5+ Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo Makin Kencang

Beranda » 5+ Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo Makin Kencang
Advertisement

Bagi kamu yang sering berselancar di internet, pasti ingin tahu bagaimana cara mempercepat jaringan HP Oppo dengan baik dan benar.

Apalagi pengguna HP Oppo sendiri di Indonesia sangatlah banyak, dengan beragam jenis tipe juga versi. Dan kamu ketika sekarang menggunakan HP Oppo, kemudian ingin mempercepat jaringan internet. Maka bisa langsung simak uraian sekarang, pahami dengan baik dan aplikasikan.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Hapus Aplikasi Tidak Digunakan

Panduan atau metode pertama yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet di Oppo, adalah dengan coba menutup aplikasi yang jarang digunakan. Jika dirasa terlalu banyak aplikasi dibuka, pada umumnya perangkat akan jadi lebih berat.

Menurunkan kualitas kecepatan jaringan, bahkan penurunannya jadi sangat signifikan. Pilih sama mana aplikasi yang sering digunakan, serta jarang digunakan. Dan sebaiknya jika aplikasi jarang digunakan, lebih baik dinonaktifkan atau bahkan di uninstall saja.

Dengan mengaplikasikan cara ini, maka bisa dijamin kualitas jaringan akan lebih cepat serta akan selalu stabil.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Hapus Cache

Menghapus cache atau bahkan sampah yang menumpuk pada perangkat Oppo kamu, ternyata bisa jadi salah satu cara untuk mempercepat jaringan internet. Terlebih penghapusan cache dari browser yang biasa digunakan, kiranya akan sangat membantu.

Saat browser yang kamu gunakan terlalu sering digunakan, kemudian membuat cachenya tersimpan dalam jumlah banyak. Maka kualitas jaringan internet akan menurun signifikan.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut, adalah cachenya harus dihapus dari perangkat. Proses untuk menghapus cache ini pun cukup gampang, pun kamu dapat menghapusnya dengan beberapa metode. Salah satunya menggunakan sistem fitur bawaan, atau bahkan dengan aplikasi tambahan.

Aplikasi tambahan tersebut bisa didapatkan dari Google Play Store secara gratis. Disediakan banyak aplikasi cleaner gratis, dan saat ini juga bisa segera kamu download dan install dengan gampang.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Blokir Iklan

Ya, metode lain yang bisa coba kamu lakukan adalah dengan melakukan pemblokiran pada iklan. Penting untuk diperhatikan juga, bahwa kehadiran iklan di browser atau bahkan aplikasi. Ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap kelancaran atas kualitas jaringan internet HP Oppo kamu.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka iklan akan membuat jaringan jadi menurun dan menjadi lemot. Terlebih jika iklan yang muncul adalah iklan jenis pop up.

Sering kali iklan tersebut muncul secara tiba-tiba saat kamu sedang mengakses sebua hsitus, atau sebuah aplikasi. Selain memang mengganggu kenyamanan, penggunaan data internet dari iklan ini pun ternyata tidak sedikit.

Nah, untuk meminimalisir gangguan tersebut. Maka kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang bisa didapatkan dari Google Play Store. Menggunakan aplikasi Ad Blocker, yang sudah tersedia secara gratis. Atau kamu juga dapat menggunakan fitur yang sudah disediakan dari browsernya.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Aplikasi Internet Speeder

Ya, ternyata Internet Speder adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan dari Google Play Store secara resmi. Aplikasi ini banyak direkomendasikan, pun tentu saja jadi salah satu alternatif untuk mempercepat koneksi internet di HP Oppo yang kini sedang kamu gunakan.

Advertisement

Kamu bisa coba download Speedtest by Ookla, sebuah aplikasi yang dapat memaksimalkan kecepatan internet pada perangkat jadi lebih maksimal. Ukuran aplikasinya sendiri cukup ringan, hanya sekitar 35MB saja.

Selain aplikasi ini, kamu juga bisa coba cari nama aplikasi lain di Google Play Store. Seperti dengan Network Speed Booster, atau bahkan Accelerator Plus. Dua aplikasi tersebut menawarkan performa sangat baik, rating tinggi dengan jumlah pengguna yang tidak sedikit.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Gunakan Wifi

Jadi jaringan internetnya coba alihkan dengan menggunakan Wifi, bukan menggunakan data seluler. Karena pada umumnya koneksi wifi ini akan memiliki sistem performa yang lebih stabil, jauh lebih baik dibandingkan dengan koneksi internet biasa.

Saat ini pun banyak provider wifi yang bisa ditemukan pada titik keramaian. Namun pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan izin dari pemilik jaringan wifi, jangan lupa juga untuk meminta password atau kode akses. Agar jaringan internet wifinya bisa digunakan.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Ganti Provider

Jika disekeliling kamu tidak terdapat jaringan internet wifi, maka solusi berikutnya untuk mempercepat jaringan. Adalah coba untuk coba mengubah provider yang digunakan.

Dari sekian banyaknya metode di atas, bisa jadi provider yang saat ini kamu gunakan sedang bermasalah. Sehingga membuat koneksi internet jadi menurun, membuat akses terhadap internet jadi tidak maksimal.

Kualitas jaringan internet pada masing-masing provider pun bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari jenis paketnya, lokasi dimana kamu berada, atau memang karena sedang ada perbaikan oleh server.

Jika hal tersebut dirasa kurang nyaman, maka solusi terbaik untuk mempercepatnya adalah dengan mengganti providernya. Coba cari yang lebih cepat, lebih stabil dan tentu saja memuaskan.

Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo dengan Tambah VPN

Ya, sistem kerja VPN atau Virtual Private Network ternyata bisa jadi salah satu metode terbaik dan terakhir untuk mempercepat jaringan pada HP Oppo kamu. Menggunakan VPN bisa diaplikasikan saat akan mengakses situs yang berat. Atau kurang kompatibel dengan kecepatan jaringan.

Dengan menggunakan VPN, maka server jaringan yang digunakan akan beralih ke luar negeri. Hal ini tentu saja akan membuat kualitas jaringan jauh lebih cepat, pun tidak lagi ribet memikirkan bagaimana cara mempercepatnya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo

Apakah Ada Cara Lain untuk Mempercepat Jaringan di HP Oppo?

Ada, coba kamu reboot ulang HP dan coba untuk mengeluarkan terlebih dahulu kartu SIMnya.

Apakah Cara dan Metode di Atas Berlaku untuk Semua Tipe HP Oppo?

Berlaku, kamu bisa mengaplikasikannya dengan gampang.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.