Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo

Beranda » Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo
Advertisement

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menampilkan chat WhatsApp di layar utama HP Oppo, maka uraian dan artikel pada kesempatan kali ini. Sangatlah tepat.

Kamu nantinya jadi bisa membaca chat WA tanpa harus membuka aplikasi atau membuka halaman chattingnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk pahami setiap prosedurnya bagaimana, pahami juga setiap langkahnya seperti apa.

Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo dengan Widget

Penting untuk dipahami, bahwa Widget merupakan sistem Window Gadget. Jadi simplenya merupakan sistem jendela alat, seperti cuplikan layanan aplikasi ditampilkan pada layar. Dan widget WhatsApp di HP Oppo juga disediakan. Hal ini tentu berguna bagi penggunanya.

Sistem widget ini akan memudahkan pengguna yang mungkin malas untuk membuka percakapan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kamu juga terkadang ingin tahu isi percakapannya bagaimana. Maka fitur widget yang menjadi sistem bawaan dari Oppo, akan sangat berguna.

  1. Pertama, langkah yang bisa dilakukan adalah kamu harus membuat layar kosong di halaman utama HP Oppo. Tujuannya adalah agar tidak ada aplikasi lain, pun agar Widget WhatsApp bisa diletakkan di ruang ini
  2. Berikutnya, jika sudah maka tinggal tekan lama atau cubit layar HP dari ujung kanan atas serta dari ujung kiri bawah menuju bagian tengah
  3. Nanti sistem HP akan menampilkan widget yang siap untuk diatur
  4. Kamu tinggal memilih Widget yang akan digunakan, khususnya mencari widget WhatsApp
  5. Geser kebagian kanan untuk menemukan aplikasi Widget WhatsApp
  6. Jika sudah ditemukan, klik langsung untuk mengaktifkan widget WhatsApp tersebut
  7. Jika sudah muncul, maka jendela percakapan atau jendela chat akan otomatis ditampilkan
  8. Tampilan percakapan tersebut adalah pesan yang belum dibaca, mulai dari Grup hinga percakapan pribadi dengan pengguna WhatsApp lainnya
  9. Selesai, sekarang maka kamu sudah bisa membaca dan akan muncul tampilan chat WA tanpa harus membuka aplikasinya.

Nah, cara menampilkan chat WhatsApp di layar utama HP Oppo satu ini dapat dilakukan dengan sistem fitur bawaan. Yakni memanfaatkan Widget sebagai fitur bawaan yang biasanya setiap HP Oppo memilikinya.

Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo dengan Nova Launcer

Nova Launcher merupakan salah satu aplikasi tambahan, atau aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store cara menampilkan chat WhatsApp di layar utama HP Oppo ini pun jelas akan bekerja dengan baik.

Untuk tahu bagaimana prosedur penggunaan aplikasinya seperti apa, bisa langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

1. Unduh Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan, adalah kamu wajib mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi Nova Launcher. Aplikasi satu ini bisa kamu temukan di Google Play Store, dan bisa secara otomatis terpasang jika pengunduhannya dilakukan.

2. Memilih Tampilan Layar Utama

Jika aplikasi Launcher Nova ini sudah terpasang, maka langsung pilih tampilan layar utama yang ingin digunakan. Kamu dapat memilih tampilan standar, atau dapat disesuaikan dengan selera.

Advertisement

Bila pemilihan tampilan yang diinginkan sudah dilakukan, maka langsung masuk ke menu Nova Setting di layar utama HP Oppo kamu.

3. Memilih Widget

Dalam sistem pengaturan aplikasi Nova Launcher, kamu dapat memilih Widget dan memilih tambahkan widget secara langsung. Setelah perintah ini dilakukan, maka pastikan untuk dapat memilih Widget yang ingin ditambahkan ke layar utama.

4. Memilih WhatsApp

Pada opsi aplikasi widget yang bisa ditampilkan, maka kamu bisa langsung memilih Widget WhatsApp. Kemudian tambahkan ke layar utama Oppo yang kamu gunakan.

Setelahnya, langsung ikuti instruksi konfigurasi sistem widget WhatsApp yang telah disediakan oleh sistem.

Dengan perintah tadi, maka tampilan chat atau percakapan dari WhatsApp akan otomatis ditampilkan. Dengannya, maka kamu bisa membaca pesan WhatsApp tanpa harus membuka aplikasinya secara langsung.

Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo dengan Pop Up

Jadi cara ini tidak hanya menampilkan percakapan dari layar utama saja, namun setiap HP menyala. Maka chat akan otomatis terbaca, dan bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung nyalakan HP Oppo kamu dan buka aplikasi WhatsApp secara langsung
  2. Berikutnya, klik titik tiga dibagian pojok kanan atas aplikasi WhasApp
  3. Nanti ada sub menu Setting atau Pengaturan
  4. Berikutnya cari opsi pilihan Notifications atau pemberitahuan
  5. Selanjutnya, sistem akan menampilkan beberapa opsi tampilan pemberitahuan
  6. Pilih tampilan yang diinginkan, namun untuk selalu menampilkan chat WhatsApp dilayar HP. Pilih Always Show Pop Up, Only When Screen off atau Only When Screen On
  7. Jika ingin selalu ditampilkan, maka pilih saja Always Show Pop Up

Dengan perintah dan panduan ini, sebagai pengguna kamu bisa langsung membalas chat. Tanpa harus masuk ke ruang percakapan secara langsung.

Nah, itulah beberapa cara menampilkan chat WhatsApp di layar utama HP Oppo yang bisa coba kamu pahami dan aplikasikan secara baik. Gunakan salah satu metode dengan baik, pun pastikan agar semua langkah dan caranya dipahami secara benar.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menampilkan Chat WhatsApp di Layar Utama HP Oppo

Apakah dengan Menggunakan Nova Launcher Dapat Menampilkan Percakapan WhatsApp Secara Real Time?

Ya, sistem fitur widget yang ditawarkan oleh Nova Launcher ternyata bisa menampilkan percakapan secara real time. Dan kamu pun bisa membaca pesan WhatsApp tanpa harus membuka aplikasinya.

Apakah Tampilan Chat di Layar Utama HP Oppo Bisa Dinonaktifkan?

Sangat bisa, kamu tinggal mengikuti panduan di atas dan melakukannya dengan sangat gampang.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.