Cara Memperbaiki Tulisan Word yang Berantakan

Beranda ยป Cara Memperbaiki Tulisan Word yang Berantakan

Cara memperbaiki tulisan word yang berantakan bisa dijalankan dengan mudah. Kadang saat membuat dokumen atau file di Microsoft Word, tulisan yang muncul sangat berantakan. Itu tentu saja menjadi sebuah masalah ketika ingin bikin file atau dokumen word.

Perbaikan pada tulisan yang berantakan itu sebenarnya tak sulit. Ada beberapa langkah dan tahapan yang bisa dilakukan untuk lakukan perbaikan pada tulisan word yang berantakan tersebut. Ini dia beberapa cara untuk memperbaiki tulisan word yang berantakan tersebut.

Cara Memperbaiki Tulisan di Word yang Berantakan dengan Mudah

Memperbaiki tulisan di word yang berantakan itu cukup mudah sebenarnya. Hanya dengan sejumlah langkah sederhana, perbaikan tulisan di lembar kerja word bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Karenanya, selalu ikuti cara โ€“ cara yang tepat. Ini dia cara perbaiki tulisan word yang berantakan.

1. Copy Paste dengan Notepad

Memperbaiki tulisan di word yang berantakan bisa menggunakan bantuan dari notepad. Caranya adalah dengan copy dulu seluruh isi dokumen ke aplikasi notepad. Atur tulisan di notepad secara menyeluruh. Setelah itu, langsung paste tulisan ke lembar kerja word yang baru.

2. Mengubah Format Dokumen

Mengubah format dokumen juga bisa menjadi cara untuk memperbaiki tulisa berantakan di word. Caranya dengan mengubah ekstensi file menjadi docx di PC atau laptop. Gunakanlah converter untuk mengubah file atau dokumen word menjadi docx yang bisa dibaca ke semua file word.

3. Menggunakan Fitur Find and Replace

Jika tulisan word berantakan disebabkan oleh kekeliruan kata, maka fitur find and replace bisa menjadi solusinya juga. Menggunakan fitur ini cukup mudah. Tinggal menekan CTRL + H di lembar kerja. Kemudian atur kata apa yang mau diganti dan kata apa yang dijadikan pengganti.

4. Pakai Fitur Advance Spacing

Jika bermasalah dengan tulisan yang spasinya berantakan, maka pakai saja fitur advance spacing. Fitur advance spacing tersebut bisa digunakan untuk merapikan tulisa. Blok semua tulisan, kemudian klik kanan dan pilih advanced. Pilih spacing dan aturlah menjadi expanded.

Penyebab Tulisan di Word Berantakan

Ada beberapa penyebab utama dari tulisan di word yang berantakan. Semua penyebab itu harus diketahui dengan baik dan seksama. Apa saja penyebab utama dari tulisan di word yang berantakan? Ini dia beberapa penyebab utama dari tulisan word yang sangat berantakan.

1. Perbedaan Microsoft Word yang Digunakan

Salah satu penyebab dari tulisan di word yang berantakan adalah perbedaan versi word yang digunakan. Jika membuat dokumen di word 2007 kemudian membuka di word 2013, maka tulisan bisa berantakan. Ini merupakan penyebab yang sangat sering terjadi.

2. Penyimpanan File yang Berbeda

Tulisan itu berantakan juga disebabkan oleh sistem penyimpanan file yang berbeda. Biasanya karena menyimpan file di versi word yang lawas. Ini adalah salah satu hal yang paling sering terjadi ketika tulisan di word jadi berantakan.

3. Penggunaan Font yang Berbeda

Penyebab lainnya adalah penggunaan font yang berbeda. Jika menggunakan font yang berbeda โ€“ beda, tulisan bisa berantakan. Karenanya, pemakaian dan penggunaan font yang berbeda itu harus diperhatikan oleh para pengguna word di luar sana.

4. Error yang Terjadi di Internal Laptop atau PC

Terjadinya error pada internal laptop atau PC juga merupakan penyebab utamanya. Masalah error di laptop dan PC memang jadi penyebab banyak masalah. Salah satunya adalah masalah tulisan yang berantakan pada lembar kerja word.

Mencegah Tulisan pada Word Berantakan

Tentu ada cara yang bisa digunakan supaya tulisan di word tidak berantakan. Upaya pencegahan tersebut memang perlu dilakukan supaya pekerjaan yang dilakukan di word tidak terganggu. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah tulisan pada word berantakan.

1. Simpan File di Word Lama

Cara terbaik untuk mencegah tulisan di word berantakan adalah menyimpan file pada jenis word yang lama. Menyimpan file pada word versi lama memang jadi salah satu tindak pencegahan yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Cara pencegahan ini memang sangat bisa diandalkan.

2. Atur Spasi dengan Baik

Mengatur spasi dengan baik sedari awal merupakan tindak pencegahan yang bisa dilakukan. Cara ini banyak dipakai karena bisa memberikan jaminan lembar kerja word lebih rapi. Proses mengatur spasi dari awal memang selalu disarankan kepada semua orang dan pengguna word.

3. Pakai Font Standar di Word

Memakai font yang standar di word juga cara pencegahan terbaik. Ini adalah cara yang benar โ€“ benar bisa diandalkan untuk mencegah terjadinya masalah pada sistematika penulisan. Untuk itu, jangan pakai font yang aneh dan utamanya font standar saja.

4. Hindari Penggunaan Word Versi Lama

Cara pencegahan berikutnya adalah menghindari pemakaian word versi lama. Penggunaan word versi lama memang sangat dianjurkan. Dengan menggunakan cara ini, masalah berupa tulisan yang sangat berantakan bisa diatasi secara langsung.

FAQ | Cara Memperbaiki Tulisan Word yang Berantakan

Mengapa tulisan di word itu berantakan?

Biasanya karena membuka file di Microsoft Word yang versinya berbeda dari sumber file utamanya.

Apa solusi untuk perbaiki tulisan di word itu berantakan?

Menyalin tulisan di notepad dulu kemudian ditempelkan kembali ke lembar kerja Microsoft Word.

Apakah tulisan yang berantakan di word dapat dicegah?

Bisa. Caranya dengan selalu menyimpan file pada word versi lama seperti Microsoft word 2003.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.