Cara Memproteksi Cell, Sheet dan Workbook atau File Excel

Beranda » Cara Memproteksi Cell, Sheet dan Workbook atau File Excel
Advertisement

Cara memproteksi cell, sheet dan workbook atau file excel itu dapat dilakukan dengan mudah. Hanya dengan beberapa tahap sederhana, proses untuk memberikan perlindungan atau proteksi pada cell, sheet maupun workbook di excel bisa dilakukan dengan mudah.

Memberikan proteksi lebih itu memang jadi hal yang sangat penting. Dengan pemberian proteksi pada cell, sheet maupun workbook, semuanya akan jadi lebih aman. Seperti apa caranya? Ini dia cara memproteksi cell, sheet dan workbook dengan mudah.

Cara Proteksi Cell, Sheet dan Workbook di Excel

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, cara proteksi cell, sheet dan workbook di excel dapat dilakukan dengan mudah. Ketika paham dengan cara proteksinya, semuanya akan berjalan lancar. Ini dia cara proteksi cell, sheet dan workbook di excel.

1. Cara Proteksi File Excel

Pertama – tama pahamilah bagaimana cara proteksi file excel. Memproteksi file excel selalu bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini panduan dalam memproteksi file excel dengan mudah.

  • Buka file excel yang mau diproteksi
  • Klik file kemudian info dan protect workbook
  • Kemudian pilih encrypt with password
  • Masukkan password untuk file tersebut
  • Konfirmasi ulang password yang diberikan
  • Klik OK jika pengaturan telah selesai

2. Cara Proteksi Workbook Excel

Selanjutnya adalah memahami cara proteksi workbook excel. Dengan cara proteksi workbook excel yang sesuai, pemberian proteksi bisa dilakukan. Ini dia cara proteksi untuk workbook excel.

  • Buka file workbook excel
  • Pilih tab review kemudian group changes lalu pilih protect workbook
  • Beri centang pada opsi structure dan masukkan password
  • Klik OK untuk selesaikan pengaturan

3. Cara Proteksi Worksheet Excel

Proteksi terhadap worksheet excel juga bisa dilakukan. Proses untuk proteksi worksheet excel itu juga amat mudah. Hanya perlu beberapa langkah saja. Berikut ini cara proteksi worksheet excel.

  • Buka file worksheet excel
  • Pilihtab review lalu lanjutkan dengan group changes
  • Berikutnya pilih menu protect sheet
  • Centang protect worksheet and contents of locked cells
  • Atur password untuk file tersebut
  • Klik OK untuk selesaikan pengaturan proteksi

Kenapa Harus Memproteksi Cell, Sheet dan Workbook di Excel?

Ketahui juga kenapa harus memproteksi cell, sheet dan workbook di excel. Tentu ada alasan kenapa harus memproteksi semua hal tersebut dengan baik. Karenanya perhatikan semua alasannya. Ini dia beberapa alasan kenapa harus memproteksi cell, sheet dan workbook di excel.

1. Supaya Tidak Hilang

Salah satu alasan kenapa harus proteksi cell dan shett adalah biar data tidak hilang. Menjaga agar semua data atau informasi tak hilang itu memang penting. Sehingga, jangan sampai cell atau sheet hilang karena tak diproteksi.

2. Agar Cell atau Sheet Tak Terhapus

Menjaga agar cell atau sheet tak terhapus juga sangat penting. Penjagaan ini memang perlu dilakukan biar cell, sheet dan yang lainnnya bisa lancar. Itu adalah sesuatu yang penting dan krusial buat para pembuat laporan di excel.

Advertisement

3. Biar Data Bisa Terlihat Terus

Memastikan agar data terlihat terus juga jadi alasan kenapa harus memproteksi cell, sheet dan workbook di excel. Dengan memastikan bahwa data selalu terlihat, pembaca laporan berbasis excel tak akan mengalami kebingungan sama sekali.

4. Supaya Tidak Terhapus oleh Orang Lain

Memproteksi cell, sheet dan workbook itu juga bermanfaat agar data tidak terhapus oleh orang lain. Ketika ada orang yang baca sebuah laporan atau data, ditakutkan kalau ada yang tidak sengaja menghapus. Untuk mencegah hal tersebut, maka proteksi cell memang perlu dilakukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Proteksi Cell, Sheet dan Workbook di Excel

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan juga saat akan memproteksi cell, sheet dan workbook di excel. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, proses dalam memberikan proteksi akan jadi lebih lancar. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Langkah Pengaturannya

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah langkah pengaturannya. Pengaturan proteks itu harus tepat dan sesuai. Kalau salah dalam melangkah, maka hasil yang muncul di lembar kerja akan jauh dari harapan. Untuk itu, ikuti semua perintah yang diberikan dalam memberikan proteksi.

2. Pilihan Cell di Lembar Kerja

Pilihan cell di lembar kerja yang mau diproteksi itu juga harus diperhatikan. Selalu perhatikanlah cell mana yang akan diberi proteksi. Hal ini tentu saja sangat penting dalam proses proteksi cell. Sehingga, pastikan untuk pilihan cell yang akan diproteksi harus diperhatikan dari awal.

3. Informasi yang Ingin Diproteksi

Perhatikan juga informasi yang ingin diproteksi. Ini adalah salah satu hal penting ketika mau melakukan proteksi data di excel. Dari awal pastikan dulu data atau informasi mana yang akan diproteksi. Itu akan memudahkan dalam proses proteksi nantinya.

4. Cara Membuka Proteksi

Perhatikanlah pula bagaimana cara membuka proteksi cell. Proses membuka proteksi cell itu juga harus diketahui dan dipahami. Percuma kalau hanya paham memproteksi atau mengunci sebuah data tapi tak bisa membuka. Karenanya, perlu adanya pemahaman tentang cara buka proteksi.

FAQ | Cara Memproteksi Cell, Sheet dan Workbook atau File Excel

Pentingkah memproteksi cell, sheet dan workbook di excel?

Kalau tak ingin bermasalah dan kehilangan data di cell excel, maka melakukan proteksi adalah hal penting.

Apa manfaat dari proteksi cell, sheet dan workbook di excel?

Membuat data yang berada dalam cell, sheet dan workbook selalu aman.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.