Kamu masih bingung cara membuat tabel di Microsoft Excel? Aplikasi ini tidak hanya identik dengan pengolah angka, melainkan juga menyediakan menu untuk membuat tabel, grafik, statistik, dan sebagainya. Semua tersaji dalam perintah yang sederhana.
Pembuatan tabel biasanya dipergunakan sebagai pemberi informasi secara singkat dan padat, menggeneralisasikan komunikasi, memudahkan pembaca memahami isi data, serta menjelaskan fakta. Excel telah menyiapkan semuanya untuk kemudahanmu.
Pengertian Data Tabel Excel dan Manfaatnya
Mengawali pembahasan cara membuat tabel di Microsoft Excel lebih mendalam, mari sejenak memahai apa yang dimaksud data tabel? Secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah daftar berisi data atau informasi yang tersusun dalam baris dan kolom.
Microsoft menfasilitasi program ini dengan fitur Excel Data Table cukup lengkap. Kamu bukan hanya sekadar memberi border atau garis pembatas pada sebuah range, namun juga membuat tampilan lebih cantik, mengurutkan dan mengolah data secara otomatis.
Mempelajari cara membuat tabel di Microsoft Excel nantinya akan memberimu trik sederhana, namun menghasilkan penyajian data yang menarik. Hal ini tentu akan membantumu saat harus membuat presentasi kerja maupun tugas sekolah.
Tabel Excel memiliki beberapa bagian atau elemen dengan fungsi masing-masing, diantaranya:
- Baris Header berfungsi mengurutkan data tabel secara otomatis.
- Baris Berpita berfungsi membedakan antar data.
- Baris Total berfungsi menunjukkan jumlah total secara otomatis.
- Pengatur ukuran berfungsi untuk memperkecil atau memperbesar tabel.
Aplikasi untuk mengubah data menjadi tabel sebenarnya cukup banyak. Namun, menggunakan Excel akan memberimu beberapa keuntungan, diantaranya:
- Tersedia berbagai macam desain menarik yang bisa kamu pilih agar tampilan data tabelmu terlihat lebih profesional.
- Nama tabel dapat diubah sesuai keinginan, sehingga lebih mudah diingat. Hal ini sangat berguna ketika kamu akan menggunakan data tabel untuk dimasukkan kedalam function tertentu.
- Memiliki fitur untuk mengubah data secara otomatis tanpa mempengaruhi referensi tabel. Hal ini yang menjadikannya lebih unggul dan berbeda dengan program lainnya.
- Menggunakan cara membuat tabel di Excel otomatis akan memberimu bonus tombol filter dan subtotal.
Kamu semakin penasaran dengan langkah membuat tabel di Microsoft Excelkarena ingin memperoleh manfaatnya? Semua akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya. Supaya lebih mudah memahami, pelajari tekniknya sembari membuka aplikasi Excel.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
Tidak sesulit yang dibayangkan, kamu tinggal memilih cara termudah pada menu table tools. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengkonversi rentang data menjadi sebuah data dengan format tabel. Berikut tiga cara yang bisa kamu pakai, yaitu:
1. Pakai Menu Insert Table
Menu ini menjadi cara membuat tabel di Microsoft Excel yang paling sering digunakan karena mudah pengoperasiannya. Namun, tampilan yang dihasilkan sederhana, yaitu berupa kolom tanpa desain menarik atau sering disebut dengan default Excel.
- Tentukan range data yang ingin kamu ubah menjadi format tabel dengan cara mengklik dan menyeretnya (block sel).
- Buka tab insert dan pilih menu table.
- Tekan menu group tables, sehingga muncul kotak pilihan berupa create table.
- Pastikan bahwa range data yang ingin kamu jadikan sebagai tabel sudah benar.
- Catatan, apabila terdapat data salah yang masuk, maka kamu bisa melakukan penyortiran. Caranya dengan memilih sel berisi data salah, kemudian klik tombol panah yang tersedia pada judul.
- Apabila data yang akan kamu ubah memiliki judul kolom atau headers, maka centang tombol My Table has headers. Sebaliknya, jika tidak dicentang akan muncul header baru bernama coloumn1. Tidak perlu khawatir, nama kolom tersebut masih bisa diganti.
- Akhiri cara membuat tabel di Microsoft Excel dengan menekan tombol OK. Selamat data dalam bentuk tabel telah berhasil kamu buat.
2. Pakai Menu Format as Table
Bagi kamu yang ingin membuat tabel lebih menarik, maka pakai cara kedua berupa menu Format as Table. Disana tersedia berbagai design yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Cocok digunakan saat kamu membuat tabel data untuk sebuah presentasi.
- Mulai cara membuat tabel di Microsoft Excel dengan menyeleksi rentang data atau kumpulan sel yang akan diubah menjadi tabel. Gunakan teknik yang sama dengan sebelumnya.
- Buka tab Home dan pilih menu Group Style.
- Pilih desain menarik yang ingin kamu pakai melalui menu Format as Table.
- Setelah muncul kotak pilihan, pastikan bahwa semua range data yang terpilih sudah benar, kemudian tekan tombol Create as Table.
- Sebagaimana cara pertama, kamu dapat mengubah judul kolom dengan mencentang tombol My Table has Headers.
- Cara membuat tabel di Microsoft Excel telah sukses setelah kamu menekan tombol OK. Selanjutnya, tabel berisi data telah tersaji dalam worksheet-mu.
3. Pakai Shortcut Keyboard
Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah shortcut. Secara sederhana diartikan sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi atau perintah tertentu melalui tombol keyboard.
- Pilih range cell yang datanya akan kamu masukkan ke dalam tabel.
- Tekan secara bersamaan tombol Ctrl dan huruf T pada keyboard sebagai jalan pintas cara membuat tabel di Microsoft Excel.
- Setelah munucul kotak dialog Create Table, silahkan centang kotak dengan keterangan My Table has Headers.
- Klik tombol OK untuk memunculkan data dalam bentuk tabel.
Tabel yang telah berhasil kamu buat akan secara default memiliki nama Table1, Table2, dan seterusnya. Apakah hal ini tidak bisa diubah? Kamu dapat memberi nama tabel yang baru untuk merepresentasikan isinya. Adapun langkahnya sebagai berikut:
- Pilih tabel data yang ingin kamu ubah namanya, sehingga memunculkan tab Table Tools-Design secara otomatis.
- Klik menu Design, kemudian pilih Table Name.
- Masukkan naman tabel yang kamu inginkan. Perlu diingat bahwa penulisan tidak boleh mengandunh spasi. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan tanda underscore.
Apabila langkah diatas masih membuatmu bingung, silahkan mencoba alternatif cara yang lain, yaitu:
- Pilih tab Formulas.
- Klik icon Name Manager pada menu Defined Names.
- Setelah muncul box Name Manager, pilih menu edit atau klik dua kali pada bagian nama.
- Masukkan nama tabel sesuai yang kamu inginkan pada Name Box.
- Akhiri cara memberi nama tabel dengan mengklik tombol OK.
Tabel beserta namanya telah berhasil kamu buat dengan baik. Selanjutnya, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang. Tujuannya tentu memastikan bahwa tidak ada isi yang salah atau desain tabel kurang sesuai.
Bagaimana jika desain tabel ternyata tidak cocok? Kamu dapat mengubahnya dengan tetap mempertahankan bagian isi. Caranya, pilih tabel yang ingin dibuang sehingga memunculkan tab Table Tools. Silahkan pilih menu Convert to Range pada Design.
Menyajikan data dalam bentuk tabel terbukti memberikan banyak keuntungan, terlebih untuk kebutuhan presentasi. Mulai dari desain menarik sampai waktu pembuatan yang cepat. Maka dari itu, menguasai cara membuat tabel di Microsoft Excel cukup penting.