Cara Memperbaiki Word yang Berantakan

Beranda » Cara Memperbaiki Word yang Berantakan
Advertisement

Cara memperbaiki word yang berantakan tulisannya tidaklah sulti. Hanya dengan beberapa tahapan sederhana saja, perbaikan pada word yang tulisannya berantakan bisa dijalankan langsung. Hal ini perlu diperhatikan secara baik dan benar oleh para pengguna word di luar sana.

Seringkali tulisan yang ada pada word itu berantakan. Bisanya karena membuka di word yang lebih baru. Hal tersebut tentu sangat mengganggu saat ingin edit tulisan. Biar jelas, inilah penjelasan mengenai proses memperbaiki word yang berantakan.

Penyebab Word Berantakan Tulisannya

Memang ada sejumlah alasan utama mengenai kenapa word bisa berantakan tulisannya. Hal ini selalu penting untuk dimengerti. Perhatikanlah alasan kenapa word bisa benar – benar berantakan ketika dibuka di lembar kerja baru word. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Buka File Word yang Beda Versinya

Salah satu penyebab dari word yang berantakan adalah membuka file word dengan versi yang berbeda. Misalnya, dokumen atau file dibuat pada word versi 2007. Ketika membukanya di word 2010, tulisan bisa berantakan.

Ini merupakan penyebab utama dari masalah tulisan yang selalu berantakan. Perbedaan versi word itu memang sangat krusial. Ketika membuka file yang pembuatannya dilakukan di dua versi yang word berbeda, tulisan bakal berantakan.

2. Ada Error pada Sistem Word

Adanya error pada sistem Microsoft Word juga merupakan penyebab utamanya. Ketika terjadi error pada sistem Microsoft, akan terjadi banyak masalah. Salah satu masalah yang mungkin bisa muncul adalah tulisan yang spasinya berantakan.

Selain spasi yang berantakan, paragraf juga bermasalah terus. Karena itu, jangan sampai error terjadi pada Microsoft Word. Hal ini benar – benar perlu diperhatikan saat menggunakan Microsoft Word.

3. Kesalahan dalam Penyimpanan

Kesalahan dalam penyimpanan file word juga bisa menjadi penyebab utamanya. Ini adalah penyebab lain yang memang mungkin bisa terus terjadi. Saat salah mengatur penyimpanan file dalam word, tulisannya akan berantakan.

Kesalahan saat menyimpan file word seringkali terjadi. Maka dari itu, jangan sampai keliru dalam mengatur penyimpanan file word. Saat salah menyimpan file, berbagai masalah bisa terjadi secara langsung.

Cara Memperbaiki Word yang Berantakan Tulisannya

Kini saatnya memahami bagaimana cara memperbaiki tulisan yang berantakan di word. Perbaikan dapat dilakukan dengan sangat mudah. Jadi, selalu perhatikanlah cara perbaiki semua tulisan yang berantakan. Berikut ini adalah tata cara memperbaiki word yang berantakan tulisannya.

1. Menggunakan Aplikasi Notepad

Cara perbaiki word yang berantakan tulisannya bisa memanfaatkan fitur notepad. Penggunaan fitur notepad ini digunakan untuk rapikan tulisan yang disalin dari PDF atau website tertentu. Berikut ini adalah cara perbaiki word yang berantakan tulisannya dengan notepad.

  • Blok semua tulisan pada situs yang ingin disaling dengan CTRL + C
  • Lanjutkan dengan membuka menu notepad yang ada di PC atau laptop
  • Pindahkan semua tulisan ke notepad dengan CTRL + V
  • Kemudian salin lagi tulisan yang ada di notepad
  • Lalu tempel ke lembar kerja word dengan perinah CTRL + V lagi
  • Tulisan pada word akan menjadi lebih rapi

2. Gunakan Fitur Find and Replace

Menggunakan fitur find and replace juga bisa diandalkan. Ini adalah cara perbaiki word yang tulisannya berantakan. Hal ini perlu diperhatikan secara baik dan benar. Ini dia cara memperbaiki word yang berantakan tulisannya dengan fitur find and replace.

  • Blok semua tulisan dengan CTRL + A
  • Pada menu word klik tab styles
  • Kemudian pilih opsi clear formatting
  • Tekan CTRL + H untuk buka Find and Replace
  • Isi kolom “find what” dengan spasi 2 kali dan kolom “Replace with” dengan spasi 1 kali
  • Lanjutkan dengan memilih Replace All

3. Pakai Fitur Check Compatibility

Penggunaan fitur check compatibility juga bisa dimanfaatkan. Cara ini bisa digunakan juga untuk memperbaiki tulisan yang berantakan di word. Berikut ini adalah tata cara pakai fitur check compatibility untuk atasi masalah tulisan word yang berantakan.

  • Buka dokumen yang berantakan di Microsoft Word
  • Klik menu file dan pilih info di bagian atas
  • Klik inspect document
  • Lanjutkan dengan check campatibilitu
  • Centang opsi check compability when saving document
  • Periksa dulu lagi dokumen untuk memastikan semua sudah rapi

Tips Cegah Masalah Word yang Berantakan Tulisannya

Mengetahui cara mencegah masalah word yang berantakan tulisannya itu memang penting. Kalau memahami cara pencegahannya, semua masalah yang berkaitan dengan tulisan berantakan bisa diatasi. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah masalah word yang berantakan tulisannya.

1. Pengaturan Penyimpanan Harus Tepat

Pengaturan penyimpanan haruslah tepat kalau mau terhindar dari masalah tulisan word yang berantakan. Ini merupakan pencegahan yang benar – benar perlu dilakukan semua orang.

2. Simpan Pada Versi Word Lawas

Kalau versi word berbeda, maka simpanlah pada word versi lawas 2003. Tulisan di word yang disimpan pada Microsoft Word versi lawas seperti 2003 memang bisa bikin semuanya aman.

3. Selalu Update Microsoft Office Terbaru

Selalu pastikan update Microsoft Office terbaru pada laptop atau PC. Ini adalah cara pencegahan yang benar – benar dianjurkan. Microsoft Office versi terbaru pasti aman ketika digunakan.

FAQ | Cara Memperbaiki Word yang Berantakan

Kenapa tulisan pada word bisa berantakan?

Biasanya karena membuka file dokumen word di versi yang berbeda.

Apakah perlu memperbaiki tulisan word yang berantakan?

Jika dokumennya sangat penting maka wajib untuk memperbaiki tulisan yang berantakan di word.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.