Cara Menambahkan Shape di Google Docs

Beranda » Cara Menambahkan Shape di Google Docs

Cara menambahkan shape di Google Docs itu bisa dilakukan secara mudah. Dengan cara menambahkan shape pada Google Docs, segalanya akan berlangsung mudah. Sehingga, selalu pastikan pahami cara untuk tambahkan shape di Google Docs dengan metode yang tepat.

Menambahkan shape pada Google Docs memang bisa dijalankan dengan mudah. Melalui cara – cara yang sederhana, penambahan shape di Google Docs akan berlangsung mudah. Berikut ini panduan dalam menambahkan shape di Google Docs dengan mudah.

Cara Menambahkan Shape di Google Docs

Pembuatan shape di Google Docs bisa dilangsungkan dengan mudah. Hanya perlu beberapa langkah sederhana saja untuk bisa tambahkan shape pada Google Docs. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menambahkan shape tertentu pada Google Docs.

1. Buka Dokumen Baru di Google Docs

Bukalah terlebih dulu dokumen baru di Google Docs menggunakan PC atau laptop. Akses link Google Docs dengan internet, kemudian langsung start new document dengan klik blank document.

2. Pilih Opsi Insert

Setelah berada di lembar kerja di Google Docs, maka langkah berikutnya adalah memilih opsi insert yang berada di bagian atas. Opsi tersebut dipakai untuk masukkan gambar langsung.

3. Pilih Menu Special Character

Ketika klik opsi insert, akan muncul dropdown menu. Pilihlah menu special character. Di sana tersedia berbagai macam pilihan shape yang bisa ditambahkan ke Google Docs.

4. Pilih Shape yang Diperlukan

Pada menu special character akan tersedia banyak shape yang dapat dipilih. Mulai dari bangunan dua dimensi sampai dengan emoji yang atraktif. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

5. Atur Besar Kecilnya Shape di Lembar Kerja

Ketika shape sudah ditambahkan pada lembar kerja Google Docs, langkah selanjutnya adalah mengatur besar kecilnya shape. Aturlah dengan baik besar dari shape yang telah dipilih.

Jenis Shape yang Bisa Ditambahkan di Google Docs

Berbagai jenis shape bisa ditambahkan ke Google Docs. Semua jenis shape yang tersedia bisa dimanfaatkan secara langsung. Untuk itu, perhatikanlah jenis – jenis shape yang akan ditambahkan pada Google Docs. Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa jenis shape di Google Docs.

1. Arrow atau Panah

Jenis shape yang kerap ditambahkan pada Google Docs adalah panah. Berbagai macam jenis panah itu bisa ditambahkan kepada lembar dokumen baru di Google Docs. Karenanya, shape panah ini memang sering dipakai serta dipilih oleh banyak pengguna.

2. Shape Geometric

Berikutnya adalah jenis shape geometric. Shape geomatrik ini terdiri dari jenis bangunan 2D. Misalnya adalah lingkaran, kotak, segitiga, persegi panjang hingga trapesium. Variasi shape juga sangat banyak dan beragam sehingga mudah digunakan.

3. Currency

Shape yang bisa dan biasa ditambahkan pada Google Docs adalah currency. Currency atau mata uang ini memang punya simbol – simbol tertentu. Shape ini bisa dimasukkan ketika ingin menunjukkan informasi mata uang pada sebuah dokumen di Google Docs.

4. Musical

Shape yang juga bisa ditambahkan ke Google Docs adalah musical. Berbagai jenis simbol musical seperti not balok hingga tangga nada semuanya bisa ditambahkan ke Google Docs. Sehingga, simbol musical itu bisa dimasukkan juga ke dalam Google Docs.

5. Emoji

Hal unik pada Google Docs adalah bisa menambahkan shape dengan bentuk emoji. Berbagai emoji kekinian bisa ditambahkan secara langsung. Karenanya, emoji pada Google Docs benar – benar mudah ditambahkan oleh semua pengguna.

Faktor Penting dalam Menambahkan Shape di Google Docs

Dalam menambahkan shape di Google Docs, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan selalu. Jadi, perhatikanlah terus semua faktor penting saat akan tambahkan shape ke Google Docs. Berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam penambahan shape di Google Docs.

1. Penempatan Shape

Salah satu dari sekian faktor penting dalam penambahan shape di Google Docs adalah penempatan posisinya. Shape harus ditempatkan pada posisi yang pas. Ketika penempatan shape tepat, semuanya pasti terlihat lebih bagus dan enak dipandang.

2. Pengaturan Ukuran Shape

Mengatur ukuran shape juga merupakan faktor penting dalam penambahan shape di Google Docs. Ketika ukuran pada sebuah shape diperhatikan dengan baik, maka dokumen yang dituliskan pada Google Docs akan terlihat lebih rapi.

3. Pemberian Warna

Pemberian warna juga merupakan faktor penting dalam penambahan shape di Google Docs. Warna tertentu memang kadang perlu ditambahkan agar shape pada Google Docs bisa lebih menawan. Sehingga, pilihan warna yang tepat itu memang krusial dalam Google Docs.

4. Jumlahnya

Jumlah shape di Google Docs juga harus mendapatkan atensi khusus. Jangan terlalu banyak dalam menambahkan shape atau bangunan tertentu di Google Docs. Jumlahnya harus proposional supaya tidak merusak estetika dokumen atau file yang dibuat pada Google Docs.

FAQ | Cara Menambahkan Shape di Google Docs

Apakah sulit untuk menambahkan shape di Google Docs?

Tidak sulit karena ada tinggal memilih opsi insert ke Google Docs untuk tambahkan shape.

Apakah semua shape bisa ditambahkan ke Google Docs?

Semua shape yang tersedia di Google Docs bisa dimasukkan ke dalam dokumen yang dibuat.

Apakah bisa mewarnai shape di Google Docs?

Bisa. Tinggal mengatur saja pemberian warna pada shape yang sudah dipilih sebelumnya.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.