7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

Mengenai bagaimana cara menambah worksheet baru di Excel sangatlah sederhana, kamu pun bisa melakukannya dengan banyak cara.

Namun penting untuk diketahui, bahwa dalam ulasan sekarang tidak hanya sekadar cara penambahan worksheet di satu versi Excel saja. Namun juga versi lama. Dan selain itu, kamu juga bisa tahu tentang bagaimana cara menggeser sheet, hingga menghapus sheet.

Cara Menambah Worksheet Baru di Excel 2010

Ya, lembar kerja di Ms. Excel bisa disebut dengan worksheet. Di versi tahun 2010 ini biasanya akan dibuka dengan 3 worksheet sekaligus dan akan diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet 3.

Masing-masing dari ketiga sheetnya, bisa diubah namanya sesuai keinginan dan kebutuhan. Pun tentu saja pengubahan nama sheet dapat memudahkan pengguna untuk mengelompokkan data.

Tidak hanya sekadar mengubah namanya, tentu kamu juga sebagai pengguna bisa menambah sheetnya sesuai kebutuhan. Proses penambahan sheet pun tidak sulit, namun sangat memungkinkan pengguna baru merasa sulit melakukannya.

Nah, lalu bagaimana cara untuk menambah worksheet jika Excelnya tahun 2010?

1. Menggunakan Ikon Tambah Sheet

Ya, cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan tab menu dan memanfaatkan jendela Ribbon yang sudah disediakan. Bagaimana cara melakukannya?

  • Pertama, langsung buka lembar kerja Excel yang akan ditambahkan sheetnya
  • Berikutnya disebelah kanan sheet3, atau sheet terakhir. Ada ikon Sheet yang menggunakan tanda bintang
  • Klik ikon tersebut, maka secara otomatis sheet baru akan bertambah
  • Nama dari sheet baru tersebut akan otomatis bernama sheet 4.

Cara ini bisa dilakukan dengan langsung lihat spreadsheet, dan menu atau ikon ini disimpan nampak pada bagian bawah halaman kerja.

7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

2. Menggunakan Ikon Menu Sheet  

Jika untuk cara menambah worksheet baru di Excel 2010 sebelumnya kurang dipahami, maka kamu bisa coba lakukan dengan menggunakan tab Menu Insert. Bagaimana caranya?

  • Pertama, pilih salah satu sheet yang sedang dikerjakan 
  • Kemudian klik kanan langsung pada sheet yang bersangkutan
  • Klik kanan menggunakan Mouse, lalu pilih opsi menu Insert
  • Maka sistem akan langsung menampilkan jendela baru Insert
  • Untuk dapat menambah worksheet baru, langsung pilih Worksheet dan klik OK untuk menambah sheetnya secara langsung.
7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

3. Menggunakan Shortcut Keyboard

Ya, di Excel 2010 juga kamu dapat memanfaatkan tombol pintasan dari keyboard secara langsung. Bagaimana cara untuk melakukannya?

  • Tentukan salah satu sheet, boleh sheet1 atau bisa juga pada sheet3
  • Kemudian langsung tekan tombol keyboard Shift + F11 secara bersamaan
  • Maka sistem secara otomatis akan menambahkan dan menampilkan sheet baru, tepat di samping sheet yang sudah dipilih.

4. Menggunakan Tab Menu Home

Lalu cara berikutnya untuk menambahkan worksheet baru, adalah memanfaatkan tab menu Insert. Bagaimana melakukannya?

  • Pertama, pilih kembali salah satu sheet yang di sampingnya akan ditambahkan worksheet baru
  • Berikutnya langsung menuju Tab Menu Home
  • Langsung cari dropdown ikon Insert yang terdapat pada Group Cells
  • Klik langsung Insert Sheet, maka sistem Excel akan langsung menambahkan sheet baru tepat di samping sheet yang sudah dipilih sebelumnya.

Cara Menambah Worksheet Baru di Excel 2016

Jika tadi panduan tentang penambahan sheet di Excel 2010, maka sekarang cara menambahkan sheet di Excel 2016. Walaupun pada dasarnya tetap saja, namun ada sedikit perbedaan loh.

1. Menggunakan Tab Menu Home

Untuk bisa menambah dan membuat sheet baru di Excel 2016, bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan Ribbon atau menu Tab Home. Yakni dengan menggunakan grup Ribbon Cells dan memilih Insert, lalu memilih opsi Insert Sheet.

7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

Dengan perintah tersebut, maka secara otomatis sistem aplikasi Excel akan menambah sheet sesuai yang sudah kamu perintahkan.

2. Menggunakan Opsi New Sheet

Nah, selanjutnya cukup dengan mengarahkan kursor Mouse ke Tanda (+) dibagian samping kanan halaman kerja. Untuk dapat menambah satu sheet, cukup klik satu kali dan sistem akan otomatis menambah sheet. Dengan nama sheet2.

7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

Jika terus mengklik ikon +, maka sheet akan terus bertambah. Kamu pun tentu saja dapat mengubah nama, menghapus juga memindah hingga menyalin sheetnya sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Fitur Modifikasi Sheet

Ya, sistem Ms. Excel juga ternyata menyediakan menu agar pengguna dapat melakukan modifikasi pada sheet Excel. Seperti melakukan rename, atau mengganti nama sheetnya sesuai kebutuhan. Dari menu modifikasi sheet ini pun kamu bisa langsung menambahkan sheet baru, bagaimana caranya?

Ternyata cukup gampang, cukup dengan klik kanan pada salah satu sheet. Kemudian pilih Insert, maka sheet baru akan ditambahkan dan pengolahan data bisa langsung kamu lakukan.

7 Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

Selain jendela Insert dari menu Sheet bisa digunakan untuk menambah sheet baru, kamu juga dapat mengenali beberapa fungsi dari menu lainnya. Apa saja?

  • Delete, memiliki fungsi untuk menghapus sheet
  • Rename, agar nama sheet bisa diubah sesuai kebutuhan dan keinginan
  • Move or Copy, agar dapat memindahkan dan menyalin sheet
  • View Code, untuk dapat menampilkan jendela kode Sheet dan digunakan membuat macro
  • Protect Sheet, digunakan untuk mengunci sheet
  • Tab Color, agar bisa mewarnai background pada nama sheet
  • Hide, bisa digunakan untuk menyembunyikan sheet
  • Unhide, dapat digunakan untuk menampilkan sheet yang sebelumnya disembunyikan
  • Select All Sheet, berfungsi untuk memblok atau menghighlight semua sheet yang ada di Excel.

Nah, itulah bagaimana cara menambah worksheet baru di Excel dengan menggunakan tab dan menu Sheetnya sendiri.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa menambah worksheet pada Excel tahun 2010 dan tahun 2016. Selanjutnya kamu akan tahu bagaimana cara mengetik pada sheet satu, namun bisa otomatis muncul di sheet lain.

Cara Mengetik di Sheet Lama dan Otomatis Muncul pada Worksheet Baru di Excel

Ya, ternyata kamu dapat mengetik data di Sheet lama dan kemudian memunculkannya secara otomatis di sheet baru. Bagaimana caranya?

  1. Buka data dan dokumen Excel di laptop atau komputer kamu
  2. Kemudian buka lembar kerja baru dengan menambah logo + dibagian kanan bawah
  3. Tekan serta tahan tombol keyboard CTRL, lalu klik Sheet 1 dan Sheet 2 secara bersamaan
  4. Jika ingin menulis lebih dari dua sheet, maka klik langsung semua sheet satu persatu
  5. Berikutnya letakkan kursor pada salah satu cell yang ingin dimasukkan datanya
  6. Kemudian buka lembar kerja lainnya, lalu lihat data yang diketik secara otomatis akan muncul di sheet baru.

Panduan ini sangat efektif jika kamu ingin memasukkan judul atau data sama pada seluruh lembar kerja.

Cara Menghapus Worksheet Baru di Excel

Jika dirasa sheet yang sudah ditambahkan ternyata kelebihan, atau sudah tidak lagi berguna. Maka kamu bisa menghapusnya dengan menggunakan mouse.

Langsung klik kanan pada lembar atau sheet yang ingin dihapus, lalu klik Delete. Sesuai dengan informasi atau keterangan menu yang sudah dibahas.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menambah Worksheet Baru di Excel

Apakah Menambah Sheet Baru Akan Mengganggu Data di Sheet Sebelumnya?

Tidak.

Apakah Menambah Sheet di Excel 2010 dan 2016 Membutuhkan Jaringan?

Tidak, bisa dilakukan langsung.

Tinggalkan komentar