Cara Membuka File Microsoft Word 2010 yang Tidak Bisa Dibuka

Beranda ยป Cara Membuka File Microsoft Word 2010 yang Tidak Bisa Dibuka

Cara membuka file Microsoft Word 2010 yang tidak bisa dibuka itu tak begitu sulit. Dengan beberapa langkah yang mudah saja, membuka file word 2010 bisa dijalankan dengan mudah. Karenanya, perhatkanlah bagaimana cara buka file word yang tak dapat terbuka.

Masalah word yang tak bisa dibuka memang sering terjadi. Karenanya, harus dipahami cara untuk membuka file word 2010 yang tak dapat terbuka. Berikut ini penjelasan mengenai proses membuka file word yang tak bisa dibuka sekaligus cara pencegahannya.

Penyebab File Microsoft Word 2010 Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa penyebab utama mengenai kenapa file Microsoft Word 2010 tak dapat terbuka. Harus dipahami apa saja penyebab dari masalah tersebut. Ini dia beberapa penyebab utama dari kenapa file Microsoft Word 2010 itu tak bisa terbuka.

1. File Rusak atau Corrupt

Salah satu penyebab file Microsoft Word 2010 tak bisa dibuka adalah rusak atau corrupt. File yang rusak atau corrupt memang jadi penyebab dari masalah tersebut. Saat mengalami file yang rusak atau corrupt, file pada word 2010 itu pastinya tak bisa dibuka sama sekali.

2. Ada Gambar Ekstensi Khusus

Adanya gambar dengan ekstensi tertentu pada lembar kerja word 2010 juga bisa menjadi penyebab masalahnya. Ini adalah masalah yang sangat sering terjadi pada dokumen dari Microsoft Word 2010. Ekstensi gambar tertentu memang akan membuat sejumlah file tak dapat terbuka.

3. Dokumen Terkunci

Dokumen yang terkunci adalah penyebab lain dari file word 2010 yang tak bisa terbuka. Ini adalah masalah yang pasti sering terjadi dan dialami banyak pengguna. Sehingga, perhatikanlah terus apakah dokumen itu terkunci atau tidak.

4. Error pada Microsoft Word

Penyebab utama lainnya adalah adanya error pada Microsoft Word. Ini merupakan penyebab lainnya yang sangat sering terjadi dalam banyak hal. Ketika program Microsoft Word yang digunakan itu error, maka file bisa saja tak terbuka.

Tata Cara Membuka File Microsoft Word 2010 yang Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa cara dalam membuka file word 2010 yang tak dapat terbuka. Sejumlah cara bisa diandalkan untuk pembukaan lembar kerja word 2010 yang tak tertutup. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tata cara membuka filw word 2010 yang tak bisa dibuka.

1. Ubah Type File

Cara membuka file Microsoft Word 2010 yang tidak bisa terbuka bisa menggunakan metode ubah type file. Sebab, masalah bisa datang karena type file word yang berbeda. Berikut ini tata cara ubah type file untuk bisa baca file word.

  • Buka word di laptop atau PC
  • Pilih menu open dan pilih export
  • Pilih opsi change file type di sana
  • Pilih file yang akan diubah ekstensinya
  • Klik langsung menu tools
  • Buka tab view dan centang box file name extensions
  • Ubah ekstensi sesuai versi laptop atau PC yang dipakai

2. Aktifkan Safe Mode

Aktifkan safe mode juga bisa dilakukan untuk buka file word 2010 yang tak dapat terbuka. Cara aktivasi ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Karenanya, perhatikan selalu cara aktivasinya. Ini dia tata cara aktifkan safe mode pada word.

  • Klik tombol Windows dan akses box run
  • Ketik exe/safe di kotak tersebut lalu tekan OK
  • Impor langsung file yang tak bisa terbuka
  • File akan bisa terbuka di word

3. Pakai Fitur Advance Options

Memakai fitur advance options juga bisa jadi opsi untuk buka file word. Cara ini bisa digunakan untuk bisa langsung membuka filew word 2010 yang tak dapat terbuka. Ini dia cara menggunakan fitur advance options.

  • Buka lembar kerja word
  • Pilih opsi view
  • Klik draft
  • Lanjutkan dengan pilih file -> options -> advance
  • Pilih show document content
  • Centang opsi show picture placeholder draft and outline views
  • File yang rusak bisa terbuka

Mencegah Masalah File Microsoft Word 2010 yang Tidak Bisa Dibuka

Terdapat sejumlah cara untuk bisa mencegah masalah file Microsoft Word yang tak bisa dibuka. Semua tindakan pencegahan itu tentunya harus diperhatikan dengan baik. Ini dia beberapa tindakan untuk mencegah masalah word 2010 yang tak dapat terbuka.

1. Simpan File Word dengan Benar

Tindakan pencegahan pertama yang bisa dilakukan adalah menyimpan file word dengan baik dan benar. Simpanlah dokumen atau file word dengan ekstensi yang tepat. Hal itu akan memastikan bahwa semua file dan dokumen Microsoft dapat terbuka dengan baik tanpa masalah.

2. Selalu Update Microsoft Word

Pastikan juga untuk selalu update aplikasi Microsoft Word. Update pada Microsoft Word itu memang akan memudahkan segalanya. Karena itu, perhatikanlah apakah Microsoft Word sudah diperbaharui apa belum. Ini adalah cara pencegahan yang bisa dilakukan.

3. Pasang Anti Virus di PC atau Laptop

Pasanglah anti virus di PC atau laptop. Ini adalah tindakan pencegahan yang bisa diandalkan juga untuk mengatasi aneka masalah. Program anti virus tersebut memang punya banyak fungsi. Karenanya, pastikan bahwa di PC atau laptop sudah ada anti virusnya.

4. Selalu Jaga Kebersihan PC atau Laptop

Selalu menjaga kebersihan PC atau laptop juga jadi tindakan pencegahan. Hal ini kadang dilupakan oleh banyak orang. Padahal, kebersihan dari PC dan laptop itu memang harus selalu dijaga agar tidak ada masalah. Semuanya demi mencegah aneka masalah pada word 2010.

FAQ | Cara Membuka File Microsoft Word 2010 yang Tidak Bisa Dibuka

Apa penyebab utama file word 2010 tak bisa dibuka?

Salah satu penyebab utamanya adalah file word 2010 yang rusak.

Apakah masalah file word 2010 tak bisa dibuka bisa dicegah?

Bisa. Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.