Cara Membuka Microsoft Word yang Terkunci

Cara membuka Microsoft Word yang terkunci tak sulit sama sekali. Ada beberapa cara yang mudah untuk bisa membuka file atau dokumen Microsoft yang sedang terkunci. Jadi, tak perlu bingung ketika sedang mengalami masalah tentang file yang terkunci.

Masalah file yang sering terkunci memang sering terjadi. Sehingga, harus ada pemahaman tentang cara membukanya. Seperti apa sebenarnya cara membuka Mirosoft Word yang terkunci dengan praktis dan mudah? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

Kenapa File Microsoft Word Bisa Terkunci?

Ketahui selalu juga kenapa file Microsoft Word itu bisa terkunci. Tentunya ada sejumlah alsan mengenai kenapa sebuah file atua dokumen Microsoft Word itu bisa terkunci. Hal ini benar – benar perlu diperhatikan oleh para pengguna. Ini dia beberapa alasan kenapa file Microsoft Word terkunci.

1. Pembuat File Ingin Berikan Perlindungan Lebih

Salah satu alasan kenapa file Microsoft word terkunci adalah pembuat file ingin memberikan perlindungan lebih. Sehingga, jangan heran kalau ada file dan dokumen yang diberikan perlindungan lebih. Proteksi ini memang benar – benar penting perannya.

Banyak yang sengaja membikin file terproteksi karena ingin benar – benar memberikan perlindungan yang lebih kepada file – file yang dianggap amat penting. Perlindungan yang lebih tersebut pasti akan bermanfaat jika data di dokumen penting.

2. Pembuat Ingin Dokumennya Tak Diutak – atik

Pembuat dokumen juga biasa mengunci file word karena tidak ingin diutak – atik. Dokumen atau file memang harus sengaja diberikan perlindungan yang lebih. Hal ini untuk mencegah masalah pengutak – atikan dari orang yang tak bertanggung jawab.

Jika sebuah file atau dokumen tak diproteksi, maka akan muncul banyak gangguan dan masalah. Terutama gangguan terhadap file yang bisa saja dimanipulasi. Data yang sangat penting memang akan selalu diproteksi dan tidak akan mudah dibuka sembarangan.

3. Dokumen yang Dibagikan Sangat Penting

Penguncian juga dilakukan karena dokumen yang dibagikan dianggap sangat penting. Dokumen yang dianggap penting biasanya akan dilindungi secara lebih oleh para pembuatnya. Oleh sebab itu, jangan heran kalau file Microsoft ada yang terkunci.

Seringkali yang dibuat dan dibagikan adalah dokumen bersifat rahasia. Karenanya, pembuat dokumen sengaja menguncinya dan memberikan tambahan password bagi semua yang mau membukanya.

Cara Membuka Microsoft Word yang Terkunci dengan Mudah

Cara membuka Microsoft Word yang terkunci itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana, proses membuka file atau dokumen word bisa dijalankan dengan mudah. Berikut ini sejumlah cara mudah untuk buka file Microsoft Word yang terkunci.

1. Menggunakan WordPad

Cara untuk membukan file dan dokumen Microsoft Word yang terkunci pertama adalah dengan memakai WordPad. Aplikasi tersebut bisa ditambahkan pada PC atau laptop. Dengan aplikasi tersebut, semuanya akan jadi mudah. Berikut ini cara buka word yang terkunci dengan mudah.

  • Buka Microsoft Word dulu
  • Pilih Folder yang dipakai untuk menyimpan
  • Ubah ekstensi file jadi rtf
  • Klik kanan pada file word yang terkunci
  • Pilih open with dengan WordPad
  • File word yang terkunci akan terbuka

2. Memanfaatkan Google Drive

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Google Drive itu juga bisa digunakan untuk membuka file atau dokumen word yang terkunci. Ketika memanfaatkan Google Drive, pembukaan file Microsoft akan jadi lebih mudah. Ini dia panduan buka file word dengan Google Drive.

  • Login dulu ke Google Drive
  • Upload file atau dokumen word yang terkunci ke Google Drive
  • Klik kanan pada file sudah diupload dan pilih open with
  • Klik Google Docs
  • Download as pada file yang terbuka di Google Docs
  • File akan terdownload dan kemudian bisa dibuka tanpa password

3. Aktivasi Fitur Pengeditan

Terdapat fitur pengeditan yang ada di file word yang terkunci. Ini adalah cara yang bisa diandalkan oleh semua orang. Sehingga, cobalah pastikan paham cara aktivasi dengan fitur edit di dalamnya. Berikut ini adalah cara buka word dengan fitur pengeditan.

  • Buka dokumen word yang sedang terkunci
  • Pilih file di pojok kiri word
  • Klik opsi “Proteksi Dokumen”
  • Aktifkan Pengeditan pada menu tersebut
  • File atau dokumen word akan terbuka

4. Minta Password ke Pembuat

Meminta password juga bisa menjadi cara untuk buka dokumen atau file word yang terkunci. Dengan cara masukkan password secara manual, file atau dokumen bisa terselesaikan. Berikut ini adalah cara menggunakan password untuk buka file word yang terkunci.

  • Hubungi pembuat file dokumen
  • Minta password untuk membuka kunci
  • Setelah dapatkan password langsung buka file
  • Masukkan password ke tempat yang sudah disediakan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuka Microsoft Word yang Terkunci

Kalau ingin membuka file atau dokumen Microsoft Word yang terkunci, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan sejumlah hal tersebut, proses membuka file atau dokumen word akan jadi mudah. Ini dia beberapa penjelasannya.

1. Periksa File dengan Baik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa file dengan baik dari awal. Pemeriksaan terhadap file yang terkunci memang krusial. Jadi, jangan sampai bermasalah dengan file yang mau dibuka pada word tersebut. Cermati semuanya dari awal sampai akhir.

2. Hubungi Pembuat File Kalau Ada Password

Penguncian biasanya dilakukan dengan password yang rumit. Karenanya, cobalah hubungi si pembuat file supaya file maupun dokumen word yang terkunci bisa dibuka secara langsung.

3. Pastikan File Word Terbaca

Selalu pastikan dulu juga bahwa file word yang terkunci dapat terbaca. Ini merupakan faktor penting yang harus selalu diperhatikan saat akan membuka file word yang terkunci. Dengan memastikan file word dapat terbaca dengan baik, semuanya pasti akan berlangsung dengan lancar.

4. Siapkan Internet untuk Berjaga – jaga

Menyiapkan internet untuk berjaga – jaga juga akan menjadi bagian penting pula. Cobalah untuk menyiapkan koneksi internet yang stabil jika tiba – tiba perlu internet. Sebab, kadang memang dibutuhkan internet agar proses membuka word yang terkunci bisa langsung terbuka.

5. Aktifkan Fitur Pengeditan

Cobalah juga untuk aktifkan fitur pengeditan. Ketika mengkatifkan fitur tersebut, proses membuka dokumen atau file yang terkunci akan berjalan dengan lebih mudah. Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika menemui masalah word yang terkunci.

FAQ | Cara Membuka Microsoft Word yang Terkunci

Bagaimana cara membuka Microsoft Word yang terkunci dengan praktis?

Cara paling praktis adalah dengan membukanya pakai password asli.

Kenapa tidak bisa membuka Microsoft Word yang terkunci?

Karena ada password yang harus dituliskan agar bisa membuka file atau dokumen tersebut.

Tinggalkan komentar