Advertisement

Cara membuat titik dua di Excel sering terpakai karena banyak kegunaanya. Akan tetapi, ternyata menuliskan titik dua yang rapi di aplikasi pengolah angka itu cukup sulit.

Cara membuat titik dua di Word jauh lebih mudah dan tidak ribet serta sekali jadi. Rasanya cukup banyak yang beranggapan seperti ini, padahal jika tahu metode yang benar, keduanya sama-sama mudah sekali.

Metode Format Cells – Custom (Otomatis)

Cara membuat titik dua sejajar di dalam tabel Excel yang pertama sangat mudah sekali langkah-langkahnya. Metodenya adalah menggunakan Format Cells, kamu pasti tidak asing bukan dengan menu satu ini. 

Baca Juga : Cara Copy Sheet Excel

Ayo langsung kita mulai saja langkah demi langkah beserta gambarnya, silahkan perhatikan ya.

  1. Pertama, blok atau pilih cells atau tabel yang kamu ingin titik duanya sejajar dan rapi (kolom yang masih kosong tidak masalah)
Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis
  1. Langkah selanjutnya, klik kanan dan pilih Format Cells kemudian cari menu Custom yang biasanya ada di bagian paling bawah
Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis
  1. Kemudian, pada bagian Type ketikkan @(spasi)*spasi”:” atau @ *”:”  selanjutnya klik OK
  2. Langkah terakhir, kamu tinggal menuliskan kata atau kalimat yang diinginkan kemudian langsung enter saja, maka otomatis tanda titik dua akan muncul dengan rapi dan sejajar
Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis

Langkah tersebut tidak hanya berlaku untuk satu kata, tetapi dua kata atau bahkan 3 juga bisa. Apabila panjang kata lebih dari tabel, maka cukup perlebar saja tabelnya maka titik dua akan muncul tanpa masalah.

Metode Manual Berbeda Cells

Cara membuat titik dua di laptop atau membuka Excel lewat ponsel rasanya akan oke-oke saja memakai metode kedua. Ini karena metode kedua memakai cara manual berbeda sel dan tanpa perlu membuka Format Cells.

  1. Langkah pertama, silahkan buat kolom yang sempit tepat di sebelah kolom yang mau kamu beri tanda titik dua
Baca juga:  8 Cara Memberi Warna Pada Excel Secara Otomatis & Manual
Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis
  1. Selanjutnya, tinggal tulis saja langsung tanda titik dua pada kolom kecil yang tadi kamu buat. 
Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis

Untuk membuat tanda titik dua yang rapi ke bawah, tidak usah kamu ketik satu per satu. Cukup seret saja ke bawah sampai baris yang kamu inginkan maka semua titik dua akan rapi dan sejajar

Penggunaan Metode yang Tepat dan Mengatasi Kegagalan yang Terjadi

Kedua metode di atas memang sama-sama bisa membuat titik dua dengan rapi dan sejajar lurus di Excel. Akan tetapi, penggunaanya berbeda terutama jika kamu menggabungkannya dengan cara membuat tabel di Excel.

Tabel di Excel biasanya diberi garis samping, bukan? Nah, karena adanya pemberian garis atau border ini maka metode kedua kurang cocok untuk tabel. Hanya saja, jika tanpa garis tabel tidak akan ada masalah sama sekali.

Lihat Juga : Cara Memisahkan Data di Excel

Oleh karena itu, metode satu umumnya untuk membuat titik dua di dalam tabel. Sebaliknya, cara kedua lebih sering untuk penulisan di Excel yang tanpa memakai tabel seperti di identitas diri dan semacamnya. 

Berbicara mengenai kegagalan penggunaan metode ini, lebih cenderung ke cara pertama. Pasalnya, metode kedua tidak ada perlakuan khusus karena kita hanya perlu membuat satu kolom tambahan yang sempit di sebelah kolom utama.

Kegagalan yang sering terjadi pada metode pertama seringkali karena penyebab yang sama, yaitu:

  • Peletakan spasi yang kurang tepat
  • Jumlah spasi yang terlalu banyak
  • Lupa menaruh tanda petik
  • Memakai titik koma dan bukan titik dua

Kesalahan di atas umumnya yang membuat pembuatan titik dua belum berhasil. Jadi, pastikan tuliskan dengan benar formatnya terutama di bagian spasi dan penggunaan titik dua atau titik koma.

Baca juga:  Cara Membuat Footer di Excel Paling Mudah [Gambar Lengkap]

Apabila kamu memakai titik koma, maka setelah enter yang muncul akan titik koma dan bukannya titik dua. Jika, kamu menggantinya dengan simbol lain maka simbol itulah yang akan muncul alih-alih titik dua.

Kedua cara di atas akan bekerja dengan baik dan pasti berhasil apapun seri Excel yang kamu pakai. Hal ini karena formatnya memang sederhana dan basic yang ada di Microsoft Excel.

Bagaimana, mudah sekali cara membuat titik dua di Excel bukan? Ternyata tidak ada formula atau rumus khusus dan sama mudahnya seperti di Word. Malahan, ini mungkin lebih mudah karena tidak perlu mengatur ruler seperti di Word.

Advertisement