Cara Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Beranda ยป Cara Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Cara memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel tak begitu sulit. Ada sejumlah pengaturan sederhana yang bisa dilakukan untuk melakukan penguncian cell tertentu di excel. Kalau hal ini dilakukan, proses pembuatan laporan akan berjalan dengan lebih mudah.

Penguncian dan proteksi cell memang kadang diperlukan. Kalau melakukan proteksi cell secara tepat, semuanya akan jadi lebih mudah. Supaya jelas, ini dia penjelasan mengenai cara memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel.

Cara Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Cara untuk proteksi dan mengunci cell tertentu di excel sangatlah mudah. Hanya butuhkan beberapa tahapan dan langkah sederhana saja. Semuanya bisa dilakukan langsung di excel. Berikut ini beberapa cara untuk memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel.

1. Seleksi Cell Terlebih Dulu

Langkah awal adalah melakukan seleksi pada cell yang akan dikunci atau diproteksi. Penyeleksian terhadap cell tertentu itu memang jadi awalan penting. Cell yang dipilih bisa diatur sedemikian rupa. Pilih semua atau sebagian saja sesuai dengan kebutuhan masing โ€“ masing.

2. Buka Menu Perataan atau Alignment di Tab Atas

Ketika sudah melakukan seleksi, maka langkah berikutnya adalah mengakses menu perataan atau alignment di tab home. Pilih langsung menu tersebut sampai muncul kotak dialog untuk lakukan penguncian cell di excel.

3. Atur Penguncian di Tab Proteksi

Bukalah tab proteksi pada box dialog. Kemudian centang opsi locked yang muncul di sana. Kalau opsi locked sudah dipilih, jangan lupa untuk klik OK pada popup dialog. Setelahnya, cell excel yang dipilih tidak akan bisa dihapus atau diubah.

4. Simpan Perubahan

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan ketika sudah selesai. Datangi tab home kemudian pilih save. Kalau mau membuka penguncian, datangi lagi menu alignment hingga muncul popup dialog kemudian hilangkan centang pada opsi locked.

Faktor Penting dalam Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Ketika akan memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel, ada sejumlah faktor penting. Sejumlah faktor ini perlu diketahui dan dipahami dengan baik. Berikut ini beberapa faktor penting dalam memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel.

1. Pilihan Cell yang Dikunci

Faktor penting yang harus diperhatikan adalah pilihan cell yang dikunci. Pemilihan cell yang mau dikunci itu memang penting. Karena itu, harus ada perhatian khusus terhadap pilihan cell yang mau diproteksi atau dikunci pada excel. Cell yang dikunci itu memang harus tepat sesuai kebutuhan.

2. Rumus dan Formula yang Digunakan

Faktor penting lain adalah rumus dan formula yang dipakai. Selalu perhatikanlah rumus dan formula yang digunakan. Dengan menggunakan rumus dan formula yang tepat, proses mengunci cell tertentu pada excel akan jadi lebih mudah.

3. Pengaturan Proteksi

Pengaturan proteksi itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing โ€“ masing. Proteksi terhadap cell itu memang perlu dapatkan perhatian atau atensi khusus. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, proteksi pada sejumlah cell akan sukses.

4. Pemahaman Tentang Buka Penguncian

Faktor yang harus dipahami juga adalah pemahaman tentang cara membuka penguncian. Selain harus paham cara melakukan penguncian atau proteksi, cara membukanya juga perlu diperhatikan. Jika tak paham cara membuka kuncinya, cell tak akan bisa terproteksi dengan baik.

Manfaat Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Tentusaja ada sejumlah manfaat dari melakukan proteksi dan penguncian cell tertentu di excel. Dengan proteksi yang tepat, segalanya akan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel.

1. Data Aman dari Tangan Jahil

Salah satu manfaat dari memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel adalah membuat data aman dari tangan jahil. Kadang ada tangan jahil yang ingin utak โ€“ atik isi laporan di excel. Untuk menanggulangi masalah tersebut proteksi dan kunci cell adalah solusinya.

2. Cell yang Berisi Data Tak Akan Bisa Diubah

Cell yang berisi data tak akan bisa diubah oleh orang lain. Ini juga manfaat dari memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel. Kalau tak ingin data atau laporan yang sudah ada di excel berubah, lakukan penguncian saja biar semuanya aman.

3. Melindungi Data dari Penghapusan

Perlindungan data dari penghapusan yang sengaja atau tidak sengaja juga merupakan manfaat dari memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel. Manfaat ini memang harus jadi atensi khusus. Perlindungan data dari penghapusan ini memang selalu diperlukan dalam banyak hal.

4. Mencegah Hacker Tak Bertanggung Jawab

Pahamilah juga kalau manfaat dari memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel adalah mencegah hacker yang tak bertanggung jawab. Hacker yang tak bertanggung jawab memang kerap jadi ancaman. Maka dari itu lakukan proteksi langsung dengan mengunci cell tertentu di excel.

5. Mengamankan File

Manfaat lainnya adalah mengamankan file penting. Sebuah file penting biasanya akan mendapatkan proteksi lebih. Ketika mampu mengamankan file dengan baik, segala macam gangguan pada file penting tersebut bisa dihindari.

FAQ | Cara Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel

Apakah penting memproteksi cell tertentu di excel?

Penting agar cell tertentu di excel itu tidak berubah dan mudah dihapus.

Kenapa proses memproteksi atau mengunci cell tertentu di excel gagal?

Salah satu penyebabnya karena kesalahan dalam input rumus atau formula.

Apa manfaat utama dari mengunci cell tertentu di excel?

Membuat cell tertentu tidak bisa diubah dan terhapus oleh orang lain.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.