Tempat Tanggal Lahir

Tanggal lahir juga menjadi hal yang perlu ditambahkan ke dalam surat lamaran. Keterangan ini penting ditambahkan agar penerima surat lamaran bisa langsung identifikasi apakah calon pelamar memenuhi kriteria usia yang telah ditetapkan dari awal.

4. Penutup

Jangan lupa untuk membuat penutup pada surat lamaran. Membuat penutup ini juga jadi bagian untuk menghormati pembaca lamaran. Biasanya, penutup disertai juga dengan tanda tangan pada bagian akhir. Namun tak masalah jika tak menambahkan tanda tangan tersebut.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Ada beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja di Microsoft Word. Semua tips bisa dijalankan dengan mudah agar lamaran kerja jadi lebih bagus. Berikut ini beberapa tips dalam bikin surat lamaran kerja di Microsoft agar jadi lebih bagus dan bisa dapatkan apresiasi dari pembacanya.

1. Gunakan Tata Bahasa yang Baik

Tips yang pertama tentu saja gunakan tata bahasa yang baik. Penggunaan tata bahasa yang baik ini memang krusial dan penting dalam pembuatan surat lamaran kerja. Penataan bahasa yang baik dan benar akan jadi hal yang sangat krusial saat bikin surat lamaran kerja di word.

2. Isi Surat Harus Jelas

Isi utama dari surat lamaran harus jelas. Jelaskan posisi yang ingin diisi beserta dengan keterangan untuk siap menjadi bagian dari perusahaan yang dilamar tersebut. Pengisian surat yang harus jelas memang harus benar – benar diperhatikan sedari awal.

3. Berikan Salam Pembuka dan Penutup

Tips berikutnya adalah selalu memberikan salam pembuka dan penutup. Keduanya adalah tanda bahwa pembuat lamaran punya tata krama yang baik. Kesopanan jadi unsur yang sangat penting dalam menulis surat lamaran kerja.

4. Berikan Identitas Dasar

Berikanlah identitas dasar seperti nama dan tanggal lahir. Kedua identitas dasar tersebut memang biasanya penting untuk ditambahkan pada surat lamaran kerja yang dibuat. Ketika berikan identitas dasar, pembaca surat lamaran akan langsung memahami siapa yang sedang melamar.

FAQ | Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word

Apakah bisa membuat surat lamaran kerja di word dengan mudah?

Bisa. Penulisan surat lamaran kerja di word memang bisa dibuat dengan mudah.

Apa yang harus ditulis dalam surat lamaran kerja di word?

Beberapa hal penting yang harus ditulis adalah tanggal, salam, isi surat, identitas dan penutup.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.