2 Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula Paling Mudah

Advertisement

Sudahkah kamu tahu bagaimana cara membuat tabel di excel? jika belum, pas banget nih! ulasan ini akan sangat membantu bagi pemula seperti kamu yang masih bingung tentang fitur-fitur yang ada di microsoft excel

Microsoft excel merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk pengolahan data. Lalu bagaimankah cara mudah membuat tabel di perangkat lunak ini ? coba simak beberapa poin penting di bawah ini.

Pengertian Apa Itu Data Tabel di Excel

Untuk belajar cara membuat tabel di excel kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu data tabel di excel.

Kamu tentu sudah paham ya mengenai pengertian tabel. Ya, secara umum tabel merupakan sebuah daftar yang berisi ringkasan dari sejumlah data ataupun informasi yang berkaitan.

Informasi yang ada di dalam tabel ini dapat berupa teks maupun angka yang kemudian disusun secara sistematis pada sejumlah kolom dan baris sehingga dengan penyajian seperti ini, data akan mudah untuk dibaca dan dipahami.

Dengan cara membuat tabel di excel, kamu akan lebih mudah dalam menginput, mengedit dan mengalasis data untuk keperluan sehari-hari. Lalu apa sebenarnya manfaat dari membuat tabel di excel ?

Manfaat Membuat Tabel di Excel

Dengan menggunakan cara membuat tabel di excel kamu akan mendapatkan beberapa manfaat untuk membantu mempermudah penyelesaian tugasmu. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  • Design tabel yang bagus : dengan membuat tabel pada excel, kamu akan dapat mengatur gaya atau design tabel yang berbeda-beda seseuai dengan favoritmu.
  • Memberikan nama pada tabel : dengan membuat tabel di excel akan memudahkan kamu memberikan nama pada tabel yang telah dibuat.

Penamaan tabel berguna untuk mempermudah mengingat dan menggunakannya sebagai referensi rumus maupun formula excel.

  • Menambah baris-baris data : pada format excel, kamu akan dengan mudah menambahkan baris-baris data tanpa mengubah referensi tabel dan secara otomatis akan menyesuaikan dengan rumus/design excel yang sudah ada.
  • Tombol filter dan subtotal : dengan tabel excel, kamu akan dapat menambah tombol filter dan subtotal secara otomatis lho!

Untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas, coba simak langkah membuat tabel  excel dengan mudah yang berikut ini.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Umur di Excel

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah

Untuk membuat tabel di perangkat lunak excel sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan 2 cara untuk membuat tabel pada semua versi microsoft excel.

Pada tutorial kali ini, kita akan bahas cara membuat tabel pada microsoft excel versi 2016 ya! simak perbedaan dari 2 cara membuatnya pada ulasan di bawah.

1. Cara Membuat Tabel di Excel dengan Fitur Insert

Perhatikan langkah-langkah membuat tabel di microsoft excel dengan menggunakan fitur insert table seperti berikut:

  • Seleksi rentang data yang ingin kamu ubah menjadi tabel di excel
  • Klik tombol Table pada fitur Tb Insert—Group Tables. Untuk langkah cepatnya kamu bisa coba dengan menggunakan shotcut tombol Ctrrl+T atau kamu juga bisa gunakan Ctrl+L pada keyboard kamu.
  • Setelah kamu lakukan langkah kedua, maka akan muncul pada layar laptop kamu yakni Option Box atau kotak pilihan “Create Table”
  • Jika telah muncul pilihan tersebut, pastikan bahwa rentang sel atau range data yang ingin kamu buat menjadi tabel sudah benar.
  • Setelah dicek kembali dan sudah benar maka kamu bisa lakukan langkah selanjutnya. Jika range data tersebut memiliki headers (judul kolom) maka centang pada kotak pilihan “My table has headers”.

Dengan mencentang pilihan ini, maka tabel yang dibuat akan tetap dengan header yang sama, namun jika kamu lupa mencentangnya maka tabel yang kamu buat akan muncul dengan header baru.

  • Klik oke untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Setelah 6 langkah kamu lakukan, maka tabel baru akan muncul pada lembar kerja microsoft excel kmu.

2. Cara Membuat Tabel di Excel dengan Fitur Format as Table

Berbeda dengan cara membuat tabel di microsoft excel menggunakan insert table, cara kedua yang bisa kamu pilih yakni dengan menggunakan fitur Format as Table. Simak langkah-langkahnya untuk membantumu dalam membuat tabel ya!

  • Pilihlah atau seleksi terlebih dahu rentang data yang ingin kamu jadikan sebagai tabel nantinya
  • Klik Tab Home dan di bagian Group Style pilihlah menu “Format as Table”
 cara membuat tabel di excel
  • Pilihlah satu gaya tabel yang kamu sukai
 cara membuat tabel di excel
  • Jika tampilan layar pada lembar excel kamu telah muncul Option Box “Creat as Table”, lakukan langkah selanjutnya dengan mengecek kembali data yang telah dimasukkan
 cara membuat tabel di excel
  • Pastikan rentang data atau range data yang ingin kamu jadikan tabel sudah benar
  • Jika range yang kamu jadikan tabel memiliki judul kolom atau headers maka centanglah “My table has headers”
  • Klik oke untuk menyelesaikan langkah membuat tabel dengan menu Format as Table”

setelah berhasil membuat tabel pada excel, selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengganti nama tabel di excel.       

Baca juga: Cara Menggunakan Pivot Table untuk Analisa

Langkah Mengganti Nama Tabel di Excel

Dengan berhasil menyelesaikan cara membuat tabel di excel, hal lain yang harus kamu tahu selanjutnya yakni tentang bagaimana cara mengganti nama tabel yang telah kamu buat di lembar kerja excel.

Ikuti beberapa langkah ini.

  • Cara pertama mengganti nama tabel pada excel
  • Pilihlah tabel mana yang ingin kamu ganti namnya
  • Pada layar kamu akan muncul menu contekstual tab “table tools-design”
  • Klik tab design dan jika pada sisi kiri “table name” tuliskan nama tabel yang kamu inginkan tanta menggunakan spasi
  • Cara kedua mengganti nama tabel pada excel

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengganti nama tabel pada excel yakni:

Advertisement
  • Pilihlah menu formulas pada lembar kerja excel kamu
  • Pada group Defined Names, klik pada pilihan Name Manager
  • Pada layar kamu akan muncul box name manager kemudian pilih menu edit atau kamu bisa lakukan klik ganda pada nama tabel yang ingin kamu ubah namanya seperti gambar di bawah
 cara membuat tabel di excel
  • Setelah muncul edit dengan menu name box. Rubahlah nama tabel sesuai dengan nama yang kamu inginkan pada bagian “Name”
  • Klik ok untuk menyelesaikan langkah mengganti nama tabel pada excel

Setelah semua langkah dilakukan, maka nama baru pada tabel yang telah dipilih akan muncul.

Langkah-Langkah Menghapus Tabel di Excel

Setelah kamu pelajari cara membuat tabel di excel beserta cara mengganti namanya, hal-hal yang berhubungan dengan tabel selanjutnya adalah langkah menghapus tabel pada excel. Coba perhatikan sebentar!

Kadangkala setelah kita selesai membuat tabel, untuk beberapa alasan tertentu kita perlu untuk menghapus tabel yang telah dibuat sebelumnya.

Ada tiga pilihan yang bisa kamu pertimbangkan dalam menghapus tabel pada lembar kerja excel kamu.

Yang pertama yakni menghapus tabel beserta isinya dengan menggunakan tombol delete,yang kedua menghapus isi tabel tanpa harus menghapus format tabelya dan yang ketiga yakni mengahapus format tabelnya saja tanpa menghapus isi nya.

Penggunaan microsoft excel memang sangat diperlukan. Dengan fitur yang ada akan membantu kamu untuk mengolah data, tentu ini akan sangat berguna dalam menyelesaikan tugasmu terutama pada cara membuat tabel di excel.

Advertisement

Tinggalkan komentar