Cara Membuka File RTF di HP dan di PC dengan Mudah

Beranda » Cara Membuka File RTF di HP dan di PC dengan Mudah

Cara membuka file RTF atau rich text format dari Microsoft pada dasarnya tak begitu sulit. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk membuka dan membaca file yang berbentuk RTF. Karenanya, selalu perhatikanlah cara membuka file RTF secara baik dan benar.

File RTF memang harus dipahami seluk beluknya. Utamanya cara membuka file tersebut di berbagai medium. Karenanya, perhatikanlah selalu cara buka file RTF. Berikut ini adalah tata cara membuka file RTF dengan mudah di aneka platform.

Memahami Fungsi dan Manfaat File RTF

Memamahmi fungsi dan kegunaan file RTF itu cukup penting. Sebab, mungkin tak banyak yang tahu tentang kegunaan dari file RTF tersebut. Ada beberapa manfaat dan kegunaan yang perlu dimengerti dengan baik. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari file RTF.

1. Menyimpan Data dengan Aman

Fungsi utama adalah menyimpan data tulisan dengan aman. Jaminan keamanan pada data yang disimpan ini memang jadi sesuatu yang akan dicari terus. Saat menyimpan data secara aman, pengguna tak perlu takut kehilangan file penting yang berisikan teks atau tulisan.

2. File Mudah Dibuka

Membuat file mudah dibuka juga merupakan manfaat yang bisa didapatkan. Hal seperti ini memang jadi sesuatu yang diperlukan oleh mahasiswa atau pelajar yang tiap hari berkutat dengan file word. Kemudahan untuk membuka file RTF ini pastinya penting dalam banyak hal.

3. Kompatibel dengan Banyak Program

File dokumen RTF itu kompatibel dengan banyak program. Berbagai macam program pengolah data text itu bisa membaca file RTF. Ini jadi sesuatu yang menguntungkan. Jika dibuka dengan program – program lain, file dokumen RTF pastinya akan terbuka dengan mudahnya.

4. Memudahkan Proses Bertukar File

File RTF itu juga bisa memudahkan proses untuk bertukar file. Pertukaran file pada satu smartphone ke smartphone lainnya akan jadi lebih cepat. Ini akan jadi hal yang sangat menguntungkan ketika memang perlu mengirimkan file tertentu.

Tips Membuka File RTF di Berbagai Medium

Ada beberapa tips sederhana untuk membuka file RTF di berbagai medium. Semua tips tersebut bisa diandalkan secara langsung. Berikut ini beberapa tips dalam memudahkan proses membuka file RTF di berbagai medium.

1. Gunakan Aplikasi Pendukung

Supaya bisa buka file RTF di berbagai medium, maka selalu disarankan untuk gunakan aplikasi pendukung yang tepat. Pilihlah aplikasi pendukung yang terbaik agar file RTF bisa langsung terbuka.

2. Pastikan File RTF Bebas Virus

Selalu pastikan juga bahwa file RTF itu terbebas dari yang namanya virus. Aneka virus berbahaya itu memang harus diantisipasi. Jangan sampai bermasalah dengan virus yang berasal dari file RTF.

3. Lakukan Konversi File RTF

Jangan lupa juga untuk lekaukan konversi file ke RTF untuk bisa membuka dengan mudah. Mengubah file jadi RTF itu bisa dilakukan dengan mudah lewat pengaturan di Microsoft Word.

Cara Membuka File RTF di Android

Kini saatnya memahami bagaimana cara membuka file RTF di android. Pastinya tak terlalu sulit untuk membuka file RTF lewat smartphone android. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk membuka file RTF di android. Ini dia cara buka file RTF di android.

1. Download Aplikasi WPS Office

Download dulu aplikasi WPS Office untuk android. Aplikasi tersebut bisa didapatkan langsung pada Google Playstore. Kalau sudah download, lanjutkan dengan install.

2. Buka Aplikasi WPS Office

Proses selanjutnya adalah membuka aplikasi WPS Office. Bukalah langsung aplikasi WPS Office yang tadi sudah diunduh dan lakukan login di sana.

3. Buka File RTF di WPS Office

Berikutnya adalah membuka file RTF di WPS Office. Klik open file dan cari langsung file RTF yang akan dibuka menggunakan android melalui aplikasi WPS Office.

4. File RTF akan Terbaca

Ketika sudah memasukkan file RTF ke WPS Office, maka file akan terbuka dan bisa dibaca. Kalau tak bisa terbaca, tinggal mengulangi lagi langkah atau proses dari awal.

Cara Membuka File RTF di Komputer

Cara untuk membuka file RTF di komputer berbeda dengan android. Hal ini juga harus diperhatikan juga dengan tepat oleh para pengguna. Selalu perhatikanlah bagaimana cara membuka file RTF tersebut. Berikut ini adalah tata cara membuka file RTF di komputer dengan mudah.

1. Cari File RTF di Komputer

Pertama – tama adalah mencari file RTF di komputer. Carilah di mana file RTF yang mau dibuka pada komputer yang digunakan.

2. Klik Kanan pada File RTF

Setelah menemukan file RTF tersebut, lanjutkan dengan klik kanan pada file RTF. Nantinya akan ada beberapa menu yang terbuka di sana.

3. Buka File dengan Aplikasi yang Ada di Komputer

Selanjutnya adalah memilih open with di sana. Pilih saja open with wordpad yang biasanya sudah terpasang pada komputer.

4. Tunggu File RTF Terbuka Sempurna

Jika sudah klik open with wordpad, maka file RTF akan terbuka secara sempurna. File RTF akan bisa terbaca dengan menggunakan wordpad.

FAQ | Cara Membuka File RTF

Apa fungsi dari file RTF?

RTF merupakan ekstensi dokumen yang bisa disimpan di banyak aplikasi.

Kenapa file RTF tak bisa dibuka?

Biasanya karena tidak adanya aplikasi pendukung yang bisa digunakan.

Apakah file RTF bisa dibaca di smartphone?

Bisa. Asal unduh aplikasi RTF reader, file tersebut bisa terbaca dengan mudah.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.