3 Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula [Mudah]

Beranda » 3 Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula [Mudah]

Memahami bagaimana cara membuat tabel di Excel untuk pemula, jelas sangat sederhana dan gampang untuk dipahami.

Walaupun pemula, pun awam menggunakan aplikasinya. Jika memang niat dan fokus dalam memahaminya, maka tidak ada salahnya. Bahkan proses untuk memahami dan mengaplikasikannya juga bisa dipastikan akan lebih mudah. Nah, apa saja dan bagaimana langkah pembuatannya?

Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula Menggunakan ‘Insert Table’

Penting untuk diketahui terlebih dahulu, bahwa Excel ini sering digunakan untuk mengolah data juga penggunaannya cukup sederhana. Apalagi jika kamu bisa menguasai beberapa rumus pengolahan menggunakan tabel.

Untuk dapat membuat tabel tersebut, kamu sebagai pengguna bisa memanfaatkan fitur atau menu Insert Table. Sebagai menu default dari Excelnya langsung, nah bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Ms. Excel dari laptop atau PC kamu
  2. Selanjutnya pilih serta blok kumpulan data yang ingin dibuatkan menjadi bentuk tabel
  3. Setelah perintah dan langkah tersebut dilakukan, bisa langsung klik Tab Insert dan pilih Table yang ada dibagian grup Tables
  4. Cara tersebut dilakukan untuk memunculkan fiturnya, dan kamu dapat menggunakan shortcut CTRL + L atau CTRL + T secara bersamaan menggunakan tombol keyboard
  5. Selanjutnya pilihan kotak akan muncul pada aplikasi
  6. Kamu dapat mengklik pilihan menu Create Table, pastikan agar sudah membuat rentang data dari tabel yang ingin dibuat sudah pasti sesuai
  7. Bila rentang datanya sudah sesuai, maka berikutnya kamu bisa langsung mengatur tabel di menu My Table
  8. Berikutnya, klik opsi OK dan tunggu beberapa saat. Setelah menunggu, maka kamu dapat melihat tabel muncul di lembar kerja, secara otomatis dan tentu saja cepat.

Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula Menggunakan Format as Table

Selain bisa menggunakan cara di atas, kamu juga dapat mengaplikasikan cara lain dalam membuat tabel pada ms. Excel. Kamu bisa memanfaatkan fitur Format as Table. Nah, bagaimana cara fitur tersebut dijalankan?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Ms. Excel di laptop atau PC kamu
  2. Berikutnya pilih, serta blok cell atau range data yang akan dibuatkan tabelnya
  3. Setelah semua datanya diblok, pada tabel Home bisa langsung pilih fitur Format as Table yang berada pada grup Style
  4. Bila ingin membuat garis pertama jadi header, langsung lakukan centang pada opsi My Table Has Headers
  5. Lalu pastikan data yang ingin dimasukkan pada tabel sudah sesuai, pun sudah benar
  6. Bila memang sudah dipastikan benar, maka silahkan langsung klik OK
  7. Dengan perintah tersebut, maka tabel yang dibuat akan langsung muncul pada lembar kerja di Ms. Excel yang sedang kamu olah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba aplikasikan untuk mencoba membuat tabel. Namun, selain membuat tabel pada umumnya. Kamu dapat mempelajari bagaimana cara membuat tabel Pivot di Excel. Sebelumnya, tentu kamu harus terlebih dahulu mengenai tabelnya secara jelas.

Mengenal Pivot Table di Excel untuk Pemula

Selain tabel biasa, kamu juga sebagai pemula wajib mengenali tabel pivot. Tabel Pivot ini merupakan salah satu fitur yang pada Ms. Excel sering digunakan oleh penggunanya.

Yakni sebuah table interaktif yang dapat menampilkan ringkasan dari data dengan jumlah cukup besar. Dalam arti lain, fitur ini dapat menjalankan kalkulasi pada setiap item yang ditampilkan.

Nah, selain itu pun Pivot Table ini dapat memudahkan pengguna untuk membaca data yang terdiri dari ratusan. Bahkan ribuan dalam waktu singkat. Fitur ini dapat menawarkan banyak kemudahan, seperti melakukan kalkulasi berbentuk data. Hingga mengubah data.

Maksudnya adalah mengubah data dari Pivot Table menjadi Pivot Chart, kemudian memindahkan Field ke lokasi yang berbeda. Atau beberapa perintah lainnya.

Fungsi dari Pivot table sendiri adalah agar data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan beberapa parameter yang diberikan sesuai kebutuhan data. Menggunakan pivot table diharapkan bisa mempercepat analisa suatu data, guna mengambil suatu keputusan. Atau kesimpulan.

Cara Membuat Tabel Pivot di Excel untuk Pemula

Sebelum mengaplikasikan dan memahami bagaimana cara membuat pivot table. Setidaknya ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Misalnya saja terdapat judul kolom, atau header untuk satu jenis data. Jangan ada cell yang dilakukan merge dalam satu tabel. Serta tidak terdapat kolom baris kosong. Tambahannya, pastikan juga apakah struktur tabel dari sumber data pivot table sudah benar.

Jika hal tersebut sudah diperhatikan secara baik, maka kamu dapat mengaplikasikan dan menerapkan pembuatan pivot table di bawah ini.

Dan sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah pada pembuatan pivot table. Terdapat beberapa istilah yang memang harus dikenali terlebih dahulu. Mulai dari Field, merupakan nama kolom data yang dimiliki.

Rows, merupakan istilah untuk menampilkan data secara vertikal. Columns, untuk menampilkan data secara horizontal. Value atau nilai dari data, sedangkan Filer adalah istilah yang digunakan untuk melakukan filtering terhadap data sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana membuat tabelnya?

  1. Pertama, langsung pilih range data yang akan dibuatkan tabel pivot
  2. Berikutnya buka menu Insert dan pilih Pivot Table secara langsung
  3. Di menu tersebut, akan dihadapkan dengan pilihan. Yakni Pivot Table dan Pivot Chart
  4. Pilih langsung Pivot Table dan sistem akan menampilkan Window Box Pivot Table
  5. Langsung pilih tempat yang digunakan untuk menempatkan laporan table pivotnya
  6. Pilih lembar kerja kertas baru, kemudian klik pilihan New Worksheet. Lalu pilih keterangan OK untuk melanjutkan
  7. Untuk dapat menganalisis dan mencari jumlah, maka bisa klik centang yang ada pada Pivot Table Fields
  8. Dengan perintah tersebut maka kamu dapat mengatur isi dari pivot table yang sedang dibuat. Pilihan ini juga dapat diatur sesuai kebutuhan, untuk dianalisis
  9. Prosedur selanjutnya bisa langsung pilih dan tarik poin-poin yang akan dianalisis ke dalam empat kolom pivot table fields
  10. Mulai dari Filters, Columns, Rows dan juga Values.

Nah, jika tabel pivotnya sudah jadi. Maka kamu dapat mengatur jenis value yang ingin digunakan. Dengan mengklik keterangan Anlyze di menu Bar. Kemudian pilih Field Setting. Lalu pilih bentuk value dari table pivotnya. Apakah SUM, Average, Max, Min atau bahkan lainnya.

Dari keterangan tersebut, jika kamu ingin mengubah bentuk value menjadi rata-rata. Maka tinggal pilih AVERAGE. Pun jika ingin mengubah bentuk valuenya menjadi bentuk lain, tinggal memilih jenis value diinginkan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula

Apakah Membuat Tabel di Excel Dapat Diedit Jadi Berwarna?

Sangat bisa. Kamu bisa menggunakan menu yang disediakan, agar tabel yang dibuat lebih enak untuk dilihat dan pengolahan data jadi lebih nyaman.

Apakah Cara Membuat Tabel Excel di Atas Berlaku untuk Semua Versi?

Berlaku, kamu bisa menggunakan salah satu caranya untuk membuat tabel.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.