9 Cara Mempercepat HP Samsung dengan Mudah

Beranda » 9 Cara Mempercepat HP Samsung dengan Mudah
Advertisement

Tentang bagaimana cara mempercepat HP Samsung tentu sangat penting, pun panduannya juga bisa kamu lakukan sangat banyak.

Dengan mengaplikasikan cara-cara dan panduannya secara tepat, maka kamu sebagai pengguna akan menggunakan perangkat Samsung jadi lebih stabil. Lebih nyaman, pun tentu saja lebih aman. Untuk tahu kelanjutan caranya bagaimana, yuk langsung simak pembahasannya sampai selesai.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Bersihkan File Cache

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat performa HP Samsung, adalah dengan melakukan pembersihan file cache. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan sistem pembersih bawaan yang langsung dikembangkan Samsung.

File Cache sendiri merupakan sistem yang diproduksi oleh beberapa aplikasi, kemudian tersimpan secara otomatis di file internal. Agar tahu bagaimana cara membersihkannya, simak uraian di bawah ini.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu menu Pengaturan atau Settings di Ponsel
  2. Geser halaman aplikasi Settings untuk dapat menemukan menu Aplikasi
  3. Berikutnya temukan aplikasi yang sekiranya akan memungkinkan memuat banyak file cache
  4. Berikutnya langsung pilih keterangan Penyimpanan
  5. Dengan keterangan tersebut, langsung pilih opsi Hapus Memori untuk dapat langsung menghapus file cache pada aplikasi yang sudah dipilih.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Hapus Aplikasi

Maksud dari panduan dan cara ini, adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Yang memang sekiranya tidak lagi digunakan, pun tidak pernah dibuka sama sekali. Karena jika dibiarkan, secara otomatis akan menghabiskan ruang penyimpanan pada HP. Nah, bagaimana cara menghapusnya?

  1. Pertama, buka HP Samsung kamu dan cari menu Settings atau Pengaturan
  2. Berikutnya geser kebagian bawah, lalu cari menu Aplikasi seperti panduan sebelumnya
  3. Selanjutnya temukan aplikasi yang sekiranya ingin dihapus, juga sudah dipastikan jarang digunakan
  4. Kemudian buka aplikasi tersebut, dan klik Hapus Installan untuk mencopot pemasangan aplikasi
  5. Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan proses penghapusan aplikasi
  6. Selesai.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Hapus Dokumen

Panduan berikutnya adalah dengan coba membersihkan file atau dokumen yang tidak lagi dibutuhkan. Mulai dari file dokumen. Apk, audio, video atau bahkan foto yang sudah tidak digunakan.

Hal ini diperlukan untuk dapat mengurangi beban penumpukan file di memori penyimpanan internal HP. Apalagi kini aplikasi serta permainan online pada umumnya memiliki ukuran sangat besar. Sehingga membutuhkan sumber daya penyimpanan lebih luas. Bagaimana cara menghapusnya?

  1. Pertama, nyalakan dan aktifkan HP Samsung seperti biasa
  2. Kemudian buka aplikasi My Files atau yang biasa disebut dengan File Manager
  3. Selanjutnya buka file atau folder Apk dari aplikasi ini
  4. Edit, kemudian tandai beberapa dokumen atau file yang akan dihapus
  5. Klik Hapus untuk melakukan penghapusan pada file yang diinginkan
  6. Selesai.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Update One UI

One UI merupakan sistem antar muka yang digunakan oleh Samsung untuk pengguna dapat mengaplikasikan semua kegiatan di dalam HP.

Jika dirasa HP Samsung kamu saat ini sudah terasa berat, lemot atau bahkan sering lag. Coba upayakan untuk melakukan pembaruan.

Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan stabilitas dan efektivitas dalam penggunaan HP. Menambah performa perangkat jadi lebih maksimal, pun tentu saja agar fitur dalam HP menjadi lebih banyak.

Jika ternyata memori internal tidak cukup untuk melakukan pembaruan, maka kamu dapat menghapus atau melakukan back up terlebih dahulu pada data-data yang tersimpan di memori internal. Ke memori eksternal, atau ke perangkat Laptop atau PC.

Proses pembaruan One UI menjadi lebih tinggi, dibutuhkan jaringan internet kencang dan memastikan bahwa baterai HP Samsung dalam keadaan cukup.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Mengurangi Penggunaan Wallpaper Live

Dengan sistem bawaannya, Samsung memang menyediakan sistem tema serta wallpaper untuk memudahkan pengguna dalam mengunduh serta memasang tema sesuai keinginan. Mulai dari tema gratis, hingga berbayar.

Advertisement

Wallpaper serta tema yang dihadirkan pun modern, canggih dan dipastikan akan membuat pengguna sangat tertarik. Juga betah dalam penggunaannya.

Sebenarnya untuk memasang wallpaper statis tidak menjadi satu masalah. Namun sebaiknya dihindari. Karena sistem wallpaper live ini ternyata menggunakan sumber daya RAM serta baterai yang cukup banyak.

Itu artinya, selain membuat HP menjadi lebih lambar. Penggunaan Wallpaper Live juga membuat penggunaan baterai boros. Atau cepat habis.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Mengurangi Aktivitas Multitasking

Mengurangi aktivitas multitasking, ternyata jadi poin penting dari semua tips yang sudah dibahas dan disampaikan di atas. Sebab jika kamu sebagai pengguna memaksakan perangkat untuk menjalankan aktivitas tidak semestinya.

Maka efeknya akan membuat perangkat menjadi panas, atau istilahnya bisa disebut dengan overheat. Membuat HP jadi lemot, macet, bahkan hingga lag.

Apalagi jika perangkat Samsung kamu termasuk ke perangkat versi jadul. Kiranya usahakan menggunakan HP sesuai kebutuhan saja. Karena jika HP sudah terasa tanda-tanda dan gejala tersebut, biasanya umur dari perangkat sudah tidak lama lagi.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Reset Perangkat

Melakukan reset bisa dipastikan merpakan cara terakhir dan pamungkas dalam mengatasi perangkat yang lemot. Pun tentu bisa diaplikasikan untuk mempercepat HP menjadi lebih nyaman.

Hal ini dapat dijadikan sebagai pilihan saat kamu tahu masalah lemotnya terjadi setelah upgrade OS dilakukan. Ketika melakukan reset untuk mempercepat HP Samsung, maka semua aplikasi. Kemudian data hingga file berkas lainnya. Pasti akan terhapus secara permanen.

Sebelum melakukan reset, alangkah lebih baik kamu dapat memerhatikan beberapa hal di bawah ini secara baik.

  1. Lakukan backup data sesuai dengan prosedur, dan pastikan data penting yang tersimpan di memori internal bisa dipindahkan ke memori eksternal. Atau kamu juga dapat melakukan backup ke Cloud Storage, google Drive, hingga OneDrive.
  2. Proses reset tidak akan menjamin bahwa masalah HP akan kembali seperti semula, namun keadaan HP dipastikan akan kembali ke setelan pabrik.
  3. Tidak semua masalah error, termasuk lemotnya HP dapat memperbaiki masalah yang terjadi. Sehingga pastikan untuk dapat mempertimbangkan melakukan reset HP secara matang.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Membersihkan RAM Teratur

RAM penuh ternyata bisa memperlambat perangkat HP Samsung. Kamu dapat membersihkan RAM secara teratur, dengan menggunakan aplikasi pengoptimalisasi. Atau dengan menghapus aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang.

Dengan melakukan pembersihan RAM secara teratur, maka akan membuat lebih banyak ruang pada RAM. Sehingga HP Samsung akan kembali lebih cepat saat digunakan.

Cara Mempercepat HP Samsung dengan Aplikasi Pengoptimalisasi

Tidak ada salahnya bagi kamu menggunakan aplikasi untuk optimalisasi HP jadi lebih baik. Asalkan aplikasi yang terpasang bisa didapatkan secara resmi dari Google Play Store. Atau Galaxy Store.

Aplikasinya tersebut dapat membersihkan RAM, membersihkan Cache. Hingga melakukan pengaturan baterai, sampai tugas-tugas optimalisasi lainnya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mempercepat HP Samsung

Apakah Semua Cara MempercepatHP di Atas Berlaku untuk Semua Tipe HP?

Ya, berlaku.

Bagaimana Jika dengan Cara di Atas HP Samsung Masih Tetap Lemot?

Bisa langsung tanyakan ke service center dan konsultasi dengan teknisi secara resmi.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.