Cara Membuka Microsoft Excel di Windows dan MacOS

Beranda » Cara Membuka Microsoft Excel di Windows dan MacOS
Advertisement

Bagi yang mencari tahu tentang bagaimana cara membuka Microsoft Excel, berarti sebelumnya belum pernah sama sekali menggunakannya.

Entah itu menggunakan dan membukanya di Windows, atau bahkan membuka dan menggunakannya di perangkat MacOS. Agar kamu tidak kagok atau tidak merasa kesusahan saat menggunakannya, maka cara membuka aplikasi Excel ini wajib dipahami secara baik.

Mengenal Sedikit Tentang Aplikasi Microsoft Excel

Sebelum tahu bagaimana cara membukanya, kiranya akan lebih baik jika kamu mengenal terlebih dahulu aplikasinya. Aplikasi ini sering digunakan, sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pun seringnya digunakan untuk pengerjaan dan pengolahan data dalam bentuk numerik atau angka.

Kendati demikian, selain itu. Pengguna juga dimungkinkan untuk dapat menginput data berupa tulisan, teks atau bahkan beberapa fungsi kompleks lainnya.

Aplikasi ini dikenal dengan sebutan Spreadsheet. Atau bisa juga disebut dengan lembar kerja elektronik. Yang membantu pengguna untuk dapat menghitung, menganalisis, juga mempresentasikan banyak data.

Dari pertanyaan dan penjelasan di atas, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi Microsoft Excel atau Ms. Excel ini adalah program aplikasi pengolah data. Yang dihimpun dalam bentuk tabel.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu dapat memahami fungsi Microsoft Excel di bawah ini.

  1. Bisa digunakan untuk membuat, mengurutkan, mengedit, hingga menganalisis dan meringkas data
  2. Dapat digunakan untuk menghitung aritmatika serta statistika
  3. Membantu pengguna untuk menyelesaikan soal logika, serta matematika
  4. Bisa digunakan untuk membuat grafik serta membuat diagram.

Selain dari empat fungsi tersebut, Microsoft juga ternyata dapat berfungsi untuk menghitung kurs mata uang. Kemudian membuat daftar hadir dalam sebuah kegiatan.

Fungsi Microsoft Excel untuk dapat menyajikan data yang lebih tepat. Rapi, juga lebih akurat. Dan tentu saja dapat digunakan untuk menghitung matematika.

Jadi pada intinya adalah, aplikasi Microsoft Excel ini dapat mengolah data atau bahkan teks seperti biasa. Namun jika kamu ingin menggunakannya dan belum tahu bagaimana membukanya, yuk langsung simak pembahasan lengkap selanjutnya.

Cara Membuka Microsoft Excel di Windows

Pengguna Windows tentu saja sangat banyak, dan aplikasi Excel ini menjadi salah satu aplikasi. Atau software wajib di sistem operasi Windows. Jika secara tepat saat ini kamu pengguna Windows, maka untuk membuka aplikasi Excel bisa dipelajari beberapa tahapan di bawah ini.

  1. Pertama, langsung pilih dan cari ikon Windows di layar desktop laptop kamu. Lebih tepatnya ada dibagian pojok kiri bawah desktop
  2. Kemudian cari menu Program
  3. Berikutnya cari dan pilih aplikasi Microsoft Office
  4. Dari Software ini, maka kamu dapat menemukan aplikasi Microsoft Excel
  5. Tunggu hingga jendela aplikasi Excel ditampilkan
  6. Untuk membuka aplikasi ini pun bisa langsung dari desktop, menggunakan shortcut jika memang disediakan.

Nah, dengan langkah dan prosedur tersebut. Maka kamu bisa langsung menjalankan aplikasinya, menginput data secara langsung.

Jika ingin menutup jendela dan aplikasi Excel, cukup dengan menggunakan ikon silang yang ada pada bagian pojok kanan atas jendela aplikasi.

Cara ini sangat sederhana, cara membuka Microsoft Excel di Windows pun hampir sama dengan bagaimana cara membuka aplikasi lainnya.

Cara Membuka Microsoft Excel di Desktop MacOS

Sistem Operasi Windows tidak menjadi satu-satunya sistem Operasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Boleh jadi, saat ini kamu juga merupakan salah satu pengguna MacOS. Yakni sistem operasi produk dari Apple.

Untuk cara membuka aplikasinya, tentu saja berbeda. Dan jika memang benar kamu pengguna MacOS dan ingin membuka aplikasi Excel. Maka bisa coba langsung pahami, serta perhatikan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan MacOS kamu dan pastikan perangkat sudah siap digunakan
  2. Berikutnya klik aplikasi Finder yang letaknya di menu Bar. Pada layar Home
  3. Advertisement
  4. Selanjutnya cari menu Applications
  5. Dari menu tersebut, langsung cari software Microsoft Word
  6. Kemudian klik program aplikasi atau software Microsoft Excel yang ada di layar
  7. Tunggu terlebih dahulu beberapa saat sampai jendela program aplikasi Excel ditampilkan
  8. Kamu dapat membuka aplikasi Excel di MacOS dengan mengklik dua kali pada shortcut yang biasanya muncul pada layar desktop
  9. Dengan keterangan tersebut, maka kamu pun bisa langsung menginput data secara mudah serta sederhana.

Nah, jika semua data dan pengerjaan sudah dilakukan. Kemudian ingin menutup aplikasi. Maka bisa langsung klik ikon silang yang ada dipojok kiri jendela aplikasi Excel.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa cara membuka Microsoft Excel ini sangatlah sederhana. Juga tidak memakan waktu banyak.

Ketika nanti jendela aplikasi sudah terbuka secara langsung, maka kamu pun akan melihat tampilan beberapa bagian. Atau elemen penting untuk dapat memulai pekerjaan, serta mengolah data.

Agar tidak hanya sekadar tahu bagaimana membuka aplikasinya, maka kamu juga harus tahu sedikit tentang bagian-bagian. Atau tools yang ada di dalamnya.

Mengenal Bagian dan Tools di Microsoft Excel

1. Quick Access Toolbar

Untuk memudahkan kamu menemukan bagian ini, biasanya secara default akan tersimpan opsi perintah Save. Kemudian Undo, Redo, hinga beberapa perintah lain. Sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna.

2. Ribbon

Bagian ini ada tepat dibagian bawah Quick Access Toolbar. Fungsi Ribbon adalah sebagai pusat kontrol atau kendali terhadap tindakan. Pun perintah, serta pekerjaan yang pengguna lakukan.

Menu Ribbon memiliki beragam menu dalam bentuk Tab, yang pada umumnya dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengatur pekerjaan pengolahan data. Mulai dari menu File, Home, Formula, View dan Review hingga ada juga menu Page Layout untuk mengatur lembar kerja.

Semua tabnya memiliki kategori juga fungsi berbeda. Salah satunya pada tab Home, memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk mengatur format teks. Mulai dari huruf, atau bahkan jarak antar teks.

3. Formula Bar dan Name Box

Name Box sendiri memiliki fungsi sebagai sistem yang menampilkan nama dari sebuah cell sedang aktif. Atau sedang digunakan.

Cell sendiri adalah kumpulan kotak di dalam kerja Ms. Excel. Sedangkan untuk Formula Bar, akan menampilkan serta bisa digunakan untuk mengedit isi dari konten yang ada pada sebuah cell.

4. Worksheet

Kemudian selanjutnya ada Worksheet, atau lebih akrabnya disebut dengan lembar kerja. Menjadi bagian sangat penting di Excel. Dan sudah dipastikan tampilannya berbeda dengan aplikasi Ms. Word.

Worksheet memiliki fungsi sebagai tempat untuk pengolahan data. Berisi cell yang berbentuk kolom serta baris, atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet.

5. Status Bar

Bagian tampilan Excel paling bawah. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk mengatur tampilan di Worksheet. Seperti untuk mengatur ukuran tampilan worksheet, dengan menggeser tombol Zoom in atau bahkan Zoom out.

Nah, itulah beberapa metode cara membuka Microsoft Excel yang bisa kamu pahami secara sederhana. Serta beberapa penjelasan tentang bagian-bagian yang ada di dalam aplikasinya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuka Microsoft Excel

Apakah Cara di Atas Berlaku untuk Membuka Excel dengan Versi Berbeda?

Ya, bisa dilakukan dengan cara sama.

Apakah Ada Kemungkinan Saat Membuka Excel Mengalami Error?

Sangat mungkin terjadi.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.